Mode Eksposure Pada Kamera DSLR dan Mirrorless

Mode Eksposure Pada Kamera DSLR dan Mirrorless – Dalam aktivitas fotografi, tentu saja penggunaan mode eksposure pada kamera DSLR dan Mirrorless menjadi topik yang patut untuk dipahami. Pasalnya, mode eksposure pada kamera merupakan salah satu opsi yang memang disediakan untuk memotret. Sehingga, bisa dikatakan bahwa mode eksposure pada kamera DSLR dan Mirrorless ini merupakan mode pemotretan yang cara kerjanya menentukan kualitas pencahayaan pada hasil foto gambar atau yang sesuai dengan kebutuhan kamera saat mengambil gambar. Karena sangat berkaitan erat dengan hasil foto maka memahami pengoperasian dari mode eksposure pada kamera DSLR dan Mirrorless menjadi hal yang patut untuk dipelajari, apalagi bagi para fotografer pemula yang masih awam.Mode Eksposuree Pada Kamera DSLR Dan Mirrorless

Pada ulasan mengenai bagaimana penggunaan mode eksposure pada kamera DSLR dan Mirrorless, tampaknya perlu untuk diketahui dulu terkait tentang apa itu eksposure., Perlu dipahami bahwa eksposure sendiri merupakan aktivitas fotografi yang dibentuk atas 3 elemen, yaitu Shutter Speed, Aperture, dan ISO yang ketiganya saling bekerja sama. Dengan kata lain, mode eksposure pada kamera DSLR dan Mirrorless dibentuk berdasarkan atas 3 elemen di atas sehingga kawan-kawan yang ingin mendalami dunia fotografi dituntut untuk memahami dasar kerja dari ketiga elemen di atas. Karena tak semua orang tahu cara mengatur eksposure secara manual maka pada kamera DSLR maupun Mirrorless pun telah menyediakan mode eksposure auto dengan 5 mode eksposure utama, yakni Auto, P, S, A, M. Masih bingung ya kawan? Tenang, simak saja dasar kerja dan penggunaan dari mode eksposure pada kamera DSLR dan Mirrorless pada segmen-segmen di bawah ini!

Mode Eksposuree Pada Kamera DSLR

Mode Eksposure pada kamera DSLR dan Mirrorless

Nah, berikut ini kita akan bahas mengenai penjelasan terkait mode eksposure pada kamera DSLR dan Mirrorless, antara lain sebagai berikut :

  1. Mode Auto

Pilihan mode auto di mode eksposure pada kamera DSLR dan Mirrorless ini merupakan program yang memegang kendali penuh atas pengaturan dari inti kamera, termasuk juga pengaturan eksposure auto serta beberapa setting lainnya. Dengan serba auto maka mode ini sangat cocok dan praktis untuk digunakan bagi para fotografer pemula mengingat pilihan auto dari mode eksposure pada kamera DSLR dan Mirrorless ini semudah menggunakan kamera ponsel.

  1. Mode P = Program

Selanjutnya, dalam mode eksposure pada kamera DSLR dan Mirrorless juga ada mode P atau Program Yang mana pada dasarnya mode programnya bekerja secara auto. Namun, hanya saja fotpgrafernya masih diberi akses untuk menentukan pengaturan salah satu elemen segitiga eksposuree yaitu pengaturan ISO.

  1. Mode S = Shutter priority

Di sisi lain, dalam mode eksposure pada kamera DSLR dan Mirrorless pun juga terdapat mode S atau Shutter Priority. Di mana, pilihan mode ini lebih berfokus pada pengaturan shutter speed yang ditentukan secara auto serta penyesuaiannya diatur melalui nilai dari shutter speed dan nilai ISO yang digunakan. Dengan kata lain, mode eksposure pada kamera DSLR dan Mirrorless ini lebih kepada nilai shutter speed dan ISO yang bisa disesuaikan.

  1. Mode A = Aperture Priority

Selanjutnya, ada juga mode A yang merupakan mode Aperture Priority di mana khusus kamera Canon ditulis dengan simbol Av. Cara kerja dari salah satu mode eksposure pada kamera DSLR dan Mirrorless yang satu ioni mirip dengan mode shutter priory yang hanya perlu untuk mengatur aperture dan ISO guna membentuk eksposure, sedangkan untuk pengaturan shutter speed ditentukan oleh program.

  1. Mode M = Manual Eksposuree

Mode eksposure pada kamera DSLR dan Mirrorless selanjutnya yakni manual eksposure yang mana pada mode ini sang fotografer memegang kendali penuh atas semya pengaturan seluruh kamera. Dengan kata lain, mode ini kebalikan dari mode auto. Manual eksposure yang satu ini akan menghasilkan foto yang sesuai dengan pengaturan yang kawan inginkan. Tentu, mode eksposure pada kamera DSLR dan Mirrorless ini sangat berfungsi ketika mode auto tak bisa menyelesaikan masalah pada saat kondisi tertentu.

Mode Eksposuree Pada Mirrorless

Melihat mode eksposure pada kamera DSLR dan Mirrorless di atas, tampaknya ada 5 mode pengaturan yang memang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Namun, dari kelima mode eksposure tersebut, khusus bagi pemula DIYKamera sarankan menggunakan mode auto terlebih dahulu di mana program bawaan kamera yang memegang kendali atas seluruh pengaturan. Tetapi, tak salah juga selama proses berlangsung, mode manual eksposure bisa menjadi pilihan. Nah, semoga informasi mengenai beberapa mode eksposure pada kamera DSLR dan Mirrorless di atas bisa menjadi referensi yang bermanfaat.