Pengertian Moire Pattern dalam Fotografi

Pengertian Moire Pattern – Hai kawan, kali ini DIYKamera akan sedikit mengulas tentang pengertian Moire Pattern. Tak diragukan lagi, bagi para fotografer profesional Moire Pattern tentu tak asing lagi namun berbeda bagi kawan-kawan yang mungkin masih pemula. Meskipun sepele namun buat teman-teman yang ingin mendalami dunia fotografi, tentu harus tahu pengertian Moire Pattern yang akan kita bahas pada perjumpaan ini. Sebagai pengantar, pernahkah teman-teman menemui sebuah jepretan foto yang terlihat sebuah pola tambahan yang mungkin terlihat aneh dan tak nyata? Sebenarnya, itulah yang disebut dengan istilah Moire Pattern. Perlu untuk kawan ketahui bahwa dalam istilah fotografi, Moire Pattern ini merupakan sebuah detail dari pola berulang, bisa berbentuk garis atau titik yang terjadi pada obyek yang difoto. Nah, itulah yang akan kita bahas lebih mendalam pada pertemuan ini. Sudah tak sabar ya ingin tahu pengertian Moire Pattern secara lebih mendalam? Jangan khawatir, kali ini DIYKamera akan mengajak teman-teman semua untuk mengulasnya secara lebih mendetail.

Pengertian Moire Pattern

Pengertian Moire Pattern

Nah, perlu untuk kawan ketahui bahwa pada umumnya, pengertian Moire Pattern ini banyak digunakan oleh para fotografer handal dan profesional untuk menggambarkan sebuah pola yang terlihat aneh dari sebuah foto. Biasanya, Moire Pattern ini muncul pada hampir di setiap obyek foto dengan detail pola berulang yang rapat dan kompleks yang memang sangat dimungkinkan sekali memiliki potensi munculnya moire di foto. Selain itu, perlu diketahui juga bahwa pengertian Moire Pattern yang akan kita bahas kali ini juga mencakup pada setiap obyek foto yang memang menjadi salah satu titik kelemahan dari lensa yang tak secanggih mata manusia. Di samping itu, Moire Pattern ini pun juga umumnya akan muncul saat memotret baju, rambut atau ulir tangga eskalator. Sehingga, memang ada beberapa teknik khusus yang dapat dilakukan untuk dapat menghindari munculnya Moire Pattern ini. Nah, dari pengertian Moire Pattern tersebut, tentu kawan-kawan kini dapat menghindari hal yang kerap dikeluhkan para pecinta fotografi pemula ketika memotret objek dengan pola rapat. Lalu, kira-kira apa saja sih penyebab munculnya Moire Pattern pada obyek foto?

Moire Pattern Adalah

Nah, selain kita pahami pengertian Moire Pattern, perlu untuk kawan ketahui juga beberapa penyebab munculnya Moire Pattern. Sebelumnya, perlu diketahui bahwa Moire Pattern ini tak akan muncul dalam kehidupan nyata, Moire Patterin ini hampir tidak pernah terlihat oleh mata kita sendiri. Pasalnya, kualitas mata manusia memang jauh lebih canggih jika dibandingkan dengan lensa pada kamera. Oleh sebab itu, wajar bagi kamera dan lensa yang penuh kekurangan, hal ini bakal kerap kali muncul. Terkait dengan penyebab Moire Pattern, pada umumnya terjadi dikarenakan cara cahaya mencapai sensor dan bagaimana sensor itu sendiri menginterpretasikan cahaya tersebut. Jadi, dengan kata lain penyebab dan pengertian Moire Pattern ini juga karena adanya faktor dari kualitas kamera itu sendiri. Sehingga, untuk meminimalisir hal tersebut maka sobat bisa menggunakan beberapa aplikasi atau lensa yang berkualitas tinggi. Namun, meskipun demikian, Moire Pattern ini tak bisa dihilangkan secara sempurna mengingat walaupun lensa memiliki tingkat kualitas tinggi tetapi tetap tak bisa menghindarkan hal ini sebagaimana mata manusia yang memang merupakan anugerah Tuhan paling canggih. Namun yang jelas bahwa interpretasi yang dihasilkan dari sensor tersebutlah yang menjadi penyebab munculnya Moire Pattern selama ini. Cukup jelas dengan pengertian Moire Pattern ini bukan?

Moire Pattern Pada Fotografi

Nah, setelah kita tahu pengertian Moire Pattern dan penyebabnya maka kawan-kawan tentu sudah memiliki gambaran arti dari istilah tersebut. Selain itu, dengan mengetahui pengertian dan penyebabnya, kini kawan-kawan pun dapat menghindari atau mencegah agar hal ini tidak terjadi ketika kawan-kawan mengambil foto objek. Memang, sepintas dalam dunia fotografi khususnya untuk pemul istilah yang disebut Moire Pattern ini cukup asing. Hanya saja, sebagai tambahan pengetahuan, makna dari istilah ini terbilang cukup penting untuk dipahami. Sampai di sini dulu penjelasan DIYKamera mengenai pengertian Moire Pattern. Semoga saja ulasan di atas bisa menambah pengetahuan kawan-kawan dalam dunia fotografi.