4 Cara Membersihkan Kamera DSLR dengan Benar

Cara Membersihkan Kamera DSLR – Seorang fotografer, selain memiliki kemampuan fotografi yang mumpuni, tentunya harus tahu cara membersihkan kamera DSLR yang benar. Bukan tanpa sebab mengingat kita tak bisa menghindari kotoran, baik itu debu atau minyak bekas dari jari-jari kita setelah menggunakannya. Di mana, hal tersebut akan mempengaruhi kualitas dan keawetan dari kamera itu sendiri. Maka dari itu, menerapkan membersihkan kamera DSLR dengan cara yang benar adalah hal yang penting dan tidak boleh diabaikan, terutama jika kamu lebih sering menggunakannya di luar ruangan yang rawan debu dan kotoran. Tapi jangan asal ya kawan mengingat ada cara membersihkan kamera DSLR yang benar-benar direkomendasikan.

Cara Membersihkan Kamera DSLR

Nah, kaitannya dengan cara membersihkan kamera DSLR, memang tak bisa kita anggap sepele begitu saja. Pasalnya, ada beberapa sektor atau bagian pada kamera yang tak bisa asal kita bersihkan begitu saja, salah satunya seperti lensa. Mengingat, bagian ini sangat penting dan berpengaruh pada kualitas hasil bidikan foto. Dengan begitu maka tak heran jika membersihkan kamera DSLR dengan cara yang benar perlu untuk kawan ketahui. Selain itu, perlunya pengetahuan dalam perawatan kamera DSLR juga tak lepas demi membuat kamera DSLR yang kita miliki lebih tahan lama dan tak mudah rusak. Lalu, kira-kira bagaimana sih cara membersihkan kamera DSLR yang benar itu? Nah, berikut DIYKamera akan jelaskan langkah-langkahnya secara detail.

Cara Membersihkan Kamera Dslr Dengan Cleaning Kit

Cara Membersihkan Kamera DSLR

  1. Membersihkan Lensa

Satu hal yang perlu untuk kawan ketahui untuk menerapkan cara membersihkan kamera DSLR yaitu dengan membersihkan lensa dari kamera tersebut. Di mana, kali ini hal pertama yang perlu dilakukan untuk membersihkan lensanya yaitu sobat harus membuka tutup lensa dan melepas filter lensa. Jika sudah, posisikan lensa menghadap ke bawah, gunakan blower untuk meniup debu di seluruh permukaan lensa. Usap lensa dengan lembut menggunakan kain microfiber dengan gerakan memutar mulai dari tengah lensa bergerak ke arah luar. Jika ada kotoran yang membandel, basahi kain dengan cairan pembersih lensa sebelum mengusap.

  1. Membersihkan LCD dan Viewfinder

Berikutnya, dalam proses cara membersihkan kamera DSLR, tak lupa juga layar LCD dan viewfinder pun juga turut dibersihkan. Caranya sebenarnya tak berbeda jauh dengan proses pembersihan lensa. Hanya saja, pada bagian viewfinder hood, mungkin perlu digunakan cotton buds untuk mengangkat kotoran yang tersembunyi di sela-sela karetnya.

  1. Pembersihan Bodi Kamera

Kemudian, tak lupa juga bodi kamera pun juga harus dibersihkan. Untuk proses cara membersihkan kamera DSLR pada bagian bodinya ini, sobat perlu menggunakan kuas untuk membersihkan permukaan body, terutama setelah dipakai memotret di pantai yang berangin dan berpasir. Perhatikan terutama bagian-bagian sambungan seperti tempat memasang lensa, tutup batere, pintu SD card, dan tombol-tombol.

  1. Penyempurnaan Pembersihan

Cara membersihkan kamera DSLR yang terakhir yaitu proses penyempurnaan. Di mana, Setelah bagian-bagian sempit dibersihkan, gunakan kain lembut untuk mengelap seluruh body kamera. Sebaiknya gunakan kain terpisah dan bukan yang dipakai untuk membersihkan lensa dan LCD. Selain itu, kawan-kawan juga bisa memberikan sedikit cairan pembersih lensa untuk memaksimalkan proses pembersihannya.

Cara Membersihkan Kamera Dslr Yang Berjamur

Dari beberapa langkah terkait dengan cara membersihkan kamera DSLR di atas, pastinya kawan-kawan sudah memiliki gambaran tersendiri. Di mana, bahwa dalam proses perawatan atau pembersihan kamera DSLR sendiri memiliki langkah-langkah tersendiri yang tak bisa diremehkan begitu saja. Tentu, dengan ulasan mengenai cara membersihkan kamera DSLR di atas diharapkan bisa menjadi informasi yang bermanfaat.