8 Cara Memotret yang Bagus

Cara Memotret yang Bagus – Dalam cara memotret yang bagus ini, pertama anda harus memahami bahwa menghasilkan hasil potretan yang bagus tidak hanya didukung dengan hanya menggunakan kamera yang bagus juga, namun faktor lokasi dan faktor keterampilan seseorang dalam menentukan lokasi pemotretan atau objek yang dipotret juga sangat penting. Bahkan, menggunakan kamera smartphone atau pocket dengan kualitas dibawah kamera DSLR juga bisa menghasilkan hasil potretan yang bagus dan baik. Lalu, bagaimana trik dan tips mengenai cara memotret yang bagus? Nah berikut DIYKamera bagi cara lengkapnya.

Cara Memotret Yang Bagus

Cara Memotret yang Bagus

Baiklah, cara memotret yang bagus kita mulai dari kamera. Kamera yang dibutuhkan untuk menghasilkan hasil potretan yang baik tidak harus menggunakan kamera yang mahal, kamera pocket, smartphone, DSLR, dan mirrorless bisa anda gunakan untuk menghasilkan gambar yang baik. Untuk menghasilkan gambar yang baik, khususnya bagi pemula, anda bisa memulainya dengan memperhatikan bagaimana menggunakan kamera dengan benar. Cara memotret yang bagus tidak hanya harus memahami fungsi kamera itu sendiri, namun memotret yang baik dan benar juga harus didukung secara teknis misalnya dengan cara memegang kamera nya itu sendiri. Oleh karena itu, sebelum membahas lebih lanjut mengenai memotret yang bagus, kami akan memberikan ulasan mengenai cara memegang kamera layaknya profesional.

  1. Memegang kamera dengan sikut menekan tubuh

Menggunakan kamera yang baik dengan variasi sikut menekan tubuh caranya tangan kiri anda memegang kamera sambil jari memegang grip zoom pada lensa sedangkan tangan kanan mengatur setting kamera. Sikut anda menekan tubuh. Memegang kamera dengan sikut menekan tubuh akan membuat kamera tetap stabil sehingga meminimalisir efek kabut atau blur pada hasil potretannya.

  1. Memegang kamera dengan membuat tumpuan lengan kiri

Neh cara memotret yang bagus kedua dari segi memegang kamera adalah jari telunjuk tangan kanan anda harus memegang shutter dengan tumpuan tangan kanan yang memegang kamera sedangkan tangan kiri dibuat secara horizontal untuk tumpuan lensa kamera agar stabil. Cara memegang kamera dengan membuat tumpuan lengan kiri biasanya digunakan untuk pemotretan landscape.

  1. Memegang kamera dengan tumpuan kedua sikut

Kebanyakan orang memegang kamera dengan cara tumpuan kedua sikut yang salah, cara yang sebenarnya adalah tangan kiri memegang lensa dan jari pada ulir lensa, kemudian tangan kanan memegang shutter. Mudah bukan?

Cara Memotret Yang Bagus Dan Indah

Cara memotret yang bagus diawali dengan bagaimana cara anda memegang kamera yang benar, sebenarnya ada banyak variasi untuk memegang kamera lainnya. Namun, ketiga cara memegang kamera diatas sudah termasuk dasar bagi pemula untuk menghasilkan gambar yang baik. Setelah anda paham cara memegang kamera yang benar, kini saatnya membahas mengenai cara memotret yang bagus. Berikut ini adalah trik dan tipsnya,

  1. Pengaturan format gambar

Nah dalam cara memotret yang bagus, sebelum mulai melakukan pemotretan anda harus memperhatikan pengaturan format gambar, setidaknya anda harus paham mengenai format RAW dan JPEG, anda juga harus paham mengenai resolusi. Semakin tinggi resolusi, kualitas gambar anda semakin bagus namun gambar dengan resolusi yang tinggi akan memakan memory card anda.

  1. Pengaturan Auto dan Manual

Bagi beberapa orang awam, biasanya ia menggunakan mode auto untuk menghasilkan hasil potretan yang bagus. Sebenarnya tidak apa-apa, namun dalam cara memotret yang bagus ini DIYKamera menyarankan pengaturan secara manual seperti ISO, shutter speed, dan aperture apabila anda memang sudah menguasainya. Mode manual akan mengasah kreatifitas anda dalam menggunakan kamera khususnya kamera DSLR dan mirrorless.

  1. Pengaturan white balance

Keseimbangan warna putih pada hasil potretan cukup akan berpengaruh pada hasil foto anda. Anda bisa mengatur white balance menjadi tungsten, cloudy, dan lain-lain. Jika tidak ingin ribet, anda juga bisa menggunakan mode auto pada pengaturan white balance.

  1. Image Stabilization

Dalam tutorial cara memotret yang bagus ini DIYKamera ingin menjelaskan mengenai image stabilization. Fungsi image stabilization dalam kamera DSLR yaitumenghasilkan gambar yang halus dan tajam meskipun lokasinya minim cahaya atau gelap, biasanya image stabilization digunakan pada indoor atau dalam ruangan.

  1. Preview Depth of Field

DOF atau depth of field adalah rentang jarak antara kamera DSLR terhadap objek foto yang akan menghasilkan ketajaman foto. Depth of field adalah tombol atau alat bantu yang memungkinkan kita dapat melihat perkiraan hasil yang terekam oleh kamera DSLR, oleh karena itu kita dapat menghasilkan gambar yang bagus, diperlukan keahlian dan ketrampilan dalam menggunakan depth of field preview.

Nah dengan mengetahui cara memotret yang bagus diatas anda akan semakin memahami bagaimana sih caranya membuat foto yang tajam dan tentunya indah untuk dipandang. Salam dari DIYKamera!