Tips Menjaga Keawetan Baterai Laptop: Yang Harus Dihindari

Tips Menjaga Keawetan Baterai Laptop

Salah satu bagian penting dari merawat laptop agar tetap dalam performa yang baik adalah memperhatikan kondisi baterai. Anda perlu menghindari hal-hal berikut sebagai tips menjaga keawetan baterai laptop Anda. 

 

Menggunakan laptop sampai daya benar-benar habis

 

Mungkin Anda terlalu fokus mengerjakan sesuatu hingga mengabaikan notifikasi bahwa baterai Anda nyaris habis. Hingga beberapa menit kemudian laptop mati total. 

Anda perlu mengurangi kebiasaan satu ini. Membiarkan baterai laptop terkuras hingga 0% akan melemahkan komponen power dalam baterai. Selain itu, menyalakan laptop dalam kondisi mati total memerlukan daya terlalu tinggi dan membuat baterai mudah panas.

Lalu, berapa persen baterai laptop harus dicas? Anda bisa menghubungkan baterai dengan pengisi daya maksimal di angka 10% agar baterai tetap terjaga kualitasnya. 

 

Membiarkan baterai overheat atau terlalu panas

 

Menjalankan banyak aplikasi berukuran besar pada waktu bersamaan atau menggunakan laptop di permukaan yang tidak datar bisa memicu baterai overheat. Ini merupakan ancaman bagi laptop terutama pada perangkat dengan baterai non-removable.

Langkah yang bisa Anda lakukan untuk menjaga suhu laptop tetap stabil adalah dengan memperhatikan sirkulasi suhu saat menggunakan perangkat. Gunakan pendingin ruangan jika perlu, serta lengkapi laptop dengan cooling pad.

Memperhatikan kinerja baterai agar tidak berlebihan tentu menjadi cara memperpanjang umur baterai laptop.

 

Menonaktifkan laptop dalam waktu lama dengan baterai di bawah 50%

 

Jika Anda harus menonaktifkan laptop dalam waktu cukup lama, ada baiknya tetap membiarkan baterai perangkat terisi. Produsen laptop asal AS, Hewlett-Packard (HP) merekomendasikan untuk menyimpan laptop dengan kisaran baterai 50%-70%.

Membiarkan laptop mati jangka waktu lama dengan baterai kurang memadai cenderung membutuhkan energi berat ketika kembali menyalakan perangkat. 

 

Tetap menggunakan laptop ketika pengisian daya

 

Menggunakan laptop saat pengisian daya membuat baterai laptop Anda harus bekerja ekstra menyeimbangkan daya masuk dan daya keluar. Jika dilakukan secara berulang, maka dapat memicu terjadinya bocor pada baterai. 

Menghindari penggunaan secara berlebihan tentu menjadi cara agar baterai laptop tidak bocor. Pastikan baterai laptop memiliki waktu istirahat agar bisa terus bekerja secara optimal.

Selain baik untuk kesehatan laptop, menghindari pantangan di atas juga bisa membantu Anda menghemat pengeluaran akibat kerusakan pada baterai laptop Anda. 

Menjaga baterai agar tetap dalam performa yang baik memang membutuhkan perhatian khusus. Namun, Anda bisa mencoba tips menjaga keawetan baterai laptop di atas.