Tips Komposisi Warna dalam Foto

Tips Komposisi Warna dalam Foto – Komposisi warna tidak bisa dipungkiri merupakan salah satu elemen penting dalam foto, untuk itulah tips komposisi warna dalam foto menjadi hal yang juga penting untuk dapat diketahui khususnya bagi pemula. Salah satu objek dengan komposisi warna yang bagus adalah bunga, sehingga tak heran jika banyak sekali fotografer yang menjadikan bunga sebagai objek fotonya. Tips komposisi warna dalam foto sangatlah penting dalam dunia fotografi, karena secara visual masing-masing warna mampu menghadirkan makna dan pesan tersendiri bagi orang yang melihatnya. Untuk itu warna perlu digunakan secara tepat agar foto yang dihasilkan bisa menarik perhatian orang yang melihatnya. Untuk dapat melakukannya, bagi seorang fotografer profesional tantu sudah sangat paham untuk dapat membuat komposisi warna yang bagus. Namun, bagi kawan-kawan yang masih pemula, tips komposisi warna dalam foto nampaknya wajib untuk mulai dipelajari dan dipahami.

Tips Komposisi Warna Dalam Foto

Meski komposisi warna ini sangat mempengaruhi hasil akhir dari foto yang dibuat, namun hal tersebut masih kerap dilupakan oleh banyak orang. Hal tersebut memang bukan tanpa alasan, pasalnya masih banyak pecinta fotografi yang belum mengetahui tips komposisi warna dalam foto. Padahal, dengan memperhatikan hal tersebut kita akan bisa menghasilkan berbagai macam foto terutama foto landscape atau pemandangan dengan ketajaman warna yang bagus. Sebenarnya untuk aktivitas fotografi yang lebih cenderung ke seni, tidak ada komposisi warna yang dianggap paling baik karena semuanya akan tergantung pada pendapat orang yang memotret maupun melihat foto itu sendiri. Kendati demikian, ada beberapa tips komposisi warna dalam foto yang perlu kawan semua ketahui untuk menampilkan warna yang menarik ketika sedang memotret.

Tips Komposisi Foto

Tips Komposisi Warna dalam Foto

Berikut ini adalah sejumlah tips komposisi warna dalam foto dalam fotografi untuk menghasilkan warna yang terlihat indah dan tajam:

  1. Tips komposisi warna dalam foto yang paling mudah digunakan untuk memperoleh gambar yang kaya warna adalah dengan memakai file RAW. File RAW memiliki kualitas warna yang berbeda dengan file JPEG. Jika dibandingkan, file JPEG 8-bit memiliki 16 juta warna sementara file RAW 12-bit bias menghasilkan 68 miliar warna. Selain itu, file RAW tidak akan berubah ketika melalui post processing. Memotret dengan file RAW juga memungkinkan kita untuk menyesuaikan white balance pada saat editing. Sedangkan jika memakai file JPEG, kawan-kawan perlu mengaturnya terlebih dahulu agar bisa menampilkan warna yang tajam.
  2. Tips komposisi warna dalam foto yang kedua adalah dengan menghindari penggunaan cahaya buatan yang berlebihan karena hal ini justru akan mengurangi ketajaman warna itu sendiri. Mereka yang sudah mahir dalam post processing pun biasanya akan kesulitan untuk menampilkan warna asli yang terlihat tajam pada suatu objek. Selain itu, jika kawan-kawan mengandalkan cahaya alami, pastikan jika cahaya tersebut tidak jatuh tepat di atas kepala model. Nah, jika menggunakan flash maka jangan lupa memanfaatkan diffuser untuk mengurangi ketajaman cahaya.
  3. Tips komposisi warna dalam foto yang selanjutnya adalah dengan melakukan kalibrasi terhadap monitor. Ini bertujuan agar warna yang ditampilkan pada monitor sama dengan warna yang ada di foto. Pada umumnya, kamera dengan setting warna awal tidak diatur untuk menampilkan warna secara optimal. Untuk itu, kita bisa mengatasinya dengan melakukan kaliberasi warna dan mengatur kecerahan warna monitor dengan cepat memakai colorimeter.
  4. Post processing menjadi hal yang sangat wajar dilakukan dalam fotografi, namun meningkatkan ketajaman warna secara berlebihan juga bisa mengurangi kesan natural yang ada di dalamnya. Untuk itulah tips komposisi warna dalam foto dalam hal ini adalah dengan mengubah level brightness kontras, dan tonal range terlebih dahulu ketika foto diedit dengan adobe photoshop,. Slider saturation bisa diatur kembali jika warna memang terlihat kurang tajam.

Tips Komposisi Foto Landscape

Dengan tips komposisi warna dalam foto tersebut, menghasilkan foto yang indah dengan warna yang terlihat hidup menjadi tidak terlalu sulit untuk dilakukan, namun tentu saja prosesnya harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian dan pengetahuan yang cukup tentang bagaimana mengambil gambar yang benar. Dengan beberapa tips di atas tentunya kini kawan-kawan sudah tahu bagaimana cara memotret dengan memperhatikan komposisi agar foto yang dihasilkan memiliki ketajaman warna yang baik. Sekian dulu bahasan kita kali ini berkaitan dengan tips komposisi warna dalam foto. Sekian dan terima kasih. Selamat mencoba!!

Artikel Terkait
Kontak Kami
@upf9949s
082134184001
Alamat
Jln. Ringroad Selatan, Glugo, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta
Lihat lokasi di Google Maps