Cara Membuat Watermark pada Foto dengan Photoshop

Cara Membuat Watermark pada Foto – Hai kawan, ingin tahu cara membuat watermark pada foto? Jangan bingung, pasalnya kali ini DIYKamera akan mengulas tentang bagaimana menerapkan watermark pada sebuah foto. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa dalam sebuah karya foto, watermark atau tanda air menjadi penanda kalau foto tersebut ada yang memiliki dan harus ada izin jika hendak menggunakannya. Selain itu, watermark sendiri juga sangat diperlukan untuk memberikan kemudahan dalam menempelkan logo atau foto ke sebuah foto. Dengan begitu maka cara membuat watermark pada foto menjadi hal penting untuk menunjukkan profesionalisme.

Cara Membuat Watermark Pada Foto

Di samping itu, sebenarnya secara logika pun bisa dikatakan bahwa cara membuat watermark pada foto sendiri lebih kepada bagaimana kita ingin sebuah foto yang diluncurkan memiliki kesan yang lebih profesional. Maka dari itu, diperlukan sebuah logo brand yang kita miliki untuk ditempelkan pada foto atau gambar yang akan kita bagi atau publish di jejaring sosial. Dengan begitu, secara tak langsung, dengan adanya logo watermark pada foto tersebut maka brand logo kita akan dikenal oleh orang yang melihatnya. Nah, tak perlu berlama-lama, simak saja ulasan lengkapnya mengenai langkah-langkah dari cara membuat watermark pada foto yang akan DIYKamera ulas pada segmen di bawah ini!

Cara Membuat Watermark Pada Foto Di Photoshop

Cara Membuat Watermark pada Foto

Di bawah ini cara membuat watermark pada foto yang mana kita akan gunakan program Photoshop. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Cara membuat watermark pada foto yang pertama perlu kawan lakukan yaitu dengan membuka program aplikasi photoshop. Jika belum memiliki Photoshop, instal dulu di PC atau laptop.
  2. Jika sudah maka bukalah menu pilihan “File” lalu “Open”. Sampai di sini, kawan-kawan pilih foto mana yang akan kita beri watermark. Apabila sudah maka klik Ok.
  3. Menginjak pada cara membuat watermark pada foto selanjutnya, silahkan pilih menu Windows lalu Action. Pada langkah ini, usahakan bahwa gambar atau foto benar-benar sudah tampil di layar background watermark.
  4. Berikutnya, kawan-kawan perlu membuat sebuah menu layer baru kemudian klik Custom Shape Tool. Letak menu tersebut berada pada bagian menu bar samping di pojok bawah. Pilih menunya di situ dan klik Custom Shape Tool.
  5. Beranjak pada langkah berikutnya, cara membuat watermark pada foto yang patut kawan coba yaitu dengan memasukkan logo pada Custom Shape Tool yang sebelumnya sudah kita buat. Pada langkah ini, ubahlah warnanya menjadi hitam.
  6. Jika sudah maka langkah berikutnya yaitu dengan memilih menu Filter kemudian Stylize lalu Emboss. Nah, menginjak pada langkah ini, akan ada tampilan menu baru untuk mengatur warna nilainya melalui beberapa pilihan yang tersedia.
  7. Setelah itu, ubah Mode pada layer logo ke Hard Light.
  8. Kemudian, menginjak cara membuat watermark pada foto yang berikutnya, pilih File lalu Automate kemudian Batch. Sampai di sini, pilih nama action yang telah kita buat pada tutorial sebelumnya.
  9. Berikutnya, jika gambar yang akan kita beri watermark semuanya sudah ada dalam satu folder pada tab destinationnya maka selanjutnya pilih “Save and Close“. cara ini agar semua gambar yang ada pada folder tersebut terdapat watermark secara otomatis. namun jika kita hanya akan memberi watermark pada satu foto saja langkah ini bisa dilewati. Lalu save.

Cara Membuat Watermark Pada Foto Melalui HP

Nah, itulah tadi cara membuat watermark pada foto. Jika kita teliti secara lebih mendalam, beberapa langkah di atas tentunya bisa kita terapkan dengan mudah asal teliti. Selain itu, hal yang perlu diterapkan dalam menerapkan tips di atas yaitu pada proses masuk program photoshop. Di mana, melalui program tersebut, teman-teman bisa berkreasi sendiri. Kiranya sampai di sini dulu ulasan mengenai cara membuat watermark pada foto. Sekian dan sampai jumpa.