Batas Maksimum SC (Shutter Count) pada Kamera DSLR

Batas Maksimum SC (Shutter Count) pada Kamera DSLR – Tentu, bagi sobat yang baru mendalami dunia fotografi, pastinya ingin tahu kan berapa sih batas maksimum SC (Shutter Count) pada kamera DSLR itu? Nah selain kita wajib tahu cara mengecek jumlah keseluruhan SC, tentu kita juga harus pahami jumlah maksimal Shutter Count di kamera DSLR juga. Bukan tanpa alasan hal ini menjadi salah satu pengetahuan wajib fotografer, mengingat batas maksimum SC (Shutter Count) pada kamera DSLR beberapa merk merupakan salah satu faktor yang digunakan untuk memperkirakan atau mengukur masa guna atau fungsi dari sebuah kamera digital. Bagaimana pun, kamera adalah alat digital dan elektrik yang dapat rusak sewaktu-waktu. Masa hidup atau penggunaan sebuah kamera salah satunya ditentukan oleh jumlah shutter count. Lalu, kira-kira berapa sih batas maksimum SC (Shutter Count) pada kamera DSLR?

Batas Maksimum SC (Shutter Count) Pada Kamera DSLR Pentingnya mengetahui batas maksimum SC (Shutter Count) pada kamera DSLR ini tentu didasari oleh hitungan seberapa banyak penjepretan atau mekanik pengambilan gambar pada kamera DSLR yang digunakan. Selain itu, SC atau tombol bidik merupakan salah satu komponen penting yang akan bergerak naik turun ketika tombol “jepret” ditekan. Tak hanya itu saja, cepat atau lambat, seluruh komponen tersebut akan aus atau berhenti berfungsi. Artinya, pada saat kamera sudah mencapai batas maksimum SC (Shutter Count) pada kamera DSLR tersebut, maka ada dua pilihan bagi pemiliknya, kalau tidak membeli kamera baru ya tentunya harus mengganti komponen mekanik tertentu pada kamera. Hal ini tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Pasalnya, untuk mengganti komponen ataupun kamera DSLR itu sendiri memerlukan dana yang cukup besar. Oleh sebab itu, untuk mengetahui berapa batas maksimum SC (Shutter Count) pada kamera DSLR, berikut di bawah ini DIYKamera akan jelaskan secara lebih detail dan terperinci.

Batas Maksimum SC Kamera Nikon

Batas Maksimum SC (Shutter Count) pada Kamera DSLR

Untuk mengetahui batas maksimum SC (Shutter Count) pada kamera DSLR, berikut DIYKamera berikan daftar list batas SC dari kamera Canon dan Nikon. Antara lain sebagai berikut :

  1. Batas Maksimum SC Kamera Canon

Nah, khusus batas maksimum SC kamera Canon, ada banyak sekali dan semuanya tergantung dengan merk. Namun, secara keseluruhan, batas maksimum SC (Shutter Count) pada kamera DSLR merk Canon ini paling rendah berada di angka 50.000 cycles untuk tipe EOS Rebel XTi / 400D, EOS Rebel XT / 350D, dan EOS 20D. Sedangkan untuk batas 100.000 – 200.000 cycles umumnya pada kamera DSLR Canon tipe EOS Rebel T1i / 500D, EOS Rebel XSi / 450D, EOS Rebel XS / 1000D, Canon EOS 60D, 50D, 40D, 30D, EOS 7D dan 6D, EOS 5D Mark III dan EOS Mark  II serta yang terakhir pada tipe Canon EOS 1D Mark II N. Sementara itu untuk batas maksimum SC (Shutter Count) pada kamera DSLR Canon tertinggi, yaitu pada tipe EOS 1D X, EOS 1D Mark IV, Mark III, EOS 1DS Mark III.

  1. Batas Maksimum SC Kamera Nikon

Sedikit berbeda dengan merk Canon, untuk batas maksimum SC kamera Nikon ini dihitung dengan rata-rata shutter masih hidup di ambang batas dan rata-rata shutter mati atau sudah tak berfungsi. Artinya, batas maksimum SC (Shutter Count) pada kamera DSLR merk Nikon ini bisa dibilang relatif mengingat setiap tipe memiliki batas antara 50.000 sampai 400.000 cycles. Semua tergantung dengan pemakaian.

Batas Maksimum SC (Shutter Count) Pada Kamera DSLR

Mengulik batas maksimum SC (Shutter Count) pada kamera DSLR khusus kamera Canon dan Nikon di atas, tampaknya memang setiap merk dan tipe memiliki batas shutter count yang berbeda-beda. Tentu, semuanya tergantung dari kualitas dan harganya. Umumnya, semakin mahal maka ukuran batas maksimal SC pun juga semakin tinggi pula. Tentu saja, dengan mengetahui batas maksimum SC (Shutter Count) pada kamera DSLR di atas, kawan-kawan akan lebih bijak dalam menggunakan kamera DSLR.