4 Peralatan Live Streaming Facebook, IG, Zoom, dll

Peralatan Live Streaming Facebook

Sejak musim Covid-19 merebak di Indonesia sekitar bulan Maret 2020 lalu, banyak cara dan tatanan hidup kita berubah. Termasuk sekarang banyak yang melakukan siaran langsung / livestream di media sosial seperti Youtube, Facebook, instagram, Zoom dll. Ancaman bahaya Covid yang mengharuskan kita banyak berdiam diri di rumah membuat berkah tersendiri karena tren video live streaming yang melejit.

Dan ternyata untuk melakukan live streaming ke Facebook, IG, Youtube, Zoom atau platform lain memerlukan teknik yang berbeda dari sekedar membuat video biasa. Selain peralatan yang biasa kita pakai untuk membuat video seperti kamera, lighting, dll, ada beberapa peralatan yang perlu kita tambahkan untuk melakukan live streaming.

 

Peralatan Live Streaming Facebook, IG, Zoom, dll

Selain peralatan video yang biasa kita gunakan, apa lagi tambahan peralatan live streaming yang perlu kita siapkan? Berikut ini beberapa aksesoris atau alat tambahan yang perlu di siapkan untuk live streaming di Facebook, IG, Zoom, dll.

 

1. Capture Card

Capture card berfungsi untuk menangkap layar kamera pengganti webcam jika Anda membutuhkan kualitas gambar yang lebih dari pada webcam. Contoh capture card seperti yang tersedia di DIYKamera antara lain Elgato Camlink dan Ez Capture. Jika Anda membutuhkan alat ini dan belum mempunyai keinginan untuk membeli, bisa sewa saja di DIYKamera.

 

2. Microphone

Jika hanya mengandalkan mic lavalier atau mic shotgun pada kamera, suara yang dihasilkan kurang bagus. Maka dari itu Anda butuh peralatan live streaming berupa microphone tambahan, misalnya saja seperti Mic Fifine Podcast K669. Sejauh review kami mic ini sangat cukup untuk menghasilkan suara yang diekspektasikan. Penggunaannya pun mudah bisa plug and play karena portnya yang perjenis USB.

 

3. Switcher Video

Switcher video diperlukan apabila Anda ingin melakukan live streaming menggunakan dua kamera atau lebih. Switcher kurang dibutuhkan bila Anda hanya  menggunakan satu kamera saja. Kami menyediakan BlackMagic Design Atem Mini Pro untuk swicther.

 

4. Software Live Streaming

Terakhir yang kita butuhkan adalah software atau aplikasi untuk mengatur livestreaming, agar kita bisa leluasa mengatur ukuran kamera, memasukkan presentasi atau foto-foto dan sebagainya. Sebenarnya sangat banyak pilihan software baik gratisan sampai bebayar. Kami merekomendasikan OBS Streamlabs karena software ini open source alias gratis, dan fiturnya cukup lengkap untuk mengakomodir kebutuhan live streaming di Facebook, IG, Youtube, Zoom, dll.

 

Live streaming memang sedikit lebih rumit di banding dengan membuat konten video biasa. Karena itu biasanya juga sangat membutuhkan SDM yang sudah mengerti dengan dunia live streaming ini. Bila Anda kurang menguasai atau belum menemukan orang yang cukup kompeten menangani live streaming, kami siap membantu Anda.

Jasa Live Streaming maupun Webinar kami telah banyak membantu banyak costumer dalam melakukan live streaming. Silakan menghubungi kontak kami via telephone/Chat WA di 0812.2020.7911.