Cara Mengetahui Shutter Count Kamera DSLR dengan Mudah

Cara Mengetahui Shutter Count Kamera DSLR – Cara mengetahui shutter count kamera DSLR cukup penting untuk dipelajari oleh kawan-kawan semua para pecinta fotografi yang baru saja membeli kamera DSLR baik dalam kondisi baru maupun secondhand. Bagi yang masih awam dengan urusan fotografi tentu banyak yang bertanya-tanya tentang apa sih Shutter Count itu? Shutter Count atau yang biasa disebut dengan SC merujuk pada banyaknya tombol shutter yang bisa ditekan. Untuk lebih gampangnya, Shutter Count ini merupakan banyaknya jumlah foto yang bisa dihasilkan oleh kamera DSLR tersebut. SC inilah yang nantinya akan mempengaruhi seberapa lama umur kamera DSLR yang kita beli. Tak heran, jika orang yang membeli kamera secondhand biasanya akan sangat memperhatikan sekali jumlah Shutter Count-nya. Nah, lalu bagaimana ya cara mengetahui shutter count kamera DSLR?

Cara Mengetahui Shutter Count Kamera DSLR

Sebagai contohnya kamera DSLR seperti Canon 650D atau yang sejenisnya, sebagian besar memiliki Shutter Count yang jumlahnya hingga 9999 jepretan. Nah, lalu bagaimana cara mengetahui shutter count kamera DSLR tersebut ya? Pasalnya, dengan mengetahui shutter count tersebut kawan-kawan bisa mengantisipasi jika memang kamera yang akan dibeli sudah memiliki shutter count yang cukup banyak. Karena, kamera tersebut tidak akan berfungsi lagi sebab sensor kameranya telah mencapai batas maksimum. Mungkin selama ini teman-teman mengira jika kamera DSLR bisa digunakan selamanya, sehingga sering menghapus sebagian foto yang ada di memori agar kapasitasnya masih mendukung untuk pengambilan foto baru yang lebih banyak. Padahal usia kamera DSLR tidak ditentukan dari penuh atau tidaknya memori tetapi pada shutter count yang dibuat dalam jumlah jepretan tertentu. Cara mengetahui shutter count kamera DSLR akan membantumu untuk mengetahui kapan fungsi kamera akan berakhir. Selain itu, ketika shutter count sudah mendekati masa habisnya, biasanya akan muncul tanda-tanda seperti kamera yang tiba-tiba macet saat digunakan atau pengambilan gambar yang semakin sulit. Untuk mengetahuinya, ada beberapa cara mengetahui shutter count kamera DSLR yang bisa dilakukan.

Cara Mengetahui Shutter Count Kamera DSLR Canon

Cara Mengetahui Shutter Count Kamera DSLR

Nah langsung saja, pada segmen ini DIYKamera akan menjelaskan secara lengkap mengenai cara mengetahui shutter count kamera DSLR. Yuk langsung simak saja!

  1. Memakai EXIF Viewer Online

Cara yang pertama adalah dengan memanfaatkan EXIF Viewer Online. Bukalah halaman EXIF Viewer Online, kemudian klik opsi “choose file”. Tunggu hingga kotak dialog muncul dan pilih foto yang ada di komputer dan klik OK. Klik “view image from file” dan tunggu hingga proses selesai. Setelah itu, biasanya akan muncul deretan data EXIF. Cara mengetahui shutter count kamera DSLR adalah dengan menscroll ke bawah atau bisa juga dengan menuliskan “shutter count” pada kolom search. Jumlah shutter count yang tertera menunjukkan jumlah jepretan kamera yang telah dihasilkan. Mengecek Shutter Count secara online ini merupakan cara yang gampang dan mudah serta gratis. Pasalnya, foto sampel dari kamera hanya tinggal dipunggah dan program online ini akan menghitung jumlah shutter count-nya secara otomatis.

  1. Mengunduh Aplikasi EXIF Viewer

Cara mengetahui shutter count kamera DSLR juga bisa dilakukan dengan aplikasi khusus yang memang diciptakan untuk melihat data EXIF. Jika menggunakan Windows, maka kawan-kawan bisa mencoba aplikasi EOS Info untuk mengecek shutter count kamera DSLR Canon (EOS) atau bisa juga memakai Opanda EXIF Viewer. Bagi yang menggunakan Mac, bisa memakai aplikasi Simple Exif Viewer atau mengunduh iExifier untuk versi berbayar. Setelah mengunduh aplikasi ini, bukalah aplikasi tersebut. Setelah itu, klik menu open pada tampilan home dan akan ditunjukkan spesifikasi lengkap kamera beserta shutter count yang dihasilkan.

Cara Melihat Shutter Count Kamera DSLR

Melalui kedua cara mengetahui shutter count kamera DSLR yang DIYKamera jelaskan di atas, kawan-kawan bisa mengetahui shutter count di kamera DSLR dengan mudah. Karena jumlah shutter count ini sangat menentukan lamanya sebuah kamera DSLR bisa berfungsi, maka kini kawan-kawan bisa mengecek shutter count terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli kamera DSLR agar tidak mendapatkan produk yang kualitasnya buruk. Demikianlah ulasan yang dapat DIYKamera bagikan kali ini tentang cara mengetahui shutter count kamera DSLR. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi kawan semua sebelum membeli kamera DSLR. Salam DIYKamera!!