Cara Melindungi Fotomu Di Sosial Media

Cara Melindungi Fotomu Di sosial Media – Bagi pegiat medsos, tentu bukan hal yang salah untuk memahami cara melindungi fotomu di sosial media. Hal tersebut juga tak lepas dari kegunaan media sosial yang bisa membagi-bagikan foto kita. Tentu, fakta tersebut juga sangat memperbesar kemungkinan adanya penyalahgunaan foto-foto yang diupload di medsos oleh pihak-pihak yang tak bertanggungjawab. Maka dari itu, tak salah jika kita harus tahu tips melindungi foto guna menjaga privasi kita. Nah, pada pertemuan kali ini DIYKamera akan membahas bagaimana cara melindungi fotomu di sosial media.

Cara Melindungi Fotomu Di sosial Media

Tapi, sebelum kita jauh mengulas cara melindungi fotomu di sosial media, maka ada beberapa hal yang perlu diketahui. Pertama, tujuan utama dari penerapan cara ini yaitu untuk mencegah terjadinya tindakan manipulasi atau pun pelanggaran privasi hak cipta. Apalagi, jika foto-foto yang sobat pajang di akun sosial media adalah gambar hasil usaha sobat sebagai seorang fotografer. Selain itu, dengan kita tahu bagaimana langkah-langkah dalam melindungi privasi foto kita, pastinya keaslian dari foto kita akan tetap terjaga dan tak mudah dibajak oleh orang lain. Berikut di bawah ini DIYKamera akan menjelaskan secara detail terkait bagaimana cara melindungi fotomu di sosial media. Yuk, kita simak bersama.

Cara Menggunakan Media Sosial Yang Baik Dan Benar

Cara Melindungi Fotomu di sosial Media

Di bawah ini adalah beberapa langkah dalam penerapan cara melindungi fotomu di sosial media. Yaitu sebagai berikut :

  1. Gunakan Watermark pada Setiap Foto

Perlu untuk kawan pahami, cara melindungi fotomu di sosial media yang harus dilakukan yaitu gunakan watermark pada setiap foto, terutama gambar yang sobat upload secara online di setiap akun sosial media. Langkah yang satu ini cukup efektif untuk melindungi hak cipta. Bahkan, dengan penggunaan watermark pada setiap foto yang akan kawan pajang di sosmed tersebut, secara tak langsung orang yang melihat akan mengenal siapa pencipta foto tersebut. Maka dari itu, buat sebuah logo pengenal pada setiap watermark.

  1. Tambah Kode “Nopin” pada Website

Cara melindungi fotomu di sosial media yang cukup efektif yaitu dengan menambah kode nopin pada website yang sobat miliki. Contohnya saja seperti Pinterest yang menawarkan kode “nopin” yang bisa kawan tambahkan sendiri ke meta tags website. Cara ini tentu cukup ampuh guna mencegah siapapun men-tag foto di website yang kawan miliki.

  1. Menonaktifkan “Klik Kanan” pada Foto

Menonaktfikan “Klik Kanan’ pada foto pun juga termasuk cara melindungi fotomu di sosial media yang DIYKamera nilai cukup ampuh. Pasalnya, secara umum orang banyak yang mengambil foto dengan mengklik kanan dan mendonwloadnya ke PC yang mereka miliki.  Namun hanya saja cara ini dinilai sedikit cukup rumit. Bukan tanpa alsan mengingat untuk menerapkan langkah ini sobat harus paham coding website di mana ada kode Javascript yang akan memunculkan pesan error ‘Right Click Disabled on Images’ atau semacamnya.

  1. Hindari Sebisa Mungkin Terlalu Aktif di Medsos

Salah satu cara melindungi fotomu di sosial media yaitu sebisa mungkin untuk menghindari terlalu banyak foto yang diupload di medsos. Cukup beberapa foto saja yang sobat kira bisa mewakili beberapa foto lain. Langkah ini cukup baik untuk menekan jumlah orang yang melakukan copas foto secara brutal. Dengan begitu, tak salah jika sobat cukup menyimpan foto di dalam memory card saja.

Etika Menggunakan Media Sosial

Keempat cara melindungi fotomu di sosial media yang telah DIYKamera sebutkan di atas, pastinya bisa sobat pahami bahwa melindungi hak cipta merupakan satu aspek yang cukup penting. Bukan tanpa alasan mengingat foto yang kita bidik merupakan hasil kerja keras kawan sendiri dan pastinya sobat tak mau kan foto tersebut diklaim oleh orang lain yang tak bertanggungjawab? Maka dari itu, cara melindungi fotomu di sosial media yang telah disebutkan di atas kiranya bisa kawan terapkan sendiri. Sekian dan selamat mencoba teman.