Pengertian Fotografer dan Fotografi

Pengertian Fotografer dan Fotografi – Banyak orang yang beranggapan bahwa fotografi dan fotografer sama. Padahal pengertian fotografer dan fotografi memiliki perbedaan yang sangat jauh, untuk fotografi merupakan sebuah aktivitas sedangkan untuk fotografer adalah orang yang melakukan. Keduanya sangat berkaitan sehingga wajar saja jika sebagian orang keliru dalam pengucapan. Namun, meskipun sebenarnya cukup mudah untuk membedakan antara fotografi dan fotografer, tapi masih saja banyak yang kebingungan mengenai pengertian fotografer dan fotografi ini.

Pengertian Fotografer Dan Fotografi

Banyak kalangan awam yang ingin mengetahui mengenai perbedaan antara pengertian fotografer dan fotografi. Salah satunya adalah pertanyaan mengenai apakah semua orang yang memegang kamera disebut sebagai fotografer? Apakah foto dengan smartphone juga merupakan aktivitas fotografi? Hal ini tentu cukup membuat bingung terutama bagi kawan-kawan pecinta fotografi pemula. Nah, dalam kesempatan kali ini DIYKamera akan menjelaskan mengenai pengertian fotografer dan fotografi secara lengkap di beberapa segmen di bawah ini.

Pengertian Fotografi

Pengertian Fotografi

Pengertian fotografi sebenarnya banyak diungkapkan oleh berbagai pihak, salah satunya pada kamus besar bahasa Indonesia. Di mana dalam KBBI ini fotografi diartikan sebagai seni dan penghasilan gambar dan cahaya pada film atau permukaan yang dipekakan. Sedangkan menurut Wikipedia pengertian fotografi merupakan kata yang dicomot dari bahasa Inggris yaitu ‘Photography’ yang mana berasal dari bahasa Yunani yaitu ‘photos’ artinya cahaya dan ‘Grafo’ yang artinya melukis atau menulis. Sehingga fotografi merupakan proses melukis atau menulis dengan menggunakan media cahaya. Secara umum, pengertian fotografi dapat diartikan sebagai proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu objek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai objek tersebut pada media yang peka cahaya.

Sementara itu, fotografer bernama Elliott Erwitt juga turut mengungkapkan pendapatnya mengenai pengertian fotografi. Di mana dirinya mengatakan bahwa fotografi merupakan sebuah seni observasi. Ini tentang menemukan suatu hal yang menyenangkan di tempat biasanya. Menurut Elliot Erwitt, hal itu tidak akan ada hubungannya dengan hal-hal yang kamu lihat dan semua harus dilakukan dengan cara kamu melihat mereka. Hal ini cukup berbeda dengan pengertian fotografi menurut Ansel Adams yang mengatakan bahwa fotografi sebagai media berkespersi dan komunikasi yang kuat, menawarkan berbagai persepsi, interpretasi dan eksekusi yang tak terbatas. Tak hanya kedua fotografer di atas, Yudhi Soerjoatmodjo yang notabene merupakan salah satu fotografer Indonesia kondang juga mengungkapkan pendapatnya mengenai pengertian fotografi yang menurutnya merupakan media komunikasi dan alat dialog, fotografi juga dapat dilihat secara fungsi. Fotografi berfungsi secara dokumentatif, informatif dan bagian dari seni.

Berdasarkan pengertian fotografi yang disampaikan berbagai pihak di atas bisa disimpulkan bahwa fotografi merupakan aktivitas mengambil gambar melalui kamera untuk menghasilkan karya seni dan bisa dinikmati baik diri sendiri atau publik. Maka dari itu, fotografi memiliki banyak teknik yang bisa menghasilkan berbagai karya yang membuat sebagian orang tertarik untuk melihatnya. Diantaranya terdapat fotografi humanis, fotografi landscape, fotografi portrait, fotografi jalanan dan masih banyak lagi. Nah, sudah cukup paham dengan pengertian fotografi bukan? Selanjutnya DIYKamera jelaskan mengenai pengertian fotografer.

Pengertian Fotografer

Seperti yang disinggung diatas bahwa secara umum pengertian fotografer dapat diartikan sebagai orang yang melakukan aktivitas fotografi. Pengertian tersebut merupakan pengertian singkat dari fotografer. Namun fotografer lebih komplek jika dilihat dari kegiatannya yaitu ada fotografer profesional dan hobi.

Pengertian fotografer profesional adalah orang yang bekerja dengan konsentrasi tinggi dan cenderung menjelajahi sesuatu secara mendalam. Sehingga gambar yang dihasilkan oleh fotografer profesional bisa memiliki harga jual yang tinggi karena tidak hanya melihat dari segi angle saja melainkan juga seni yang dihasilkan. Maka dari itu, fotografer profesional akan banyak menghabiskan banyak waktu untuk mendapatkan angle yang pas agar hasil gambar bisa menciptakan seni yang luar biasa.

Sedangkan pengertian fotografer hobi, seperti halnya dengan namanya yaitu hobi. Fotografer hobi atau amatir merupakan orang yang hanya menyukai aktivitas fotografi namun tidak terlalu memperhatikan segi keseniannya. Pada umumnya, orang tersebut hanya terfokus hasil yang eye-catching dan subjek yang menarik saja. Pengertian fotografer ini juga dapat diartikan dari kegiatannya yang biasanya hanya akan terfokus untuk membagikan hasil gambar ke publik melalui sosial media tanpa memperdulikan hak cipta selain itu hanya menginginkan pengakuan dari orang lain saja. Melihat kedua kegiatan fotografer tersebut maka kita bisa melihat perbedaannya yang cukup signifikan. Sehingga pengertian fotografer tidak hanya dilihat dari pengertiannya saja melainkan juga kegiatan yang dilakukan di lapangan.

Pengertian Fotografer

Nah, penjelasan mengenai pengertian fotografer dan fotografi di atas apakah sudah cukup membuat kawan-kawan paham mengenai perbedaan diantara keduanya? Fotografer dan fotografi sebenarnya sangat mudah dibedakan jika melihat kedua pengertian di atas. Yang jelas, dengan mengetahui pengertian fotografer dan fotografi di atas, kawan-kawan tidak perlu kebingungan lagi untuk membedakan diantara keduanya. Salam DIYKamera!!

Artikel Terkait
Kontak Kami
@upf9949s
082134184001
Alamat
Jln. Ringroad Selatan, Glugo, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta
Lihat lokasi di Google Maps