Mengenal Adapter Lensa Atau Lens Adapter

Mengenal Adapter Lensa atau Lens Adapter Mengenal adapter lensa atau lens adapter menjadi salah satu tipok yang sangat menarik untuk diulas. Bukan tanpa alasan, adapter lensa atau lens adapter merupakan salah satu piranti yang cukup penting bagi seorang fotografer profesional. Fungsinya ini yang cukup penting kerap kali digunakan ketika seorang fotografer ingin menggunakan lensa tertentu pada sebuah kamera.

Mengenal Adapter Lensa Atau Lens Adapter

Di sisi lain, meskipun hanya berfungsi sebagai alternatif, namun lens adapter ini akan sangat bermanfaat dalam keadaan tertentu seperti yang sudah dijelaskan di awal. Namun sebagai seorang pecinta fotografi pemula, tidak jarang orang yang masih awam dengan hal ini. Untuk itulah kali ini DIYKamera akan menjelaskan topik mengenai mengenal adapter lensa atau lens adapter ini secara lengkap di bawah ini.

Adapter Lensa Nikon

Mengenal Adapter Lensa Atau Lens Adapter

Adapter lensa tersebut berfungsi untuk memasangkan lensa-lensa alternatif, termasuk lensa-lensa klasik dan unik yang sudah jarang ditemui ke dalam kamera modern DSLR. Selain Mengenal adapter lensa atau lens adapter tentu akan sangat penting untuk mengetahui cara penggunaannya. Dalam hal ini, adapter berbentuk ring bermesin yang menggunakan teknologi rendah yang dapat mencocokkan lensa dengan bodi kamera.  Adapter tersebut memiliki dua ujung, dimana ujung yang satu digunakan untuk menerima lensa dari merek lain, sedangkan ujung yang satunya dirancang untuk cocok dengan bodi kamera.

Mengenal adapter lensa atau lens adapter juga harus mengenal bagaimana cara penggunaannya. Pasalnya ketika menggunakan lens adapter ini biasanya lensa tidak dapat mengirim data ke kamera dan juga sebaliknya, oleh karenanya fitur kamera yang berjalan elektronis seperti auto focus dan aperture tidak akan bekerja, sehingga cara yang dapat kamu lakukan yaitu menggunakan fokus manual dan menggerakkan aperture memotret. Selain itu, dengan digunakannya adapter tersebut, maka tentu lensa juga tak dapat mengirimkan data EXIF ke kamera. Akan tetapi, salah satu hal yang perlu dicatat dari Mengenal adapter lensa atau lens adapter adalah untuk beberapa adapter tertentu yang dilengkapi dengan chip fokus, maka kamera dapat memberikan notifikasi berupa suara dan atau icon yang akan muncul di viewfinder ketika objek telah terfokus.

Meski demikian, yang perlu dipahami dari Mengenal adapter lensa atau lens adapter ini adalah kebanyakan adapter lensa tidak bisa dicocokkan dengan semua sistem kamera. Yang paling banyak, adapter memang sengaja dibuat agar cocok dengan lensa lama yang memiliki cinsin aperture manual, sehingga pemakainya harus menyesuaikannya. Salah satu contohnya yaitu kamera Nikon 14-24 mm yang tidak memiliki kontrol aperture elektronik, sehingga tak dapat berfungsi di kamera lain. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka di dalam adapter lensa terdapat kenop fisik untuk aperture lensa yang dipasang di adapter dan penggunanya dapat menyesuaikan aperture melalui adapter tersebut.

Meskipun adapter tersebut memiliki kelebihan dapat memindahkan lensa lama pada kamera modern, akan tetapi adapter tersebut juga memiliki kekurangan, yaitu pekerjaan menjadi lambat karena lensa yang diadaptasi dapat menghilangkan banyak fitur auto kamera DSLR. Kekurangan tersebut menjadi hal yang perlu diperhatikan dari mengenal adapter lensa atau lens adapter ini.Tentunya bagi kamu yang ingin memotret hal-hal tertentu yang bergerak cepat seperti olah raga, atau wildlife, maka adapter tersebut tidak akan mendukung pemotretan tersebut. Namun, untuk pemotretan objek yang berbentuk landscape, arsitektur, dan objek lainnya yang tak tergantung pada autofokus, maka sangat cocok untuk menggunakan lensa adaptasi.

Selain memiliki berbagai kekurangan, tapi tak jarang orang yang menggunakan adapter lensa ini dikarenakan antara lain lensa alternatif jauh lebih murah dibandingkan dengan lensa lain yang sama dengan kamera, memiliki kualitas yang lebih baik dari lensa yang tak teradaptasi, dan dapat menyesuaikan sistem semisal kamu telah berganti kamera dan ingin menggunakan lensa dari kamera yang lama. Selain itu, mengenal adapter lensa atau lens adapter dalam hal keuntungannya adalah adapter lensa ini memiliki banyak pilihan lens adapter di pasaran, sehingga kamu dapat memilih adapter lensa sesuai dengan budget kamu. Kamu pun juga dapat mengadaptasi sistem kamera pada kamera-kamera tertentu dan juga dapat melakukan adaptasi antar format maupun adaptasi permanen.

Dalam adaptasi format tersebut, kamu dapat menyilangkan format berbeda termasuk Four Thirds, APS-Chipset (cropped sensor), 35mm full-frame, medium format, atau bahkan sistem large format. Sedangkan untuk adaptasi permanen, dapat kamu lakukan dengan menyewa jasa profesional untuk perubahan permanen pada lensa alternatifmu.

 

Adapter Lensa Canon Ke Sony

Nah, demikian beberapa hal yang perlu dipahami ketika kawan-kawan ingin mengenal adapter lensa atau lens adapter ini. Tentu berbagai hal baik kelebihan maupun kekurangan tersebut dapat kawan-kawan pahami secara mendalam untuk menunjang hasil jepretan. DIYKamera rasa cukup sekian ulasan yang dapat diberikan mengenai mengenal adapter lensa atau lens adapter ini. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.