Cara Memahami Mode Program Kamera DSLR dengan Mudah

Memahami Mode Program Kamera DSLR ā€“ Tampaknya, memahami mode program kamera DSLR memang menjadi sebuah hal yang patut untuk diketahui oleh para fotografer, terutama bagi teman-teman yang masih pemula dalam dunia fotografi. Bukan tanpa alasan mengingat program mode atau mode program yang umumnya disimbolkan dengan huruf ā€œPā€ pada kamera DSLR ini sangat membantu fotografer dalam memilih ISO dan kamera yang nantinya akan menentukan nilai aperture dan shutter speed. Tentu saja, karena memiliki peranan dan fungsi penting maka memahami mode program kamera DSLR merupakan suatu hal yang mutlak diketahui dan dipahami. Apalagi, mode program dan mode auto memiliki perbedaan di mana mode program yang akan kita bahas kali ini memiliki kontrol penuh atas kamera sedangkan untuk mode auto kameranya sendiri yang menentukan pengaturannya. Maka dari itu, cukup penting bagi teman-teman yang mendalami dunia fotografi ini untuk memahami mode program kamera DSLR.

Memahami Mode Program Kamera DSLR

Di samping itu, dalam memahami mode program kamera DSLR pun juga tak sembarangan mengingat setia mode memiliki fungsi tersendiri dan tak bisa digunakan dengan asal. Oleh sebab itu, selain penting untuk diketahui, penggunaan mode program pada kamera DSLR ini pun juga nantinya akan sangat berpengaruh pada hasil foto yang akan kita bidik. Dengan kata lain, mode program ini merupakan salah satu fungsi dari fitur yang ditawarkan kamera DSLR dalam menunjang aktivitas fotografi. Nah, untuk mengetahui dan memahami mode program kamera DSLR ini, berikut di bawah ini DIYKamera akan jelaskan secara lengkap agar kawan-kawan mudah memahami mode program yang ada pada kamera DSLR di bawah ini. Yuk, kita simak bersama-sama!

Mengenal Mode Pada Kamera Dslr

Memahami Mode Program Kamera DSLR

Perlu diketahui bahwa dalam memahami mode program kamera DSLR yang akan kita bahas satu ini, ada beberapa istilah yang sangat penting untuk diketahui. Beberapa di antaranya yaitu :

  1. Ada satu istilah dalam memahami mode program kamera DSLR, ada satu program menu, yakni Program Shift. Di mana, melalui program ini, teman-teman bisa mengatur nilai dari aperture maupun shutter speed yang nantinya akan ditentukan oleh kamera di bagan belakang menggunakan Program Shift ini. Selain itu, kawan-kawan nantinya hanya akan cukup dengan memutar tombol putar dial yang terletak pada bagian belakang kamera sehingga nantinya akan mengubah nilai aperture dan shutter speed. Saat anda mengendaki depth of field yang sempit kawan bisa memutar fitur berupa command dial yang berfungsi untuk melakukan perubahan pada nilai aperture.
  2. Selanjutnya, dalam memahami mode program kamera DSLR, hal yang perlu diketahui yakni ISO Priority di mana kali ini ISO dan kamera akan menentukan parameter lain. Bukan tanpa alasan sebab pada kamera DSLR, setidaknya ada segitiga exposure teridiri dari ISO, Shutter Speed dan Aperture. Sehingga, kaitannya dengan mode program ini, maka kamera DSLR akan menentukan shutter speed dan aperture. Selain itu, dalam hal ini pun mode program lampu kilat (flash) juga harus diaktifkan secara manual.
  3. Berikutnya, dalam memahami mode program kamera DSLR, teman-teman juga harus tahu kapan waktu yang tepat menggunakan mode program ini. Hal ini dikarenakan setiap obyek dari foto yang akan diambil memiliki beberapa faktor yang saling berpengaruh, seperti bentuk obyek, pencahayaan, sampai pada jarak kamera dengan foto. Selain itu, umumnya mode program pada kamera DSLR ini digunakan untuk menjepret atau memotret foto standar yang nantinya akan ditentukan oleh shutter speed yang sangat cepat guna mencegah adanya blur dan Depth of Field yang pas.

Mode Kamera Dslr Canon 700d

Nah, kiranya itulah hal-hal yang perlu diketahui dalam memahami mode program kamera DSLR. Namun di sisi lain, perlu untuk diketahui juga bahwa terkait dengan waktu yang pas dalam menggunakan mode program, perlu untuk dipahami juga pada saat sobat tak menggunakan pengaturan auto maka gunakan saja program shift untuk melakukan perubahan pengaturan secara manual. Selain itu, teman-teman juga bisa menaikkan ISO supaya kamera bisa memilih tingkat aperture yang lebih kecil. Sampai di sini dulu ya kawan pembahasan kita kali ini. Semoga dengan memahami mode program kamera DSLR di atas, teman-teman bisa menjadi fotografer yang lebih handal dan profesional.