Cara Setting Custom White Balance dengan Mudah

Cara Setting Custom White BalanceBagi kawan-kawan fotografer pemula mungkin topik mengenai cara setting custom white balance akan menjadi hal yang cukup menarik untuk dibicarakan. Perlu diketahui white balance ini merupakan kemampuan kamera untuk menyesuaikan, membaca, dan mengatur temperatur warna berdasarkan cahaya yang diterima oleh sensor kamera sehingga warna asli dan warna hasil foto sama atau sesuai. Fungsi dari white balance ini sendiri adalah untuk membuat objek yang berwarna putih menjadi tampak putih seutuhnya. Untuk dapat melakukannya, tentu kawan-kawan perlu mengetahui cara setting custom white balance dengan benar.

Cara Setting Custom White Balance

Pada kesempatan kali ini, DIYKamera akan mengulas mengenai topik cara setting custom white balance secara lengkap. Pasalnya, setting custom white balance memang menjadi salah satu hal yang penting untuk diketahui fotografer pemula untuk dapat menghasilkan gambar yang lebih sempurna. Di mana, salah satu hal yang dapat dilakukan dengan custom white balance ini adalah ketika kamu membidik gambar dan menghasil foto yang terlihat kekuning-kuningan. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak ulasan secara lengkap mengenai cara setting custom white balance di bawah ini.

Cara Setting Manual White Balance

Cara Setting Custom White Balance

Ada beberapa cara setting custom white balance yang dapat dilakukan, salah satunya adalah dengan Preset White Balance yang terdapat di Kamera, berikut penjelasanya secara lengkap:

  1. Incandescent

Cara setting custom white balance dengan menggunakan Incandescent ini kamu dapat menambahkan nuansa kebiru-biruan ketika membidik objek yang berada di luar ruangan dan dapat menetralkan warna ketika kamu memotret di dalam ruangan dengan sumber pencahayaan dari bohlam.

  1. Standard Flourescent

Cara setting custom white balance yang selanjutnya adalah dengan menggunakan preset standard flourescent. Di mana, preset ini akan menghasilkan nuansa ungu yang lembut ketika digunakan untuk membidik gambar di luar ruangan. Selain itu, preset ini juga akan menetralkan warna jika digunakan di dalam ruangan dengan pencahayaan lampu neon.

  1. Direct Sunlight

Selain kedua preset di atas, cara setting custom white balance juga dapat menggunakan preset yang juga dikenal dengan nama “Daylight”. Di mana, preset ini juga akan memberikan penetralan cahaya yang berlebihan dari matahari dan memang ditujukan untuk memotret di luar ruangan.

  1. Flash

Cara setting custom white balance yang satu ini dapat kamu gunakan saat kamu menggunakan flash untuk memotret. Pasalnya, terkadang hasil jepretan yang menggunakan flash akan terlihat tidak natural karena warna flash yang terkadang tidak terlalu baik. Untuk itu dengan menggunakan Preset WB Flash ini dapat membantu mengembalikan warna asli dari objek tersebut.

  1. Cloudly

Sesuai dengan namanya, cara setting custom white balance dengan preset ini dapat kawan-kawan gunakan ketika kawan menjepret sebuah objek ketika cuaca sedang berawan.

  1. Shade

Ketika kamu memotret di dalam bayangan sebuah objek, maka kamu harus menggunakan preset ini. Cara setting custom white balance yang satu ini juga padat digunakan di dalam ruangan pada waktu siang hari.

Perlu diketahui, bahwa setiap kamera memberikan hasil berbeda pada efek WB ini sehingga kamu dapat mencobanya untuk mengetahui lebih pasti. Di sisi lain, selain menggunakan cara setting custom white balance di atas, untuk dapat mengatur white balance kawan-kawan juga bisa mengaturnya dengan cara manual. Berikut ini DIYKamera akan berikan penjelasan cara mengatur white balance pada kamera Nikon D3100:

  1. Langkah pertama dari cara setting custom white balance pada kamera Nikon D3100 adalah ubah pengaturan WB kamera kamu ke custom di menu White Balance, lalu pilih PRE / Preset Manual yang berada di urutan paling bawah.
  2. Selanjutnya pilih menu “Measure”, dan kemudian akan muncul tulisan “overwrite existing data?”, pilih “No”.
  3. Jika langkah 1 dan 2 dari cara setting custom white balance pada kamera Nikon D3100 ini telah selesai, cobalah untuk membidik objek ditempat penyinaran yang cukup.

Bagaimana Cara Setting Custom White Balance Kamera Dslr

Nah, demikian beberapa penjelasan mengenai cara setting custom white balance baik dengan menggunakan preset maupun secara manual. Tentunya beberapa cara di atas dapat kawan gunakan untuk membuat hasil gambar lebih seimbang terutama ketika kawan-kawan mengambil gambar objek di keadaan tertentu seperti dalam keadaan mendung dan lain-lain. Semoga beberapa cara setting custom white balance yang DIYKamera sampaikan di atas bisa bermanfaat dan selamat mencoba!!