Lensa yang Cocok untuk Foto Model

Lensa yang Cocok untuk Foto ModelSebagai fotografer pemula, pernahkah kamu bingung untuk menggunakan lensa yang cocok untuk foto model? Pastinya pikiran tersebut pernah terlintas dalam benak kamu bukan ? Nah, untuk dapat memotret model yang cantik dengan maksimal, maka kamu perlu mengetahui beberapa lensa yang cocok digunakan untuk memotret sang foto model. Bukan tanpa alasan, jika kawan-kawan menggunakan lensa yang cocok untuk foto model tentu gambar yang dihasilkan juga akan sempurna.

Lensa Kamera Yang Cocok Untuk Foto Model

Tak perlu bingung-bingung, pasalnya pada kesempatan kali ini DIYKamera akan membahas lensa yang cocok untuk foto model ini secara lengkap. Tentunya pembahasan kali ini akan sangat bermanfaat bagi kawan-kawan yang berniat untuk menjadi fotografer model profesional. Baiklah, tak perlu berlama-lama, mari kita sama-sama simak ulasan mengenai lensa yang cocok untuk foto model ini secara langsung di bawah ini.

Lensa Yang Cocok Untuk Foto Model

Lensa yang Cocok untuk Foto Model

  1. Lensa Tele

Lensa Tele

Lensa telephoto yang cocok digunakan untuk memotret model adalah yang memiliki fokal lebih dari 50 mm. Meski demikian, lensa tele yang paling populer dan sering digunakan adalah yang memiliki panjang fokal 85 mm, 135 mm, atau 70-200 mm. Lensa dengan fokal yang panjang tersebut tentunya sangat baik digunakan untuk menciptakan blur atau bokeh pada background dengan baik, sehingga sang model dapat terlihat lebih menonjol dari latar dan terkesan tiga dimensi.

Alasan lain lensa ini menjadi lensa yang cocok untuk foto model adalah bisa membuat sang model nyaman untuk mengeluarkan ekspresinya karena dengan adanya lensa tele photo dengan fokal yang panjang tersebut, maka jarak antara fotografer dengan model dapat menjadi lebih jauh ketika proses pemotretan tersebut.

Adanya jarak diantara model dengan fotografer tersebut tentunya juga dapat membantu dari segi perspektif, sehingga apabila sang model misalnya memiliki hidung yang agak ‘besar’, maka dengan lensa tele tersebut fotografer dapat menjaga perspektif dari hidung model tersebut agar terlihat proporsional dengan menampilkan muka secara keseluruhan.

Keunggulan lainnya dari lensa yang cocok untuk foto model yang satu ini, yaitu lensa tele tersebut dapat mengabadikan kecantikan sang model secara close-up. Sang fotografer pun dapat membidik dengan menggunakan komposisi yang ketat, misalnya hanya membidik wajah model saja, sehingga hasilnya dapat lebih beragam.

  1. Lensa Wide

Lensa Wide

Selain lensa tele, lensa lainnya yang juga cocok dan sering digunakan untuk pemotretan model pada umumnya yaitu lensa wide. Lensa ini menjadi lensa yang cocok untuk foto model karena dapat menghasilkan gambar yang lebih unik dibandingkan dengan menggunakan lensa tele. Selama ini panjang fokal lensa wide yang kebanyakan digunakan oleh fotografer pro untuk memotret model adalah lensa 16-35 mm, 24-70 mm, atau 24 mm fixed.

Akan tetapi, meski dapat menghasilkan gambar yang lebih unik dan memukau, sayangnya lensa wide ini memiliki kelemahan, yaitu adanya distorsi yang dapat mempengaruhi postur tubuh atau wajah dari sang model. Meski demikian, tak selamanya distorsi tersebut merugikan pembidik. Distorsi tersebut dapat digunakan pula oleh fotografer untuk menambah kecantikan sang model, yakni dengan cara mengusung-frame model pada posisi vertikal, maka kaki sang model akan terlihat lebih panjang akibat adanya distorsi tersebut. Oleh karenanya, distorsi tersebut lebih tepat digunakan untuk memotret model ketika menggunakan gaun, sehingga akan terkesan natural dan lebih tinggi, serta langsing.

Hal lain yang membuatnya menjadi lensa yang cocok untuk foto model salah satunya yaitu dapat digunakan untuk mengkombinasikan kecantikan snag model dengan keindahan pemandangan sekitar atau background tempat diambilnya gambar tersebut. Tak jarang, sang fotografer pun juga sengaja ingin menonjolkan lokasi pemotretannya dengan berkreasi menggunakan komposisi atau elemen-elemen, serta suasana yang ada disekitar lokasi pemotretan tersebut sehingga dapat menghasilkan gambar yang menawan.

Lensa Yang Cocok Untuk Foto Modeling

Dengan memilih untuk menggunakan salah satu dari kedua lensa yang cocok untuk foto model tersebut, maka kamu pun dapat memotret sang model dengan sempurna, tentunya dengan menerapkan berbagai teknik yang kamu pelajari juga. Nah, DIYKamera rasa cukup sampai di sini penjelasan yang dapat disampaikan. Semoga penjelasan mengenai lensa yang cocok untuk foto model tersebut dapat bermanfaat bagi kawan-kawan.