Cara Mengatur Sharpening di Kamera

Cara Mengatur Sharpening di KameraApakah kawan-kawan pecinta fotografi sudah memahami mengenai cara mengatur sharpening di kamera? Jika kamu memiliki kamera DSLR maka kamu akan mendapatkan hasil gambar yang menakjubkan, bahkan banyak fotografer pro yang menggunakan kamera DSLR untuk hasil gambar yang bersih dan tajam. Sayangnya, sekarang ini banyak fotografer pemula yang masih awam dalam pengaturan fitur yang disediakan pada kamera salah satunya adalah cara mengatur sharpening di kamera. Pada akhirnya banyak yang memilih hanya menggunakan fitur Autofokus yang justru memakan energi yang banyak sehingga membuat baterai cepat habis. Cara penggunaan autofokus biasanya dihindari oleh fotografer profesional karena gambar yang dihasilkan tidak menentu terlebih tidak bisa mendapatkan hasil fokus sesuai dengan yang diinginkan. Nah, bagi kawan-kawan yang mungkin tertarik menjadi fotografer profesional, tentu suatu hal yang baik untuk mengetahui cara mengatur sharpening di kamera.

Cara Mengatur Sharpening Di Kamera

Sebenarnya banyak cara untuk mendapatkan hasil gambar agar lebih tajam diantaranya dengan mengatur ISO, menggunakan lensa yang bagus, dan masih banyak lagi. Cara mengatur sharpening di kamera sendiri juga bertujuan untuk membuat gambar lebih tajam dan jelas. Tentu tidak ingin hasil gambar sia-sia karena blur, bukan? Terlebih gambar yang dibidik merupakan gambar yang cepat maka kamu juga harus menyesuaikan subjeknya sehingga pengaturan pada kamera bisa menghasilkan gambar tajam.  Biasanya subjek yang bergerak memang cukup sulit untuk dibidik sehingga kamu memerlukan pengaturan kamera yang pas. Cara mengatur sharpening di kamera sendiri juga dapat digunakan dalam hal ini. Meskipun saat ini sudah ada banyak software editing foto, namun tentu mengatur ketajaman melalui kamera menjadi hal yang tidak boleh tertinggal jika kawan-kawan ingin menjadi fotografer profesional. Untuk itu, pada kesempatan kali ini DIYKamera akan memberikan ulasan mengenai cara mengatur sharpening di kamera untuk kawan-kawan secara lengkap.

Sharpening Pada Kamera

Cara Mengatur Sharpening Di Kamera

Cara mengatur sharpening di kamera ini akan sangat berguna untuk kawan-kawan yang tidak mau repot mengedit gambar melalui photoshop ataupun pengaturan ISO. berikut langkah-langkah yang perlu kamu lakukan:

  1. Cara mengatur sharpening di kamera yang pertama yang perlu kawan lakukan adalah masuk ke menu kemudian ke shooting menu. Pada shooting menu pilih set Picture control. Pada menu tersebut kamu akan menjumpai 6 preset Picture Control. Kemudian pilih salah satu preset yang sering kamu gunakan. Pencet tombol kanan sehingga masuk ke posisi Quick Adjust
  2. Kemudian, cara mengatur sharpening di kamera selanjutnya pada pilihan Quick Adjust kamu akan menemukan lima level modifikasi diantaranya Sharpening, Contrast, Brightness, Saturation dan Hue.
  3. Atur Sharpening secara manual. Disana kamu akan menjumpai 10 level sharpening. Garis kuning dibawah adalah setting sharpening yang sesungguhnya (asli).
  4. Kemudian, cara mengatur sharpening di kamera yang terakhir kawan dapat melihat grafik. Sumbu vertikal menandakan kontras sehingga makin tinggi posisi M.

Fungsi Sharpening Pada Kamera

Nah, cara mengatur sharpening di kamera ternyata cukup praktis, bukan? Kamu sudah tidak perlu bingung lagi untuk mendapatkan hasil gambar. Bahkan kamu tidak perlu membutuhkan tripod agar kamera tidak goyang sehingga gambar tidak blur. Bagi yang masih pemula, cara tersebut cukup mudah untuk dipraktekkan. Dengan menggunakan cara mengatur sharpening di kamera ini, hasil gambar yang tajam layaknya gambar yang dihasilkan oleh jepretan dan fotografer pro akan dengan mudah kawan dapatkan. Kamu tidak perlu takut, gambar akan blur karena dengan pengaturan sharpening tersebut akan memungkinkan gambar terhindar dari hasil gambar blur. Nah, demikian ulasan mengenai cara mengatur sharpening di kamera yang dapat DIYKamera bagikan. Sampai jumpa!!