5 Cara Memotret dengan Kamera HP yang Harus Diketahui

Cara Memotret dengan Kamera HP – Siapa sangka, bagi yang tahu cara memotret dengan kamera hp tentu menjadi keuntungan tersendiri. Pasalnya, tanpa menggunakan kamera DSLR yang canggih, hanya bermodal kamera handphone pun juga nyatanya sanggup memberikan hasil potret foto yang cukup memukau. Selain itu, cara memotret dengan kamera handphone pun juga terbilang cukup mudah dan tak terlalu rumit. Sehingga, dengan hanya bermodalkan kamera smartphone, tentu saja kawan-kawan bisa menghasilkan foto yang sangat jernih dan smooth. Lantas, kira-kira bagaimana sih cara memotret dengan kamera hp?

Cara Memotret Dengan Kamera Hp

Sebenarnya, secara garis besar sendiri, diketahui bahwa cara memotret dengan kamera hp ini tak berbeda jauh dengan beberapa tips membidik foto menggunakan kamera DSLR. Hanya saja, pada tips yang akan kita ulas kali ini, cukup perlu menggunakan fitur sederhana pada kamera smartphone untuk dimaksimalkan guna mendapatkan hasil yang sangat memuaskan. Sementara itu, cara memotret dengan kamera handphone ini juga cukup mudah dilakukan sehingga bisa diterapkan sendiri di rumah. Nah, tampaknya tak perlu berlama-lama lagi, mari kita simak langkah-langkah terkait dengan topik mengenai cara memotret dengan kamera hp yang tersaji pada langkah-langkah di bawah ini.

Cara Memotret Dengan Kamera Handphone

Cara Memotret dengan Kamera HP

Lanjut pada pembahasan berikutnya, kali ini kita akan bersama-sama mengulas terkait dengan cara memotret dengan kamera handphone. Beberapa langkah yang diperlukan antara lain sebagai berikut ;

  1. Hindari Penggunaan Fitur Zoom

Tips pertama dalam cara memotret dengan kamera HP ini harus anda perhatikan, karena untuk mendapatkan hasil bidikan foto via smartphone, sangat disarankan untuk selalu menghindari fitur yang bernama zoom camera. Bukan tanpa alasan mengingat secara umum Zoom justru akan menurunkan resolusi foto secara keseluruhan sehingga justru akan membuat foto menjadi tidak tajam.

  1. Pastikan Objek Terkena Cahaya yang Mencukupi

Selain itu dalam cara memotret dengan kamera handphone ini, yakinkan bahwa objek sudah terkena cahaya yang mencukupi, tidak terlalu terang namun juga tak terlalu gelap. Usahakan selalu agar cahaya yang menerangi obyek foto mencukupi. Biasanya, dengan menggunakan kamera smartphone ini, hasil foto outdoor cenderung lebih bagus dibanding indoor. Maka dari itu, untuk mencukupi cahaya pada sektor indoor, gunakan flash saat memotret indoor. Namun harus diingat bahwa jarak efektif flash adalah sekitar 2-3 meter, jadi jangan berharap kita bisa menerangi seisi ruangan dengan flash.

  1. Usahakan Posisi Handphone Sestabil Mungkin

Sama seperti kamera pada umumnya, untuk mendapatkan hasil potret foto yang maksimal dan tajam maka usahakan memegang handphone secara stabil. Cara memotret dengan kamera HP ini dilakukan untuk mengurangi gerakan kecil ketika memotret. Selain itu, untuk menjaga kestabilan sobat bisa menyenderkan punggung pada tembok atau dinding. Bahkan, bila perlu saat memotret, tahan nafas sesekali agar gerakan tubuh saat bernafas tak mengganggu fokus kamera handphone.

  1. Berikan Efek Filter yang Pas dan Sesuai Komposisi

Memang, filterisasi pada foto justru seringkali hasilnya kurang bagus namun jika hal ini dilakukan secara berlebihan. Akan tetapi, kawan-kawan hanya perlu memberikan efek filter sesuai porsinya dan ditujukan hanya untuk memperkuat kesan foto, bukan hanya sekedar untuk menghiasnya. Maka dari itu, filter foto itu perlu hanya jika memang dibutuhkan dan sesuai kebutuhan saja.

  1. Hindari Penggunaan App Foto Edit

Cara memotret dengan kamera HP ini sebenarnya tidak melarang, namun dalam hal ini disarankan menggunakan pemotretan bawaan handphone saja. Pasalnya, tak jarang justru app edit foto memberikan hasil yang kurang natural. Namun, bagi teman-teman yang menyukai gaya foto ekpresionis maka app edit foto pun bisa dijadikan sebagai media untuk mendapatkan hasil foto yang terkesan lebih kuat.

Cara Memotret Menggunakan Kamera Hp

Jika kita menilik beberapa cara memotret dengan kamera handphone di atas, sepertinya memang cukup mudah. Apalagi, saat ini sudah tersedia begitu banyak aplikasi foto dengan ragam fitur yang cukup fungsional. Hanya saja, dalam hal ini sangat disarankan menggunakan fitur kamera standar bawaan handphone agar nantinya hasil foto tampak lebih natural. Yupz, itulah tadi ulasan terkait dengan cara memotret dengan kamera hp. Semoga bisa memberikan manfaat dan sampai jumpa.