Teknik Light Painting pada Fotografi

Teknik Light Painting pada Fotografi – Hai sahabat fotografer, mau tahu teknik light painting pada fotografi? Jangan khawatir, kali ini bersama DIYKamera, kita akan mengulas cara menerapkan teknik tersebut. Namun, sebelumnya perlu untuk kawan ketahui terlebih dahulu bahwa istilah foto light painting ini merupakan suatu kreativitas seni dalam fotografi yang memanfaatkan shutter speed lambat sehingga dengan begitu maka kamera akan sanggup merekam jejak cahaya yang kita buat membentuk ragam model. Selain itu, teknik light painting pada fotografi ini juga banyak diterapkan oleh para fotografer mengingat sangat mengasyikkan dan berkesan. Tak hanya itu saja, teknik fotografi yang mampu merekam jejak cahaya seperti ini juga menjadi salah satu hal yang sangat menarik sehingga tak jarang banyak orang yang menerapkan teknik yang begitu mengasyikkan ini. Tentu, buat kawan-kawan yang belum tahu caranya, pastinya ingin tahu rahasia dari teknik light painting pada fotografi ini bukan?

Teknik Light Painting Pada Fotografi

Sebelumnya, ada hal yang ingin DIYKamera sampaikan terlebih dahulu bahwa dalam dunia fotografi, teknik light painting pada fotografi ini merupakan suatu teknik yang lebih terfokus pada permainan shutter speed yang diatur sedemikian rupa. Di mana, teknik ini biasanya diterapkan dalam ruang gelap dan mengarahkan atau menerangi beberapa area atau titik pada obyek dalam rentang sepanjang shutter terbuka sehingga hanya daerah yang diterangi tersebut lah yang terekam di foto. Di sisi lain, hal yang menarik dari teknik light painting pada fotografi ini yaitu tak membutuhkan banyak biaya namun memiliki hasil yang sangat bernilai. Maka, teknik ini pun menjadi salah satu pilihan terbaik buat kawan-kawan yang ingin mendapatkan hasil fotografi yang anti mainstream. Nah, untuk menerapkan teknik light painting pada fotografi, berikut DIYKamera berikan tips atau langkah-langkah yang bisa dicoba. Yuk, kita simak bersama.

Teknik Bulb Fotografi

Teknik Light Painting pada Fotografi

Untuk menerapkan seni fotografi yang berupa teknik light painting pada fotografi ini, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Berikut hal-hal yang perlu dipersiapkan :

  1. Dalam teknik light painting pada fotografi ini, hal pertama yang perlu dipersiapkan yakni kamera dengan kontrol manual yang sudah dilengkapi mode bulb. Langkah ini perlu dilakukan mengingat nantinya waktu exposure dimungkinkan akan lebih di atas 30 detik.
  2. Selain itu, hal yang perlu dipersiapkan yakni tripod. Namun, alat ini opsional saja, hanya saja untuk mendapatkan hasil foto yang lebih baik maka tripod diperlukan.
  3. Kemudian, siapkan lampu senter atau flash eksternal pada smartphone sebagai sumber cahaya.
  4. Persiapan alat terakhir untuk mencoba teknik light painting pada fotografi ini yaitu shutter release. Atau, kawan-kawan bisa meminta tolong teman untuk memencet tombol shutter.

Nah, jika beberapa alat sudah dipersiapkan maka teknik light painting pada fotografi selanjutnya yaitu penerapannya. Antara lain sebagai berikut :

  1. Hal pertama yang perlu dilakukan dalam mengawali teknik light painting pada fotografi ini yaitu memilih lokasi yang gelap, bisa dalam ruangan atau di luar ruangan.
  2. Lalu, putuskan mana obyek yang akan disinari kemudian tentukan pola sinar yang akan dibuat. Alternatif lain adalah memotret pola sumber cahaya, kawan-kawan bisa menggunakan lampu senter untuk menulis kata atau meniru bentuk tertentu.
  3. Jangan lupa juga bahwa dalam menerapkan teknik light painting pada fotografi ini untuk menyetel pengaturan di posisi bulb mode.
  4. Gunakan aperture yang moderat, yaitu pada kisaran antara f/4 hingga f/8.
  5. Setelah itu, minta tolonglah kepada teman untuk menekan tombol shutter sesuai dengan waktu exposure yang dibutuhkan.
  6. Nah, menginjak pada tahapan teknik light painting pada fotografi selanjutnya, mulailah untuk menerangi beberapa titik pada obyek foto dengan senter. Selain itu, kawan-kawan juga bisa membentuk sebuah pola unik menggunakan senter atau flash eksternal sesuai keinginan.
  7. Di sisi lain, saat menerapkan teknik fotografi ini, sangat dianjurkan untuk tidak berdiri dengan posisi berada di antara sumber cahaya dan lensa karena jika hal ini terjadi maka hasil fotonya nanti akan terlihat ada siluetnya.
  8. Selain itu, untuk mendapatkan hasil cahaya yang lebih smooth maka lama penyinaran antara satu titik ke titik yang lain dilakukan dalam kisaran atau kurun waktu yang sama.
  9. Jika sudah maka lepaskan tombol shutter dan lihat hasil fotonya. Apabila dirasa masih kurang puas maka lakukan beberapa kali. Memang, menerapkan teknik light painting pada fotografi ini membutuhkan ketepatan waktu exposure yang bagus dan sesuai dengan sumber kekuatan cahaya yang dipancarkan untuk melukis.

Cara Membuat Light Painting Dengan Android

Selangkah demi selangkah teknik light painting pada fotografi telah kita lalui. Sekarang, teman-teman hanya perlu mempersiapkan beberapa alat yang sudah dijelaskan di atas dan mulai menerapkan tekniknya secara bertahap. Jika teknik fotografi yang satu ini dilakukan secara cermat dan penuh kehati-hatian maka tak heran jika nantinya sanggup menghasilkan foto lukisan cahaya yang sangat menawan. Nah, sepertinya sudah cukup penjelasan DIYKamera mengenai teknik light painting pada fotografi. Selamat mencoba.