Kenapa Penting Melakukan Social Media Management?

Apa Itu Social Media Management?

Dari namanya saja sudah “management” jadi pasti sudah tergambar maksud dari Social Media Management adalah mengelola akun social media dengan terkonsep dan terplanning. Bagaimana pola konten yang cocok untuk target market dan followers akun tersebut. Bagaimana agar tingkat impresi dan reach dapat terus meningkat. Semua itu perlu dimanagement sedemikian rupa agar sesuai dengan harapan.

Pentingnya Social Media Management

Kenapa Penting Melakukan Social Media Management?

Bila Anda pelaku bisnis/usaha pasti paham betapa pentingnya melakukan pengelolaan media sosial secara terkonsep dan terplanning. Apalagi jika bisnis anda menargetkan konsumen anak muda, pelajar, dan mahasiswa. Tentu keberadaan social media yang eksis sangatlah krusial. Lalu, apa saja alasan pentingnya melakukan social media management?

1. Meningkatkan brand awarennes bisnis

Saat ini 72% masyarakat mencari informasi dulu di internet sebelum akhirnya membeli suatu produk/jasa.” (Google Indonesia, 2017). Inilah salah satu alasan bahwa social media tak boleh terlewat apabila Anda pelaku bisnis.

2. Memiliki media praktis untuk berita dan promosi

Apabila Anda mempunyai berita baru, produk baru, atau update harga, maka dapat dengan mudah membagikan hal-hal tersebut kepada publik dengan social media. Promo-promo yang Anda gencarkan pun akan lebih booming dengan adanya social media.

3. Meningkatkan Penjualan

Dengan adanya social media sebagai sarana praktis untuk melakukan promosi, maka ini akan berpengaruh pada naiknya penjualan. Lead konsumen yang menghubungi Anda juga bisa berasal dari social media.

4. Menunjukkan eksistensi dan kredibilitas

Tidak jarang orang-orang yang ingin memakai jasa/produk Anda akan mencari informasi mengenai bisnis Anda lewat media-media yang mudah diakses, seperti website, youtube, instagram dan facebook. Nah, jika social media Anda dikelola dengan baik dan profesional, calon pelanggan pun akan lebih yakin dengan kredibilitas bisnis Anda.

5. Merawat interaksi kepada pelanggan

Bila bisnis Anda sudah sudah berlangsung lumayan lama, pasti sudah memiliki pelanggan-pelanggan setia. Nah pelanggan-pelanggan ini butuh kita rawat interaksinya agar tetap loyal dan setia. Salah satu caranya yaitu dengan melalui social media.