Tips Foto Zoom Blur atau Zoom Burst

Tips Foto Zoom Blur atau Zoom BurstDalam aktivitas fotografi, tak dapat menampik bahwa tips foto zoom blur atau zoom burst cukup penting diketahui. Hal ini tidak lepas dari keinginan menghasilkan sebuah efek foto zoom burst atau zoom blur untuk membuat subyek serasa bergerak atau menjadikan hasil foto lebih istimewa. Sebenarnya cara untuk melakukan foto zoom blur ini cukup simpel karena kita hanya memutar ring pada lensa sambil mengambil exposure. Namun demikian, untuk dapat menghasilkan foto zoom brust yang bagus, tentu kawan-kawan harus menggunakan beberapa tips foto zoom blur atau zoom burst.

Tips Foto Zoom Blur Atau Zoom Burst

Tips Foto Zoom Blur Atau Zoom Burst

Meskipun cukup simpel untuk dilakukan, tetapi untuk mendapatkan efek foto zoom burst atau zoom blur ini juga membutuhkan peralatan dan tips foto zoom blur atau zoom burst. Salah satunya adalah, untuk dapat menghasilkan efek tersebut, maka kamu harus menggunakan lensa zoom dan kamera, serta kamu juga dapat memilih background yang memiliki kontras dan variasi warna untuk menghasilkan efek yang lebih baik. Jangan lupa, untuk mendapatkan hasil efek zoom blur yang sempurna, tentunya tips foto zoom blur atau zoom burst yang bagus kamu juga membutuhkan kesabaran.

Cara Memotret Zoom Blur

Kedua, jika kamu ingin mendapatkan efek gerakan, tips foto zoom blur atau zoom burst yang harus diperhatikan adalah kecepatan gerakan tangan saat mengubah panjang fokus disaat kamera memotret. Kamu dapat memotret dengan shutter speed yang lebih rendah dibandingkan biasanya. Biasanya rentang yang dapat kita jangkau dengan tangan yaitu antara ¼ hingga 1/10 detik, kita dapat mencoba shutter lebih lambat asal memiliki tripod. Tips foto zoom blur atau zoom burst yang selanjutnya adalah set kamera di shutter priority (Tv atau S). Apabila kamu belum puas dengan hasil bidikan kamu, kamu dapat mencoba beberapa setting yang berbeda.

Ketiga, kamu dapat menetapkan sebuah subjek sebagai titik fokus di tengah frame sebagai percobaan, kemudian di zoom sampai full terdekat. Pada tips foto zoom blur atau zoom burst bagian ini, ketajaman gambar relatif lebih baik dari bagian lain untuk menjadi point of interest (POI) nya. Kamu juga dapat menggunakan manual fokus atau menambahkan back button focusing. Tak hanya itu, kamu juga dapat membidik di area minim cahaya dengan shutter speed tidak lebih dari 1/30s.

Tips foto zoom blur atau zoom burst lain yang cukup penting yakni, tempatkanlah lensa pada posisi zoom terpanjang dan tempatkan subjek utama di tengah frame. Ketika tangan kanan menekan tombol shutter, putarlah ring zoom sehingga focal length lensa menjadi pendek.  Sebagai awal latihan, kamu dapat menggerakkan ring zoom secara lembut. Selain itu, kamu juga tak perlu harus memutar ring sampai habis. Pada latihan atau percobaan selanjutnya, kamu dapat mulai menggerakkan ring dengan cepat. Selain itu, tips foto zoom blur atau zoom burst lainnya adalah jika kamu memiliki tripod, alangkah baiknya jika kamu menggunakan tripod tersebut untuk menstabilkan bagian tajam foto sehingga garis yang blur bentuknya masih lurus.

Secara singkatnya, tips foto zoom blur atau zoom burst adalah sebagai berikut :

  1. Fokuskan obyek tepat di tengah lalu zoom lah gambar tersebut sampai full dekat
  2. Ketika kamu menekan tombol shoot, putar ring dari zoom ke zoom out atau menjauh
  3. Gunakanlah manual fokus untuk lebih aman terhadap lensa
  4. Pilih shutter speed rendah, misal 1/10s dan difragmanya dapat kamu sesuaikan
  5. Seperti DIYKamera katakan di tips foto zoom blur atau zoom burst atas, gunakanlah tripod untuk menjaga fokus agar maksimal dan dapat menjaga kestabilan ketika kamu sedang membidik gambar
  6. Kamu juga dapat memilih background yang memiliki kontras dn banyak warna untuk memperoleh kesan zooming yang menarik.

Tips Memotret Zoom Blur

Untuk dapat menghasilkan efek zoom blur atau zoom burst yang sempurna dan menarik, pastinya kamu harus mencoba tips foto zoom blur atau zoom burst tersebut berkali-kali. Semakin banyak kamu mencoba, maka kamu akan sedikit demi sedikit memahami karakterikstik dari speed kamera yang kamu pakai. Dengan beberapa tips yang DIYKamera sampaikan setidaknya kawan-kawan kini mengetahui bagaimana untuk membuat foto blur yang bagus. Meskipun untuk dapat mengetahuinya secara langsung kawan harus mempraktekan tips foto zoom blur atau zoom burst tersebut. Selamat mencoba!!

Artikel Terkait
Kontak Kami
@upf9949s
082134184001
Alamat
Jln. Ringroad Selatan, Glugo, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta
Lihat lokasi di Google Maps