5 Alat Untuk Live Streaming Youtube Paling Penting

Alat Untuk Live Streaming Youtube

Alat Live Streaming Youtube – Live streaming saat ini sedang menjadi trend di masa sekarang ini. Saat Covid-19 melanda, PSBB di mana-mana, kita pun nggak boleh ke mana-mana. Al hasil live streaming jadi alternatif untuk mengganti pertemuan-pertemuan seperti seminar dan pelatihan-pelatihan. Banyak usaha maupun bisnis yang pivot ke dunia live streaming pada saat ini. Live streaming biasanya dilakukan melalui platform digital seperti Youtube, Facebook, Zoom, dan lain sebagainya.

Nah, permasalahannya adalah bila Anda seorang pemula dalam masalah live streaming ini, maka alat apa saja yang diperlukan bisa melakukan live streaming di Youtube? Baiklah, artikel ini semoga dapat membantu Anda untuk mengetahui peralatan live streaming apa saja yang diperlukan. Simak uraiannya dengan seksama sampai akhir.

 

Alat Untuk Live Streaming Youtube

Berikut ini beberapa alat yang harus ada saat live streaming Youtube.

 

1. Kamera Video

Kamera, utamanya adalah kamera video recorder merupakan alat yang sangat krusial, harus ada saat kita ingin melakukan live streaming. Ya benar saja harus ada, kita live streaming untuk menampilkan gambar. Dan gambar itu kita tangkap menggunakan kamera. Tapi sebaiknya kamera untuk live streaming jenis apa yang kita gunakan?

Sebenarnya untuk live streaming tidak menuntut harus menggunakan spesifikasi kamera yang sangat luar biasa. Untuk live streaming sederhana menggunakan sebuah webcam pun sudah cukup. Namun jika ingin melakukan live streaming dengan kualitas yang bagus, tentu diperlukan juga kamera yang mumpuni. kamera untuk live streaming berkualitas bisa menggunakan Kamera Video seperti  Sony NX100, Sony NX70, Sony MC88. Kamera-kamera tersebut sudah sangat mumpuni untuk menghasilkan gambar yang bagus saat live streaming.

 

2. Microphone

Untuk menghasilkan suara yang lebih jernih saat live streaming Youtube Anda perlu menambahkan microphone. Tentu saja ini akan sangat membantu untuk memfokuskan penangkapan suara pada narasumber/pembicara. Tidak banyak gangguan suara-suara brisik dari luar yang tidak diinginkan. Tidak perlu membeli microphone dengan harga yang jutaan rupiah, microphone dengan harga sekitar 250rb-350rb saja sudah mampu menghasilkan suara yang jernih dan bagus.

 

3. Perlampuan

Urusan perlampuan atau lighting juga sangat penting untuk menunjang visualisasi. Bayangkan saja, sudah memakai perangkat kamera yang bagus, tapi ruangan Anda remang-remang dengan cahaya yang tak terkondisikan. Tentu yang menonton live streaming pun tak akan merasa nyaman.

Agar tampilan visual streaming Youtube Anda bagus, paling tidak gambar Anda harus cukup cahaya. Lebih bagus lagi jika menggunakan lighting untuk mempercantik visual video Anda.

 

4. Laptop/Komputer

Peralatan live streaming  Youtube berikutnya adalah komputer atau laptop. Ini adalah peralatan video streaming yang wajib ada. Pasalnya, aktivitas live streaming Youtube kebanyakan dilakukan di sini, proses menyatukan suara dan gambar, hingga menyambungkan video ke Youtube.

 

5. Software Live Streaming

Untuk memproses gambar dan suara pada komputer/laptop diperlukan sebuah peralatan live streaming berupa software atau aplikasi supaya bisa mengatur ukuran kamera, memasukkan presentasi atau foto-foto dan sebagainya. Pasalnya, video mentah yang tidak diedit akan terkesan membosankan untuk ditonton.

Itu adalah beberapa peralatan standar yang harus ada jika Anda ingin melakukan live streaming di Youtube. Peralatan penunjang lain mungkin saja diperlukan tergantung kebutuhan dan model live streaming yang ingin Anda lakukan.Tentu saja perlu latihan dan pemahaman mengoperasikan alat-alat live streaming di atas.

Bila Anda tidak mempunyai waktu untuk belajar memahami pengoperasian live streaming, jangan khawatir karena kami sediakan jasa live streaming Youtube untuk Anda.

Bisa kontak via WhatsApp atau Telpon di 0812.2020.7911 untuk info lebih lanjut tentang jasa live streaming youtube.