Cara Menggunakan Teknik Back Button Focus di Kamera DSLR

Cara Menggunakan Teknik Back Button Focus di Kamera DSLR – Mau tahu bagaimana cara menggunakan teknik back button focus di kamera DSLR? Jangan khawatir, pada ulasan kali ini DIYKamera akan membahas topik tersebut secara rinci dan detail. Namun, sebelum kita jauh membahas cara menggunakan teknik back button focus di kamera DSLR perlu untuk kawan kenali dulu bahwa teknik ini umumnya digunakan oleh para fotografer profesional dengan memanfaatkan tombol AF-ON saat akan mengunci fokus. Jadi, tak hanya memencet tombol shutter separuh saja seperti kebanyakan fotografer awam. Lantas kira-kira bagaimana ya cara menggunakan teknik back button focus di kamera DSLR itu?

Cara Menggunakan Teknik Back Button Focus Di Kamera DSLR

Dalam penerapan cara menggunakan teknik back button focus di kamera DSLR, tentu akan sangat bermanfaat ketika kita menggunakan mode autofocus continuous atau tracking objek bergerak bahkan saat kita melakukan recompose. Selain itu, teknik back button ini pun juga sangat membantu ketika memotret anak-anak kecil yang terus bergerak atau ketika kamera “bingung” memilih fokus, dan pada saat kita menginginkan foto yang sangat tajam. Maka tak heran jika kebanyakan fotografer profesional banyak menerapkan cara menggunakan teknik back button focus di kamera DSLR ini untuk mengunci fokus yaitu dengan memanfaatkan tombol AF-ON yang lebih terfokus memanfaatkan tombol yang berada di belakang. Nah, untuk mengetahuinya lebih jelas, mari kita simak ulasan lengkap yang akan DIYKamera sampaikan mengena cara menggunakan teknik back button focus di kamera DSLR di bawah ini.

Back Button Focusing Di Kamera Dslr

Cara Menggunakan Teknik Back Button Focus di Kamera DSLR

Pada dasarnya, cara menggunakan teknik back button focus di kamera DSLR tiap kamera berbeda-beda. Berikut ini DIYKamera berikan contoh penggunaan teknik tersebut pada kamera Canon dan Nikkon.

  1. Cara Menggunakan Teknik Back Button Focus di Kamera DSLR Canon

Pertama, pada cara menggunakan teknik back button focus di kamera DSLR yang akan kita bahas yakni pada merk Canon. Sebelumnya, perlu dipahami bahwa umumnya, untuk kamera high-end Canon seperti 5D mark III , 6D atau 7D mark II tombol AF-On sudah tersedia. Untuk mengaktifkan teknik back button focus secara penuh, caranya masuk ke menu – Custom Function 2 – Custom Control. Sampai pada Custom Control, ubahlah fungsi tombol shutter dari Metering & AF Start ke Metering Only.

Selain itu, cara menggunakan teknik back button focus di kamera DSLR yang belum ada tombol AF-ON, kita bisa memanfaatkan tombol asterik (*) atau tombol AE-L untuk menjadi tombol AF-ON. Caranya, posisikan roda mode operasi pada salah satu PSAM – tekan tombol menu dan gunakan Main Dial untuk memilih menu Custom Control – Shutter/AE Lock Button. Perlu diketahui bahwa tombol Shutter/AE-Lock tersebut dijadikan sebagai Metering Start/Meter + AF Start.

  1. Cara Menggunakan Teknik Back Button Focus di Kamera DSLR Nikon

Selanjutnya, kita akan bahas bagaimana cara menggunakan teknik back button focus di kamera DSLR pada kamera yang bermerk Nikon. Nah, pada beberapa kamera Nikon yang sudah disediakan tombol AF-On di belakang, caranya cukup mudah. Masuk saja ke Menu – Custom Setting Menu (ikon pensil) – autofocus. Sampai pada menu ini, cari pilihan mode AF activation lalu pilih AF-On. Setelah itu, tekan OK untuk mengaktifkannya. Langkah ini diterapkan untuk membuat tombol shutter di kamera hanya bertugas untuk memotret foto, sedangkan di sisi lain untuk tugas mengunci titik fokus diserahkan ke tombol AF-On.

Sementara itu di sisi lain, pada kamera Nikon yang belum ada tombol AF-On, cara menggunakan teknik back button focus di kamera DSLR ini yakni masuk ke menu – Custom Settings – Controls. Plihlah menu Assign AE-L/AF-L Button – geser ke sektor bawah pada mode AF-On – OK. Nah, sampai pada langkah ini, sekarang tombol AE-L/AF-L yang terletak di belakang sudah berubah fungsi menjadi mode AF-On sehingga bisa digunakan untuk menunjang teknik back button focus.

Back Button Focus Di Kamera DSLR

Dari kedua cara menggunakan teknik back button focus di kamera DSLR di atas, DIYKamera yakin dan optimis bahwa kawan-kawan bisa menerapkan teknik ala fotografer profesional ini dengan benar. Bukan tanpa alasan mengingat jika memang benar teman-teman berniat untuk belajar mendalami teknik fotografi maka bukan tak mungkin teknik yang cukup sulit ini bisa kawan-kawan kuasai. Sekian ulasan mengenai cara menggunakan teknik back button focus di kamera DSLR. Selamat mencoba kawan.