Tips Pemula: 5 Tips Memotret Alam Liar Agar Tampil Natural

Tips Fotografi Alam Liar

Jika kamu seorang pemula dan ingin menekuni fotografi alam, maka persiapan yang perlu kamu lakukan tak berhenti hanya sebatas skill memotret saja. Akan tetapi kamu juga perlu mempunyai fisik dan mental yang prima untuk dapat mengeksplore tempat-tempat liar yang mungkin jarang terjamah manusia.

DIYKAMERA berusaha memberikan tips-tips dasar agar kamu bisa mempraktekan wildlife fotografi. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

1. Pelajari dan pahami peralatan memotretmu

Untuk mahir memotret dan menghasilkan jepretan yang bagus, terlebih dahulu kamu perlu mengenal peralatan tempurmu, yaitu kamera dan perlengkapan lain yang kamu pakai. Kamu perlu mengenal karekteristik peralatan mu seperti kamera, lensa, tripod, dan lain sebagainya. Ini agar supaya kamu dapat langsung mengadaptasi kamera mu dalam berbagai kondisi alam yang akan kamu temui.

2. Kenali subjek yang kamu foto

Kebanyakan wildlife fotografi adalah menangkap pose unik dari makhluk hidup. Jadi untuk bisa mendapatkan pose-pose menarik dari satu makhluk hidup kamu perlu mempelajari kebiasaan makhluk tersebut atau menghabiskan waktu bersama dengan hewan atau makhluk hidup tersebut.

3. Mencari cahaya yang tepat

Seorang fotografer alam liar harus bisa menemukan pencahayaan yang tepat. Penting juga untuk memotret saat sinar matahari keemasan, yaitu saat pagi hari atau sore hari. Intensitas dan arah cahaya yang pas akan sangat berpengaruh pada hasil foto.

4. Sejauh mana kamu bisa meng-eksplor

Hasil foto juga sangat dipengaruhi oleh kemampuan mu sendiri. Bagaimana kemampuan mu untuk menemukan angle yang menarik. Seperti misalnya kamu coba memotret dengan low angle, middle angle, atau hight angle. temukan sudut potret yang pas untuk membuat hasil jepretan mu nampak lebih hidup.

5. Kombinasi teknik dan momen

Terakhir, kamu perlu menemukan kombinasi antara teknik fotografi mu yang sudah matang, dengan momen subjek yang pas. Momen yang pas bisa berupa gerakan unik pada subjek yang kamu bidik, pencahayaan yang cantik, dan suasana yang tepat untuk memotret.