Cara Memotret Time Lapse

Cara Memotret Time Lapse – Apakah kawan-kawan mengetahui bagaimana cara memotret time lapse? Fotografi time lapse merupakan teknik penggabungan beberapa foto yang sa,ing berhubungan dan bisa menjadi video yang menarik. Pada intinya, foto time lapse ini bertujuan untuk membedakan objek pada rentang waktu yang cukup lama. Maka dari itu, cara memotret time lapse memang bisa dibilang tidak mudah dan membutuhkan kesabaran. Adapun contoh foto time lapse seperti fenomena gerhana bulan, tumbuhan yang tumbuh, perbedaan nuansa siang ke malam. Karena cara memotret time lapse yang membutuhkan kesabaran ekstra, dulu, foto semacam ini hanya dilakukan oleh fotografer time lapse saja karena masih banyak tidak tertarik dengan jenis foto ini.

Cara Memotret Time Lapse

Seiring perkembangan jaman, dan diketahuinya tips cara memotret time lapse yang mudah, saat ini foto time lapse sudah mulai memiliki banyak peminat karena banyaknya fotografer yang mulai berkembang. Bahkan foto time lapse juga bisa digunakan untuk bidang pendidikan, pekerjaan dll. Karena dengan time lapse maka kamu bisa melihat perbedaan yang cukup mencolok. Sedangkan masalah yang terjadi untuk cara memotret time lapse adalah penerangan, maka dari itu kamu perlu memperhatikan beberapa setting kamu kamu. Adapun yang perlu kamu persiapkan diantaranya adalah tripod, interval shoot atau intervalometer dan kesabaran. Nah, untuk mengetahui mengenai cara memotret time lapse dengan mudah secara lengkap, mari kita simak ulasan dari DIYKamera berikut ini:

Cara Membuat Timelapse Bergerak

Cara Memotret Time Lapse

Untuk dapat menghasilkan hasil foto time lapse  yang menari, kawan-kawan perlu memperhatikan beberapa cara memotret time lapse di bawah ini:

  1. Pilih Objek

Cara memotret time lapse yang pertama adalah pilih objek yang ingin kamu abadikan. Jika foto berada diluar maka yang perlu kamu lakukan adalah mengecek cuaca saat itu dan persiapkan perlengkapan jika sewaktu-waktu turun hujan.

  1. Tekan Shutter Lebih Halus

Cara memotret time lapse yang selanjutnya adalah kamu harus menekan rana lebih lambat karena objek yang kamu bidik tidaklah sedikit. Dan gunakan blur gerak untuk membuat ilusi time laposes terlihat lebih halus. Untuk hasil yang lebih halus maka kamu bisa mengambil gambar dalam jumlah yang banyak. Misalkan jika kamu ingin menghasilkan video berdurasi 1 menit maka kamu bisa menargetkan 1 detik dengan standar 24 fps maka kamu haraus memotret sebanyak 1440 foto per frame untuk 1 video tersebut.

  1. Kompisisi Yang Tepat

Pengaturan komposisi menjadi salah satu cara memotret time lapse, karena hal tersebut memang akan mempengaruhi hasil gambar lebih menarik, maka ambillah beberapa layar depan yang menarik dan pastikan kamu mengambil angle yang menarik. Komposisi ini sangat penting dalam dunia fotografi begitulah saat fotografi time lapse.

  1. Tetapkan Fokus

Penetapan fokus dalam cara memotret time lapse ini dilakukan untuk mendapatkan hasil gambar yang pas dan menarik. Seperti halnya ketika kamu melakukan star trail yang membutuhkan long exposure, maka dari itu kamu perlu mengatur fokus secara manual dan biasanya atur infinitas jika kamu memotret dalam mode landscape.

  1. Pilih Interval Yang Pas

Dalam cara memotret time lapse ini, lamanya mengatur interval antara pelepas shutter memang berbeda-beda, jika kamu menampilkan gerakan yang cukup cepat maka interval harus lebih pendek daripada interval saat memotret fenomena alam seperti gerhana atau tumbuhan yang tumbuh. Sedangkan untuk objek yang cepat seperti pesawat terbang atau sepeda yang sedang melaku maka tekan shutter secara manual menggunakan interval shoot atau remote.

  1. Gunakan Tripod

Tripod menjadi salah satu komponen yang tidak kalah penting dalam cara memotret time lapse. Dengan tripod maka hasil gambar akan jauh lebih stabil dan tidak goyang.

Cara Membuat Timelapse

Nah, demikian beberapa tips atau cara memotret time lapse agar dapat menghasilkan gambar time lapse yang sempurna. Hal yang perlu kamu perhatikan adalah selalu siapkan baterai cadangan apabila baterai kamera kamu habis. Kamu bisa menggunakan baterai grip yang mana digunakan untuk menyediakan baterai cadangan. Jika harus mengganti baterai di tengah proses pemotretan time lapse, pastikan untuk tidak menggeser atau merubah posisi kamera. Semoga beberapa cara memotret time lapse yang DIYKamera sampaikan dapat bermanfaat dan berguna. Selamat mempraktekan dan salam DIYKamera!!!