Tips Agar Foto Lebih Tajam dan Detail

Tips Agar Foto Lebih Tajam – Bagi fotografer pemula, tentu saja  harus tahu beberapa cara agar foto lebih tajam. Perlu diketahui bahwa foto yang tajam di sini artinya foto yang dihasilkan tampak lebih jelas, jernih, dan smooth sehingga enak dipandang. Maka dari itu, wajib bagi kawan-kawan yang ingin mendapatkan hasil foto maksimal untuk mengetahui beberapa tip agar foto lebih tajam. Apakah caranya sulit? Tidak juga kok. Pasalnya, tak perlu mengupgrade lensa atau kamera pun, foto tajam pun bisa dihasilkan dengan beberapa langkah sederhana saja. Lantas, kira-kira apa saja sih tips agar foto lebih tajam itu?

Tips Agar Foto Lebih Tajam

Terkait dengan beberapa tips agar foto lebih tajam, tampaknya memang sebuah tuntutan, apalagi bagi seorang fotografer. Mungkin, bagi sobat yang memiliki kamera dengan spesifikasi mumpuni, tentu dipastikan bakal mendapatkan hasil bidikan fotografi yang tajam dan memuaskan. Akan tetap, apa daya bagi kawan-kawan yang tak memiliki spesifikasi kamera mumpuni dipastikan akan kesulitan untuk mendapatkan hasil foto yang optimal. Namun, jangan pesimis dulu ya kawan. Pasalnya, tanpa menggunakan kamera canggih pun, teman-teman bisa menghasilkan foto yang sangat berkualitas, bahkan tak kalah juga dengan hasil bidikan dari kamera-kamera canggih yang harganya relatif mahal. Nah, tak perlu berlama-lama, mari kisa simak bersama tips agar foto lebih tajam berikut ini.

Tips Agar Foto Lebih Tajam Dan Detail

Cara Agar Foto Lebih Tajam

Berikut beberapa tips agar foto lebih tajam yang bisa kawan-kawan terapkan pada kamera yang berspesifikasi standar. Berikut ini langkah-langkahnya :

  1. Pegang Kamera dengan Posisi yang Tepat

Salah satu tips agar foto lebih tajam yang yaitu teknik memegang kamera. Meskipun terdengar sepele namun ternyata teknik memegang kamera ini sangat berpengaruh pada hasil foto yang kita bidik. Untuk cara memegang kamera yang benar, pertama sobat harus memegang kamera dengan kedua tangan dan kaki yang terbuka. Apabila ada dinding atau tembok di belakang, senderkan saja tubuh pada dinding tersebut. Bahkan, sangat disarankan untuk menahan nahan nafas sesaat sebelum hingga setelah shutter ditekan. Langkah ini dilakukan untuk mengurangi goyangan kecil pada tubuh sehingga keseimbangan pun terjaga dan kamera bisa fokus pada titik objek.

  1. Percepat Mode Shutter

Untuk mendapatkan hasil jepretan foto yang berkualitas dan tajam maka dalam cara agar foto lebih tajam ini jangan lupa untuk menggunakan Shutter Speed. Fitur ini memang disediakan sebagai pendukung untuk mendapatkan foto yang kian tajam. Untuk mendapatkan foto berkualitas, Gunakanlah shutter speed yang lebih cepat daripada panjang fokal lensa yang anda gunakan. Di sisi lain, untuk memencet tombol shutter ini usahakan secara perlahan. pencetlah kira-kira separuh jalan dulu tanpa jari anda lepas dari tombol untuk memberikan jeda waktu bagi mekanisme autofokus pada kamera guna menganalisis dan mengenali obyek foto, mencari titik fokus, dan baru kemudian mengunci fokus.

  1. Manfaatkan Tripod

Nah, tips agar foto lebih tajam pun bisa dengan menggunakan tripod. Memang, sepintas kurang praktis dan cukup merepotkan. Namun, demi mendapatkan hasil foto yang tajam dan maksimal maka keberadaan tripod juga cukup penting mengingat fungsinya yang cukup penting untuk membuat kamera jauh lebih stabil dan bebas getaran.

  1. Gunakan ISO Rendah

Seperti yang sudah diketahui oleh para fotografer, dengan menggunakan ISO pada titik rendah maka dipastikan akan menghasilkan foto yang cukup tajam. Usahakan ISO berada pada titik 100-600 dan hindari penggunaan ISO yang berada di atas titik 800 mengingat justru akan menimbulkan bintik-bintik kecil (noise) pada foto.

  1. Hindari Penggunaan Filter Lensa

Filter lensa justru akan menurunkan kualitas dari ketajaman foto yang diambil sehingga akan sangat berpengaruh pada hasil jepretan akhir. Jika memang tidak diperlukan, jangan menggunakan filter agar gambar lebih jernih.

Cara Agar Foto Lebih Tajam

Nah, itulah tadi beberapa tips agar foto lebih tajam yang telah kita bahas di atas. Oh ya, jangan lupa juga bahwa untuk mendapatkan hasil bidikan gambar yang maksimal, gunakan lensa dengan kualitas tinggi. Namun, bagi kawan-kawan yang berdana terbatas maka bisa menggunakan lensa kit. Meski kemmampuan lensa kit tak sebagus lensa yang berspesifikasi tinggi lainnya namun jika beberapa langkah di atas diterapkan maka hasil foto yang tajam dan jernih pun bakal bisa diperoleh. Demikian pembahasan mengenai cara agar foto lebih tajam. Semoga bisa bermanfaat.

Artikel Terkait
Kontak Kami
@upf9949s
082134184001
Alamat
Jln. Ringroad Selatan, Glugo, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta
Lihat lokasi di Google Maps