Cara Membuat Efek ROL pada Foto Menggunakan Photoshop

Cara Membuat Efek ROL pada Foto – Bagi kawan-kawan yang ingin mengedit foto, tentu cara membuat efek ROL pada foto bisa menjadi topik yang patut untuk diketahui. Apalagi, bagi fotografer pemula yang ingin mendapatkan hasil editan foto yang lebih mengedepankan seni keindahan dengan efek natural. Maka dari itu, cara membuat efek ROL pada foto pun menjadi hal wajib yang perlu dipahami secara mendalam. Pasalnya, teknik editing yang satu ini memang sedikit memerlukan kejelian dalam proses penerapannya. Bahkan, dari setiap proses langkah-langkah dalam teknik ROL ini pun juga cukup sulit untuk dilakukan. Akan tetapi jangan khawatir, kali ini DIYKamera akan berbagai tips mengenai bagaimana cara membuat efek ROL pada foto.

Cara Membuat Efek ROL Pada Foto

Tapi tunggu dulu kawan, sebelum kita jauh mengulas bagaimana cara membuat efek ROL pada foto, DIYKamera akan sedikit menjelaskan apa itu efek ROL. Dalam dunia fotografi efek ROL yang merupakan kepanjangan dari Ray of Light ini merupakan efek dari cahaya yang tertangkap kamera. Dengan kata lain, efek ROL sendiri lebih mengutamakan bagaimana cahaya, misalnya di cahaya matahari tampak begitu jelas menerangi obyek foto namun dengan mengikuti alur cahaya yang natural. Sehingga, tak terkesan dibuat-buat meskipun aslinya diedit. Nah, umumnya untuk menerapkan cara membuat efek ROL pada foto ini, kebanyakan menggunakan aplikasi photoshop mengingat aplikasi ini cukup simple dan fleksibel untuk proses editing. Lantas, bagaimana cara untuk melakukannya? Yuk, simak saja uraian lengkap dari DIYKamera mengenai cara membuat efek ROL pada foto di bawah ini!

Memberi Efek Cahaya Pada Photoshop

Cara Membuat Efek ROL pada Foto

Di bawah ini, DIYKamera akan jelaskan secara rinci mengenai cara membuat efek ROL pada foto untuk mendapatkan hasil gambar atau foto yang lebih berkesan. Di mana, kali ini kita akan gunakan aplikasi Photoshop. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Langkah pertama dalam cara membuat efek ROL pada foto dengan photoshop ini, yaitu dengan membuka aplikasi Photoshop. Jika sobat belum mempunya aplikasinya, silahkan install dulu aplikasinya di laptop atau komputer. Jika sudah maka bukalah Photoshop dan buka file gambar yang akan diedit. Setelah itu, buat layer baru dengan mengklik ikon layer baru di bagian bawah layer. Kemudian, beri nama layer ini ‘Light Rays’.
  2. Selanjutnya, untuk menerapkan cara membuat efek ROL pada foto, klik Image – Adjusment – Treshold. Langkah ini dilakukan untuk mencari atau menentukan area highlight sebagai sumber pancaran cahaya matahari. Artinya, di sini kita akan mencari tahu di mana posisi ROL berasal.
  3. Kemudian, klik menu Filter – pilih Blur – Radial Blur. Sampai di sini, nanti akan ada kotak pilihan. Nah, isi kotak Radial Blur dengan Amount dengan nilai yang agak besar untuk mendapatkan efek ROL yang lebih tegas. Kemudian, pada kotak pilihan Blur Method pilih Zoom sedangkan Quality dipilih Best.
  4. Jika sudah, kita akan menginjak cara membuat efek ROL pada foto berikutnya. Ganti layer blending mode dari Normal ke Screen. Langkah yang satu ini dilakukan agar area hitamnya menjadi hilang.
  5. Nah, sampai pada langkah di atas, cara membuat efek ROL pada foto berikutnya yaitu dengan memberikan kesan yang lebih tegas dan kuat pada efek ROL. Caranya, sobat bisa melakukan setting instensitas ROL dengan mengeklik Create New Fill or Adjusment Layer dan pilih levels. Jangan lupa untuk menekan tombol ALT dan klik pada garis yang tampak di bagian layer background dan layer level 1.
  6. Sampai di sini, cara membuat efek ROL pada foto sebenarnya sudah selesai. Sobat hanya tinggal melakukan penyempurnaan dengan mengatur Exposure Layer Background.

Cara Membuat Efek Lampu Sorot Di Photoshop

Bagaimana kawan? Cukup mudah bukan cara membuat efek ROL pada foto itu? Memang, langkah untuk mendapatkan efek ROL melalui aplikasi Photoshop di atas sedikit rumit. Namun, jika kita coba dengan benar dan urut maka lama-kelamaan kita akan terbiasa dan bisa mengembangkan edit foto sesuai selera. Sekian ulasan mengenai cara membuat efek ROL pada foto yang telah DIYKamera di atas. Sekian dan selamat mencoba kawan.