Memahami Exposure Compensation dan Cara Settingnya

Memahami Exposure Compensation dan Cara Settingnya – Memahami exposure compensation dan cara setting Exposure Compensation menjadi hal yang penting untuk diketahui pecinta fotografi khususnya pemula. Dalam pengambilan objek gambar seringkali kita melakukan kesalahan karena kurangnya pengetahuan dalam mensetting kamera sebelum digunakan. Salah satunya adalah kesalahan dalam mengambil gambar di tempat yang gelap, dampaknya gambar akan didominasi dengan warna gelap. Untuk itulah memahami exposure compensation dan cara setting Exposure Compensation akan sangat berguna bagi kawan-kawan dalam menghasilkan gambar yang seimbang. Pasalnya, selain kesalahan dalam mengambil gambar di tempat yang gelap, tidak jarang pengaturan penerangan yang salah akan terlihat lebih ke abu-abu sehingga gambar terlihat under over exposure begitupun sebaliknya ketika objek yang dibidik didominasi warna putih maka ketika diterangkan akan berwarna abu-abu sehingga tampilan menjadi under exposure. Untuk mengatasinya, kamu perlu memahami exposure compensation dan cara setting Exposure Compensation.

Memahami Exposure Compensation

Sebelum menjelaskan mengenai memahami exposure compensation dan cara setting Exposure Compensation, perlu diketahui bahwa fitur Exposure Compensation ini hanya bisa kamu gunakan pada saat mode program, shutter atau sperture priority dan tidak bisa bekerja pada mode auto. Exposure Compensation sendiri merupakan fitur yang berada pada kamera yang difungsikan sebagai pengaturan gelap atau terang pada suatu gambar yang kita potret. Memahami exposure compensation dan cara setting Exposure Compensation ini akan memudahkan dalam pengambilan gambar. Pasalnya, penggunaan fitur pada kamera ini akan sangat memudahkan kamu yang memiliki sasaran gambar yang didominasi dengan warna hitam atau putih. Manfaat Exposure Compensation juga bisa digunakan untuk mengambil gambar agar lebih terlihat epik dan terkesan arstistik. Sehingga memahami exposure compensation dan cara setting Exposure Compensation  memang memiliki manfaat yang cukup besar.

Cara Setting Exposure Compensation Pada Kamera Canon 60D

Cara Setting Exposure Compensation

Berikut cara setting Exposure Compensation pada beberapa jenis kamera:

Cara setting Exposure Compensation Pada Kamera Canon 60D

  1. Untuk pengaturan Exposure Compensation gunakan jempol untuk memutar quick contol kekiri atau kekanan dan lihat pada panel LCDnya
  2. Untuk arah kiri digunakan untuk mengatur underexposure pada foto sehingga lebih terlihat gelap sedangkan arah kekanan digunakan untuk overexposure jadi gambar akan kembali terlihat lebih putih.
  3. Kamu juga bisa memanfaatkan layar LCD dengan fitur Quick Control Screen, dengan menggesernya menggunakan tombol kanan atau kiri pada fitur kamera Canon tersebut.

Cara Setting Exposure Compensation Pada Kamera Nikon D7000

  1. Fitur Exposure Compenasation (EV +/-) biasanya terletak pada bagian kiri bawah dari tombol shutter.
  2. Tekan Exposure Compensation kemudian gunakan jempol kamu untuk memutar roda command dial yang berada di belakang kamera ke arah kiri atau ke Seperti halnya dengan Canon, arah kiri digunakan untuk hasil under exposure sedangkan kanan digunakan untuk hasil over exposure.
  3. Lihat pada panel LCD nikon kamu, setiap kamu memutar roda command dial sembari liat pada lCD dan lihat hasilnya. Sesuaikan dengan hasil yang ingin kamu dapatkan dengan cara exposure Compensation tersebut.

Cara Setting Exposure Compensation Pada Kamera Nikon D7000

Apabila kamu merasa tidak nyaman dan yakin dengan cara setting Exposure Compensation matering pada kamera, kamu bisa menggunakan cara lain jika menginginkan hasil exposure yang lebih banyak yaitu menggunakan fitur Ev bracketing. Dengan fitur tersebut, kamera akan mengambil tiga gambar sekaligus dengan exposure yang berbeda, dari ketiga gambar tersebut kamu bisa memilih gambar yang sesuai dengan keinginan kamu. Untuk mendapatkan hasil gambar dengan exposure yang tepat, memang dipengaruhi dengan kemampuan fotografer dalam memahami exposure compensation dan cara setting Exposure Compensation. Sebab tidak ada standar yang baku untuk menggunakan Exposure Compensation jika digunakan untuk mendapatkan gelap/terang pada gambar. Semua kembali kepada selera fotografer. Sebaiknya selalu manfaatkan kondisi pencahayaan setidaknya ketahui dengan benar waktu cahaya matahari yang tepat untuk mendapatkan hasil yang pas baik ketika waktu pagi ataupun di saat sore agar cahaya tidak terlalu terang dan gelap ketika melakukan pemotretan. Karena selain memahami exposure compensation dan cara setting Exposure Compensation kemampuan fotografer dalam memilih waktu pemotretan juga sangat mempengaruhi kualitas gambar.

Artikel Terkait
Kontak Kami
@upf9949s
082134184001
Alamat
Jln. Ringroad Selatan, Glugo, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta
Lihat lokasi di Google Maps