Cara Memotret Milky Way Menggunakan Lensa Kit dengan Benar

Cara Memotret Milky Way Menggunakan Lensa Kit – Tahukah kawan bahwa ada langkah unik untuk menerapkan cara memotret Milky Way menggunakan lensa kit? Jika belum tahu, perlu untuk kawan pahami dulu bahwa Milky Way dalam kaitannya dengan aktivitas fotografi yaitu gaya potret yang membidik gugusan atau deretan bintang di langit. Umumnya, memotret Milky Way menggunakan lensa kit di sini banyak dilakukan di area yang jauh dari industri dan pemukiman. Alasannya di area industri dan pemukiman permukaan awannya tertutup oleh polusi udara berupa asap hasil industri, mesin maupun kendaraan bermotor. Lalu, kira-kira bagaimana sih cara memotret Milky Way menggunakan lensa kit itu? Penasaran ya kawan?

Cara Memotret Milky Way Menggunakan Lensa Kit

Pada umumnya, memang cara memotret Milky Way menggunakan lensa kit bisa dikatakan gampang-gampang susah. Pasalnya, kondisi lingkungan harus mendukung dan ideal. Tempat yang paling ideal untuk memotret adalah areal pegunungan yang jauh dari pemukiman, ataupun pantai yang jauh dari rumah penduduk atau resort wisata. Karena kondisi gelap yang benar-benar gelap menjadi salah satu prasyarat memotret Milky Way, hal ini tentu akan membawa kendala tersendiri bagi teman-teman yang berniat untuk memotret. Nah di sisi lain, untuk mengetahui cara memotret Milky Way menggunakan lensa kit, berikut DIYKamera akan mengulas tips-tipsnya yang bisa kawan coba sendiri.

Cara Mengetahui Posisi Milky Way

Cara Memotret Milky Way menggunakan Lensa Kit

  1. Harus dalam Kondisi Lingkungan yang Gelap

Cara memotret Milky Way menggunakan lensa kit di sini yaitu kondisi lingkungan sekitar harus benar-benar gelap. Dalam artian terhindar dari hingar bingar lampu perkotaan sehingga gugusan bintang pun akan tampak jelas tanpa tersilaukan oleh lampu-lampu perkotaan. Tak hanya itu saja, bahkan cahaya bulan pun dapat dikategorikan sebagai polusi cahaya bila sinarnya terlalu terang. Karena memotret dalam keadaan gelap sangat merepotkan, usahakan membawa alat penerangan seperti senter atau semacamnya.

  1. Pilih Lokasi yang Tepat

Salah satu cara memotret Milky Way menggunakan lensa kit yang tepat yaitu dengan memilih lokasi yang tepat. Syarat pemilihan lokasi adalah pada derah yang bebas polusi cahaya, semisal pantai yang menghadap samudra lepas, gunung yang jauh dari perkotaan, atau desa terpencil yang tidak terkena meriahnya cahaya lampu. Satu hal yang pasti bahwa sobat harus menghindari memotret dari perkotaan karena cahaya kota membuat cahaya bintang tidak nampak dengan jelas.

  1. Gunakan Tripod

Meski tampak sepele, namun kehadiran Tripod dalam menerapkan cara memotret Milky Way menggunakan lensa kit di sini merupakan hal yang tak bisa dipandang sebelah mata. Tentunya, Tripod di sini sebagai alat untuk mencegah terjadinya gerakan saat shutter terbuka. Sehingga, tak heran jika alat ini sangat diperlukan guna mendapatkan hasil bidikan yang terfokus.

  1. Gunakan Manual Setting

Nah, cara memotret Milky Way menggunakan lensa kit berikutnya yaitu usahakan untuk menggunakan manual setting fokus. Sebab, hal ini untuk mempermudah kita maupun lensa kit pada kamera untuk menentukan titik fokus sesuai dengan kondisi langit. Tentu saja, langkah ini sangat efektif untuk mendapatkan hasil bidikan yang lebih berkualitas.

Bagaimana Cara Memotret Milky Way

Setelah kita mengetahui beberapa langkah terkait dengan cara memotret Milky Way menggunakan lensa kit di atas, tentunya tak heran apabila beberapa langkah di atas bisa diterapkan. Sehingga, nantinya hasil foto Milky Way pun akan tampak lebih indah tanpa menghilangkan kesan alami. DIYKamera cukup sekian informasi yang dapat diberikan mengenai cara memotret Milky Way menggunakan lensa kit. Sekian dan sampai jumpa kawan semoga informasi tersebut bisa bemanfaat.