Pengertian GN (Guide Number) pada Flash

Pengertian GN (Guide Number) pada Flash – Meski terbilang agak asing, khususnya para fotografer pemula namun mengenal pengertian GN (Guide Number) pada flash tampaknya menjadi salah satu hal yang penting untuk dipahami dan didalami. Pasalnya, Guide Number atau disingkat GN dalam dunia fotografi ini sangat berkaitan dengan sistem pencahayaan dari flash yang digunakan untuk menerangi subyek foto. Tentu, istilah tersebut sangat dibutuhkan, terutama ketika akan memotret di lingkungan yang minim cahaya yang membutuhkan sorotan flash. Lantas, kira-kira apa dan bagaimana sih pengertian GN (Guide Number) pada flash itu?

Pengertian GN (Guide Number) Pada Flash

Selama ini, fotografer pemula memang seringkali mengesampingkan pengertian GN (Guide Number) pada flash. Kebanyakan dari mereka hanya menggunakan flash secara auto ketika memotret di tempat yang gelap sehingga kadang justru hasilnya kurang berkualitas. Maka dari itu, hal ini memang dinilai sangat penting untuk dikenali dan dipahami secara mendalam. Pasalnya, seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa flash pada sebuah kamera memang digunakan untuk menerangi subyek foto di mana kemampuan flash dalam menerangi subyek tersebut akan terbatas pada kekuatan dan jaraknya. Semakin tinggi angka GN maka semakin kuat flashnya. Di sini lah letak pentingnya memahami pengertian GN (Guide Number) pada flash untuk mendapatkan hasil jepretan foto yang berkualitas di lokasi yang minim cahaya. Untuk lebih jelasnya, simak saja ulasannya di bawah ini!

Rumus Flash External

Pengertian GN (Guide Number) pada Flash

Terkait dengan pengertian GN (Guide Number) pada flash, seperti yang dikatakan di atas bahwa GN akan berpengaruh pada tingkat cahaya yang dipancarkan oleh flash untuk menerangi subyek foto. Di mana, jika angka GN yang dipilih tinggi maka dipastikan pancaran sinar flash pun akan semakin kuat. Dengan kata lain, pengertian GN (Guide Number) pada flash ini memiliki rumus sebagai berikut :

GN (Guide Number) = jarak (meter) X bukaan (f-number)

Dalam rumus tersebut, bisa diketahui bahwa hitungan dari pengertian GN (Guide Number) pada flash yaitu Bukaan = GN : Jarak sedangkan untuk Jarak = GN : Bukaan. Tentu saja, dengan menerapkan guide number, kita akan lebih mudah dalam menghitung jarak subjek yang optimal atau bukaan yang dibutuhkan. Apabila GN flash 60 di ISO 100 dan bukaan diset ke f/8, subjek pasnya berada di 7.5 meter dari flash (di dapat dari 60 dibagi 8) saat kekuatan flash diatur dengan kekuatan penuh. Jika subjek berada lebih dari 7.5 meter, subjek akan terlihat gelap. Namun, hal yang perlu diingat dari pengertian GN (Guide Number) pada flash yakni bahwa rumus tersebut hanya berlaku pada saat flash ditujukan langsung pada ke subyek. Dengan begitu maka secara otomatis tidak berlaku lagi jika sobat memasang lighting modifier seperti payung, snoot, softbox dan sebagainya.

Selain itu, dalam pengertian GN (Guide Number) pada flash juga berdampak pada pengaturan ISO. Di mana, dengan menaikkan ISO maka akan meningkatkan nilai GN. Sehingga, sangat dimungkinkan untuk memberikan pancaran cahaya pada subjek di jarak yang lebih jauh. Contohnya saja dari ISO 100 ke 200, GN bertambah 1.4 X, sedangkan dari 100 ke 400, GN bertambah 2 X, dan seterusnya.

Fungsi Ttl Pada Flash

Nah, dari pengertian GN (Guide Number) pada flash yang telah diuraikan di atas, tentu saja akan membantu teman-teman sekalian dalam memotret foto ketika berada di ruang yang minim cahaya atau gelap. Pasalnya, untuk pemotretan dalam ruang yang minim cahaya memiliki teknik tersendiri yang salah satunya yaitu terkait dengan GN (Guide Number) yang berhubungan dengan daya terang dari flash. Nah, sampai di sini dulu pembahasan mengenai pengertian GN (Guide Number) pada flash. Sekian dan semoga bermanfaat.