Cara Cek Jumlah SC (Shutter Count) pada kamera DSLR

Cara Cek Jumlah SC (Shutter Count) pada kamera DSLR – Apakah sobat pernah bertanya-tanya, kira-kira bagaimana ya cara cek jumlah SC (Shutter Count) pada kamera DSLR? Jika memang benar demikian, wajar saja mengingat SC (Shutter Count) ini sangat berkaitan erat untuk mengetahui seberapa sering kamera digunakan untuk memotret gambar atau foto. Menariknya, dengan hanya cara cek jumlah SC (Shutter Count) pada kamera DSLR maka sobat pun bisa mengetahui usia dari kamera tersebut. Sehingga, shutter count di sini sangat bermanfaat untuk mengetahui kondisi dari kamera tersebut. Lantas, bagaimana sih cara cek jumlah SC (Shutter Count) pada kamera DSLR dengan benar?

Cara Cek Jumlah SC (Shutter Count) Pada Kamera DSLRNah, kaitannya dengan cara cek jumlah SC (Shutter Count) pada kamera DSLR, perlu untuk sobat pahami dulu bahwa SC atau Shutter Count merupakan jumlah berapa banyak shutter button atau tombol rana yang ditekan. Atau bisa disebut juga dengan berapa jumlah foto yang dihasilkan kamera. Jumlah ini sangat penting untuk kita ketahui untuk memperkirakan umur suatu kamera, terlebih saat ingin membeli kamera bekas pakai. Maka dari itu, sangat penting untuk tahu cara cek jumlah SC (Shutter Count) pada kamera DSLR agar kita tahu usia dari kamera tersebut. Karena informasi mengenai shutter count ini terbilang cukup penting untuk seorang fotografer, berikut DIYKamera akan bagikan langkah-langkah bagaimana cara cek jumlah SC (Shutter Count) pada kamera DSLR tersebut.

Cara Cek Jumlah SC Kamera Nikkon

Cara Cek Jumlah SC (Shutter Count) pada kamera DSLR

Untuk mengetahui lebih jelas tentang cara cek jumlah SC (Shutter Count) pada kamera DSLR, berikut DIYKamera akan jelaskan langkah-langkahnya:

Cara Cek Jumlah SC di Kamera Canon
  1. Pertama, untuk cara cek jumlah SC di kamera Canon, sobat harus memastikan bahwa kamera dalam keadaan mati total atau Off.
  2. Jika sudah, diamkan sejenak kurang lebih 15 detik lalu Sambungkan kamera anda dengan perangkat komputer dengan menggunakan kabel USB
  3. Apabila sudah yakin tersambung ke perangkat komputer maka hidupkan kembali kameranya.
  4. Sampai pada cara cek jumlah SC di kamera Canon ini, sobat harus menutup aplikasi EOS Utility. Untuk itu, sangat disarankan menginstall program EOS Utility Software terlebih dahulu.
  5. Nah, beranjak ke langkah cara cek jumlah SC (Shutter Count) pada kamera DSLR Canon berikutnya, buka dan operasikan aplikasi Canon EOS Camera Info v1.2. Perlu diingat bahwa sampai di cara cek jumlah SC di kamera Canon ini, tunggu beberapa saat sampai data SC kamera muncul di perangkat komputer. Lihat dan cek dengan teliti jumlah shutter count dari kamera.
  6. Setelah selesai melihat data SC, matikan kamera “Canon”, kemudian klik OK jika muncul windows success.
Cara Cek Jumlah SC di Kamera Nikon
  1. Sedikit berbeda dari cara cek jumlah SC (Shutter Count) pada kamera DSLR Canon, cara cek jumlah SC di kamera Nikon, kita perlu mengeceknya secara online. Di mana, langkah pertama yang perlu sobat lakukan yaitu dengan mengunjungi situs camerashuttercoun.com.
  2. Jika sudah melakukan langkah pertama dari cara cek jumlah SC di kamera Nikon tersebut, maka upload salah satu hasil foto di kamera ke situs tersebut. Untuk meng-upload foto, sobat bisa menggunakan smartphone juga.
  3. Kemudian langkah selanjutnya dari cara cek jumlah SC (Shutter Count) pada kamera DSLR Canon ini tunggulah sampai nanti muncul sebuah kotak notifikasi Camera Shutter Count
  4. Nah, langkah terakhir pada cara cek jumlah SC di kamera Nikon ini nantinya kawan-kawan akan diperlihatkan jumlah shutter count beserta tipe kamera Nikon.

Cara Cek Jumlah SC Kamera Canon

Oke, sampai di sini, tentunya cara cek jumlah SC (Shutter Count) pada kamera DSLR terbilang cukup mudah bukan? Hanya saja, setiap merk berbeda-beda caranya, seperti pada kamera Canon atau Nikon yang telah DIYKamera jelaskan di atas. Di sisi lain, karena saking pentingnya maka sangat disarankan bagi sobat untuk mengecek jumlah SC secara berkala atau ketika akan membeli DSLR second. Sekian tutorial mengenai cara cek jumlah SC (Shutter Count) pada kamera DSLR. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!!