Tips Membuat Foto Bokeh Dengan Kamera Pocket/Saku

Tips Membuat Foto Bokeh Dengan Kamera Pocket/Saku – Ternyata, ada juga sebuah tips membuat foto bokeh dengan kamera pocket/saku yang pastinya bisa kawan terapkan sendiri dengan mudah. Dengan begitu maka memotret sebuah obyek foto bokeh pun tak hanya bisa dilakukan dengan menggunakan kamera profesional yang harganya relatif mahal. Sehingga, hanya dengan menggunakan kamera mungil seperti kamera pocket atau saku pun kawan-kawan tetap bisa menghasilkan sebuah foto bokeh meski kualitasnya tak sebagus dengan kamera DSLR atau pun mirrorless. Namun, yang jelas bahwa tips membuat foto bokeh dengan kamera pocket/saku ini bisa dilakukan oleh siapa saja dengan mudah. Maka dari itu, jangan pesimis dulu ya kawan. Sebab, dengan mengetahui teknik fotografi bokeh dengan kamera saku maka hasil fotonya pun juga tak akan mengecewakan. Lantas, kira-kira apa saja sih tips membuat foto bokeh dengan kamera pocket/saku itu?

Tips Membuat Foto Bokeh Dengan Kamera Pocketsaku

Di sisi lain, sebelum jauh membahas tips membuat foto bokeh dengan kamera pocket/saku, sedikit untuk diketahui juga bahwa efek bokeh dalam dunia fotografi merupakan efek blur atau daerah di luar fokus yang indah. Umumnya, efek ini bersifat memberi dimensi kedalaman dalam sebuah foto. Di samping itu, biasanya dalam menciptakan foto bokeh lewat kamera DSLR, ada 4 faktor yang perlu diketahui. Namun jika kawan-kawan hanya memiliki kamera saku, jangan khawatir. Pasalnya, tips membuat foto bokeh dengan kamera pocket/saku tetap bisa diterapkan dan juga sanggup menghasilkan foto bokeh yang memukau. Nah, bagi kawan-kawan yang sudah tak sabar menerapkan teknik ini maka berikut DIYKamera akan membagikan tips membuat foto bokeh dengan kamera pocket/saku.

Foto Bokeh Dengan Kamera Saku

Tips Membuat Foto Bokeh dengan Kamera Pocket/Saku

Berikut di bawah ini tips membuat foto bokeh dengan kamera pocket/saku yang bisa kawan coba. Antara lain sebagai berikut :

  1. Pada kamera pocket yang canggih, umumnya nanti akan ada mode aperture priority, nah gunakan saja mode ini. Namun, jikalau memang pada kamera pocket sobat tak memiliki mode aperture priority maka kawan-kawan bisa menggunakan mode “Potrait” atau pun mode “Macro”.
  2. Selanjutnya, hal yang perlu kawan ketahui bahwa dalam menerapkan tips membuat foto bokeh dengan kamera pocket/saku ini, matikan flash light.
  3. Kemudian, untuk mendapatkan hasil foto bokeh yang menarik dan bagus maka idealnya carilah lokasi yang memiliki pencahayaan yang cukup terang.
  4. Jika sudah maka sekarang saatnya kawan mencari sebuah subyek foto yang berukuran kecil dan memiliki pola tekstur atau kontras yang dinilai cukup sehingga nantinya kamera akan lebih mudah dalam mengunci fokus foto.
  5. Menginjak pada tahapan tips membuat foto bokeh dengan kamera pocket/saku selanjutnya, buatlah sebuah obyek yang terpisah dari background. Dalam hal ini, DIYKamera contohkan, misalnya ketika kawan sedang memotret sebuah gelas yang terletak di atas maka yakinkan bahwa obyek lain yang ada di belakang gelas terpisah dengan jarak yang agak jauh dari obyek yang akan difoto. Apabila jarak background kurang jauh, maka semua akan terlihat tajam difoto sehingga Anda tidak menghasilkan bokeh.
  6. Nah, terkait dengan background, untuk mendapatkan hasil foto bokeh yang lebih bagus maka carilah sebuah background yang polanya cukup mencolok agar nantinya foto bokeh tampak lebih menawan.
  7. Beranjak pada tips membuat foto bokeh dengan kamera pocket/saku berikutnya, hal yang perlu kawan lakukan yakni memegang kamera pocket yang kawan miliki dan mendekatlah sedekat mungkin dengan subyek foto utama yang akan dipertajam.
  8. Lalu, kuncilah titik fokus yang tertumpu pada subyek foto utama tersebut kemudian tekan tombol shutter separuh.
  9. Sampai pada tahapan ini, ambilah foto dan cek hasilnya pada layar LCD. Apakah subyek pertama tampak lebih tajam dan backgroundnya tampak blur? Jika demikian maka foto bokeh pun sudah jadi.
  10. Di sisi lain, hal yang perlu diketahui dalam menerapkan tips membuat foto bokeh dengan kamera pocket/saku ini, yaitu apabila kamera pocket atau saku yang kawan miliki dilengkapi optical zoom maka gunakan mode zoom secara maksimal.

Membuat Foto Bokeh Dengan Kamera Saku

Setelah kita tahu beberapa langkah dalam mengimplementasikan tips membuat foto bokeh dengan kamera pocket/saku tersebut di atas maka pastinya sudah ada gambaran apa saja yang harus lakukan untuk mendapatkan hasil foto bokeh yang berkualitas. Di samping itu, dari penjelasan di atas, jika teman-teman bisa menerapkannya dengan benar dan urut maka hasil foto bokeh pun akan menjadi lebih maksimal. Cukup mudah kan? Cukup sekian pertemuan kita kali ini dan semoga ulasan mengenai tips membuat foto bokeh dengan kamera pocket/saku di atas bisa bermanfaat untuk kawan-kawan semua. Salam DIYKamera!!