Cara Setting Custom White Balance Kamera DSLR

Cara Setting Custom White Balance Kamera DSLR – Seorang fotografer pemula maupun profesional, tentu harus tahu cara setting custom white balance kamera DSLR. Pasalnya, tak jarang pada saat pemotretan di luar maupun di dalam ruangan yang tingkat pencahayaannya terlalu kompleks, dengan menggunakan sistem auto white balance justru temperatur cahayanya tak bisa akurat. Maka dari itu, salah satu tips untuk mengatasinya yakni dengan menerapkan cara setting custom white balance kamera DSLR yang akan kita bahas kali ini. Di sisi lain, fitur white balance yang diatur secara auto memang bisa dibilang cukup efektif juga pada kondisi pemotretan secara umum akan tetapi akan lebih baik jika menggunakan pengaturan secara manual atau custom white balance sebagaimana yang sering dilakukan oleh para fotografer profesional. Nah, untuk mengetahui secara lebih detail dan jelas, simak saja ulasan yang akan DIYKamera sampaikan kali ini tentang cara setting custom white balance kamera DSLR.

Cara Setting Custom White Balance Kamera DSLR

Di awal pembahasan mengenai bagaimana cara setting custom white balance kamera DSLR ini, tampaknya bagi kawan yang masih pemula ada baiknya untuk mengenal lebih jauh terkait dengan fitur white balance pada kamera DSLR. White Balance merupakan salah satu pengaturan yang berfungsi untuk membuat hal-hal berwarna putih tampak putih dalam fotografi dengan mengkompensasi pengaruh warna cahaya di bawah lingkungan pengambilan gambar. Perlu diketahui bahwa dalam bahasa sederhananya cara setting custom white balance kamera DSLR adalah mengatur tingkat keseimbangan warna yang dihasilkan dari efek cahaya yang dipantulkan pada obyek foto. Foto dengan tingkat keseimbangan warna yang baik khususnya white balance akan terlihat lebih menarik, apalagi jika dilakukan secara manual atau custom sehingga kawan bisa mengaturnya sesuai keinginan atau kondisi cahaya di sekitar. Lalu, bagaimana sih cara setting custom white balance kamera DSLR yang benar itu?

Bagaimana Cara Setting Custom White Balance Kamera DSLR

Cara Setting Custom White Balance Kamera DSLR

Sebagaimana dengan yang telah DIYKamera janjikan untuk mengupas cara setting custom white balance kamera DSLR, berikut di bawah ini beberapa langkah yang bisa kawan coba. Yuk, kita simak bersama ulasannya :

  1. Pertama, hal yang perlu dilakukan untuk menerapkan cara setting custom white balance kamera DSLR yakni dengan mempersiapkan selembar kertas putih dan baju putih atau tembok berwarna putih.
  2. Jika sudah, letakkan kertas atau benda berwarna putih tersebut pada posisi yang pas dfan sesuai di mana arah sinar cahaya mengarah. Usahakan diposisikan di depan kamera sehingga kertas mengisi seluruh frame foto.
  3. Kemudian, lakukan set fokus pada posisi manual focus selanjutnya ambil metering. Sampai pada tahapan cara setting custom white balance kamera DSLR ini, sangat disarankan supaya eksposurnya seimbang, dengan kata lain tidak under namun juga tak over eksposure. Fotolah kertas atau obyek tersebut.
  4. Menginjak pada tahapan berikutnya, kita akan masuk pada menu di kamera, yaitu Canon 60D dan Nikon 3100D
  5. Untuk Canon 60D, gunaknan Main Dial, kemudian menuju pada tab ke dua Shoopting Menu. Sampai di sini, manfaatkan fitur Qucik Control Dial lalu scroll ke bawah sampai pada pilihan menu Custom Balance, tekan Set. Sampai di sini, gunakan saja fitur Quick Control Dial kemudian scroll pada foto yang baru saja dibidik. Set dan Ok.
  6. Untuk cara setting custom white balance kamera DSLR pada kamera Nikkon 3100D, Pilih saja menu Preset Manual dari pilihan menu White Balance. Lalu, pilih menu Use Photo, nah sampai di sini nanti akan muncul foto terbaru yang sudah diambil, pilih dengan menekan Select Image lalu tekan Ok untuk menggunakan foto tersebut.

Cara Setting Custom White Balance

Tampaknya jika dilihat secara sekilas, memang cara setting custom white balance kamera DSLR yang telah dijelaskan di atas terbilang cukup rumit. Namun, jika kawan-kawan terapkan dengan benar, urut, dan teliti maka hasil foto dengan tingkat cahaya berimbang pun akan tersaji dengan menawan. Nah, tentu dengan beberapa tips yang DIYKamera berikan di atas, kawan-kawan kini dapat menghasilkan gambar foto dengan tingkat keseimbangan warna yang baik. Kiranya sampai di sini dulu ya kawan ulasan tentang mengupas cara setting custom white balance kamera DSLR. Semoga bisa bermanfaat dan sampai jumpa. Salam DIYKamera!!

Artikel Terkait
Kontak Kami
@upf9949s
082134184001
Alamat
Jln. Ringroad Selatan, Glugo, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta
Lihat lokasi di Google Maps