Cara Membuat Dry Box Untuk Kamera DSLR dengan Mudah

Cara Membuat Dry Box Untuk Kamera DSLR – cara menyimpan kamera yang aman salah satunya adalah menggunakan dry box. Namun tahukah kamu cara membuat dry box untuk kamera DSLR? Membeli kamera DSLR memang harus hati-hati dalam penyimpanannya. Sebab, tidak jarang diantara pengguna kamera DSLR belum mengetahui cara penyimpanan yang baik, alhasil lensa akan mudah berjamur. Jika sudah demikian, maka membeli lensa lagi pun harus memakan biaya yang mahal. Tidak hanya itu, apabila kamera akan dijual pun harganya sudah turun drastis padahal masih bergaransi. Lantas bagaimana ya cara membuat dry box untuk kamera DSLR yang gampang?

Cara Membuat Dry Box Untuk Kamera DSLR

Penggunaan Dry Box ini bisa menjadi sebuah keharusan jika kamu memiliki beragam peralatan fotografi. Pada kesempatan kali ini DIYKamera akan membahas cara membuat dry box untuk kamera DSLR secara mudah dengan lengkap. Tentu ulasan ini akan sangat bermanfaat bagi kawan-kawan fotografer yang khawatir ketika menyimpan peralatan fotografinya khususnya kamera. Baiklah, mari kita simak ulasan cara membuat dry box untuk kamera DSLR di bawah ini.

Cara Menggunakan Dry Box

Alat untuk membuat Dry Box

Untuk membuat Dry Box, maka kamu harus menyiapkan beberapa hal, diantaranya adalah:

  1. Box kedap udara yang tutupnya rubber sealed

Penutup rubber sealed tersebut bisa menjaga keadaan udara dalam terjaga karena udara dari luar tidak mudah masuk. Dalam cara membuat dry box untuk kamera DSLR kamu bisa menggunakan box dengan ukuran 40x30cm jika ingin menyimpan peralatan fotografi kamu. Untuk membeli box plastik kedap udara ini, bajet yang perlu kamu siapkan kurang lebih Rp. 100.000.

  1. Termometer dan Hirgrometer

Kedua alat tersebut digunakan untuk memantau keadaan suhu dan kelembaban dalam box sehingga kamu bisa memantau keadaan box secara berkala. Untuk higrometer sebaiknya nilainya harus dikalibrasi untuk mengetahui standar nilai yang ditunjukkan dalam kelembaban yang pas.

  1. Silica Gel

Yang tidak kalah penting dalam cara membuat dry box untuk kamera DSLR adalah penyerap kelembaban udara atau silica gel. Jika menggunakan silica gel, sebaiknya sediakan silica gel kurang lebih 6 sachet. Dan apabila kamu masih kurang puas dengan silica gel yang eceran maka kamu bisa menggunakan dehumidifier (penyerap air). Keduanya sama-sama dapat menyerap air di udara sehingga kelembaban dalam box terjaga dengan baik.

  1. Gunakan Bubble Wrap

Bubble Wrap ini sangat penting untuk kamera DSLR karena difungsikan sebagai pelindung dari bahaya benturan sehingga tidak akan mudah tergores atau rusak. Setelah peralatan tersebut terkumpul, tingga kamu membuat Dry Box secara DIY. Berikut tahapan yang bisa kamu lakukan cara membuat dry box untuk kamera DSLR.

Cara Membuat Dry Box Untuk Kamera DSLR

Pertama dari cara membuat dry box untuk kamera DSLR ini adalah lapisi alas box dengan Bubble Wrap kemudian letakkan silica gel atau juga dehumidifier. Jangan lupa, letakkan pula Higrometer kemudian tutup hingga nilai di higrometer menunjukkan angka sekitar 40% hingga 65%.

Cara membuat dry box untuk kamera DSLR yang kedua, setelah menentukan nilai higrometer sudah pas maka langkah selanjutnya adalah memasukkan alat-alat utama kamera. Nah, sebaiknya untuk selalu memantau kelembaban sehingga bisa melihat keadaan kamera agar tetap terjaga dengan baik.

Hal yang paling penting ketika menggunakan Dry Box adalah letakkan di tempat yang jauh dari tempat yang lembab seperti area kamar mandi, tempat mencuci, kolam ataupun beberapa lokasi yang sangat mudah terkena air ketika musim hujan. Hal ini bertujuan agar perubahan udara atau kelembaban dalam box juga tidak berubah secara drastis.

Sebaiknya untuk tetap membuka Dry Box kurang lebih sebulan sekali agar sirkulasi udara dalam box juga tetap terjaga dengan baik sehingga mengurangi timbulnya jamur atau bakteri. Hal lain yang perlu kamu ketahui adalah apabila kamu menggunakan silica gel, sebaiknya ketahui masa aktif dari silica gel tersebut. Sebab, silica yang sudah tidak aktif juga menyebabkan resiko kelembaban dalam box semakin meningkat dan tentu ini membahayakan keadaan kamera DSLR kamu.

Cara Membuat Dry Box Tupperware

Demikian cara membuat dry box untuk kamera DSLR yang dapat DIYKamera berikan. Selamat mempraktekan dan selamat mencoba.