Cara Memegang Kamera dengan Benar

Cara Memegang Kamera dengan BenarCara memegang kamera dengan benar saat memotret merupakan salah satu faktor kunci yang menentukan tingkat ketajaman serta fokus dari foto-foto yang kalian ambil. Pernahkah kamu melihat hasil fotomu blur? Nah, bisa jadi foto blur tersebut disebabkan oleh adanya goncangan kamera yang bisa ditimbulkan dari cara memegang atau posisi tubuh yang salah ketika kamu membidik objek (ketika tombol shutter ditekan). Untuk itulah pengetahuan mengenai cara memegang kamera dengan benar atau posisi yang benar wajib dipahami. Umumnya, goncangan kamera atau Camera Shake kerap terjadi ketika membidik objek dalam rendah cahaya (low light), dan juga saat penggunaan Shutter Speed lambat. Lantas bagaimana ya cara memegang kamera dengan benar?

Cara Memegang Kamera Dengan Benar

Sebenarnya cara memegang kamera dengan benar tidaklah mutlak seperti ketika kawan memegang senjata api atau alat lain. Karena sebenarnya, hal tersebut sebenarnya tergantung kenyamanan para pengguna. Namun, apabila kamu mempelajari cara memegang kamera sejak awal, maka akan membangun sebuah kebiasaan yang  dapat menentukan sikap dan cara memegang kamera dengan benar saat memotret di masa yang akan datang sehingga banyak sekali manfaatnya. Karena ketika kawan-kawan memegang atau menentukan sikap ketika akan memotret tidak jarang akan mempengaruhi kualitas gambar dari hasil jepretan. Nah, untuk itu kali ini DIYKamera akan secar lengkap memberikan ulasan dan informasi mengenai cara memegang kamera dengan benar di beberapa segmen di bawah ini.

Cara Memegang Kamera Digital Dengan Benar

Cara Memegang Kamera Dengan Benar

Cara memegang kamera dengan benar sebenarnya cukup mudah, di mana kawan-kawan sebenarnya hanya perlu menggunakan tangan kanan untuk menggenggam pegangan sisi sebelah kanan kamera dan tempatkan ibu jari di belakang kamera, serta tiga jari melingkar mengarah ke depan dan kemudian jari telunjuk bersandar pada tombol shutter. Seperti yang kita semua ketahui, kamera digital sekarang kebanyakan sudah memiliki bentuk pegangan yang secara otomatis menunjukkan ke mana posisi tiga jari kita seharusnya berada. Cara memegang kamera dengan benar kawan-kawan harus memegangnya dengan kuat, tetapi jangan terlalu kuat agar tidak menghasilkan foto blur. Posisi tangan kiri bisa beragam, tergantung dari tipe kamera digital yang kalian miliki. jika kamu menggunakan kamera DSLR, maka tangan kiri kamu seharusnya berada di bawah kamera dengan tujuan dapat menahan beban kamera menggunakan telapak tangan. Sedangkan ibu jari dan telunjuk tangan sebelah kiri berada di lensa agar lebih mudah mengatur fokus serta focal length. Untuk lebih jelasnya mengenai cara memegang kamera dengan benar ini, mari kita simak beberapa segmen berikut ini :

  1. Pegang kamera menggunakan dua tangan

Peganglah kamera dengan menggunakan dua tangan agar tenaga yang dikeluarkan untuk menekan tombol shutter menjadi lebih kecil, sehingga kekuatan untuk memegang grip lebih ringan serta horizon dapat lurus.

  1. Tekuk siku mendekat ke sisi tubuh kalian

Untuk dapat melakukan cara memegang kamera dengan benar, tempatkan siku kamu mendekat dengan tubuh agar mengurangi goncangan serta goyangan kamera yang menyebabkan hasil foto menjadi blur.

  1. Lebarkan kaki untuk menambah kestabilan

Saat memotret, jangan berdiri dengan kaki tertutup. Usahakanlah melebrkan kaki seukuran lebah bahu sehingga kamu dapat memiliki keseimbangan yang lebih baik saat memotret.

  1. Jaga kamera dekat dengan tubuh kalian saat memotret

Meski kamu menggunakan layar LCD untuk memotret, usahakan jangan sampai memposisikan kamera terlalu jauh dari tubuh kamu. Usahakan dalam cara memegang kamera dengan benar ini selalu menjaga kamera tetap dekat dengan tubuh. Jarak idealnya adalah sejauh kamu bisa melihat dengan nyaman apa yang ditampilkan oleh kamera.

  1. Pastikan untuk tidak menghalangi lensa atau flash

Sebelum menekan tombol shutter, pastikan bahwa jari-jari kalian tidak menutupi baik itu lensa atau pun flash kamera.

  1. Mengatur nafas

Cara memegang kamera dengan benar yang terakhir adalah mengatur nafas. Jika kamu sering naik tangga, pastinya kamu dapat merasakan nafas kamu yang lebih cepat daripada kamu berjalan di tempat datar. Nah, ilustrasi tersebut juga sama ketika kamu akan memotret kamera. Jika nafasmu tidak teratur, maka kamu akan memotret dengan tidak seimbang dan hasil bidikan tidak maksimal. Untuk itu, pastikan kamu memotret dengan nafas yang teratur.

Cara Pegang Kamera Yang Benar

Nah, beberapa cara memegang kamera dengan benar yang DIYKamera berikan di atas tentunya dapat dipraktekan dengan mudah oleh kawan-kawan. Meskipun sebenarnya, seperti yang telah DIYKamera katakan di awal tadi, jika benar atau salahnya memegang atau menentukan sikap ketika akan memotret memang tergantung kenyamanan masing-masing. Namun, dengan beberapa cara memegang kamera dengan benar yang DIYKamera jelaskan tersebut, setidaiknya kawan-kawan mengetahui secara umum, sikap atau cara yang digunakan kebanyakan fotografer dalam mengambil gambar untuk dapat menghasilkan gambar stabil dan tentunya fokus. DIYKamera rasa cukup sekian ulasan cara memegang kamera dengan benar ini. Semoga bermanfaat dan salam cekrek!!