Cara Merawat Kamera DSLR Agar Anti Jamur dan Debu

Cara Merawat Kamera DSLR – Setiap barang elektronik yang kita punya harus kita rawat dengan baik agar awet dan tidak mudah rusak. Salah satunya Cara Merawat Kamera DSLR ini dimana kamera merupakan salah satu barang elektronik yang sensitif. Tidak seperti barang lainnya yang bisa dengan gampang Anda bersihkan, ada alat khusu yang harus Anda gunakan untuk membersihkan kamera dan lensa. Peralatan pembersih kamera bisa disebut dengan cleaning kit yang bisa Anda dapatkan di toko kamera terdekat. Dalam cleaning kit terdapat kasa pembersih, cairan pembersih, bloser, tissue, dan lain-lain. Anda bisa menggunakan cleaning kit untuk membersihkan kamera dan lensa. Setelah Anda selesai memotret terutama setelah memotret di luar ruangan, segeralah bersihkan kamera dan lensa agar tidak kotor dan debu yang menempel bisa hilang. Membersihkan kamera dan lensa secara benar dan teratur bisa menjadi salah satu cara merawat kamera DSLR.

Cara Merawat Kamera DSLR

Cara Merawat Kamera DSLR

Banyak cara merawat kamera DSLR  yang harus Anda ketahui salah satunya adalah Anda harus menghindarkan kamera dari air. Meskipun ada beberapa kamera yang memiliki teknologi waterproof atau anti air namun Anda harus menjauhkan kamera dari air karena bisa mengakibatkan kerusakan internal. Jika lensa atau kamera Anda berembun, seger bersihkan dengan menggunakan cleaning kit. Anda juga harus memiliki tas khusus kamera yang bisa Anda gunakan untuk hunting foto. Menggunakan tas kamera untuk membawa kamera akan membuat kamera aman dan terhindar dari kerusakan. Dalam tas kamera terdapat sekat berbusa yang melindungi kamera dari benturan. Selain itu terdapat sekat yang bisa Anda gunakan untuk menaruh lensa, charger, flash, dan lain-lain. Ukuran tas kamera sangat beragam tergantung dari kebutuhan Anda. Dalam cara merawat kamera DSLR  ini jika Anda menaruh kamera pada tas biasa yang tidak memiliki pelindung, dikhawatirkan kamera akan rusak jika tas Anda terbentur sesuatu.

Cara Merawat Kamera DSLR Dengan Benar

Adapun cara merawat kamera DSLR adalah dengan memasang pelindung layar pada LCD kamera. Hal ini bertujuan agar LCD tidak terkena goresan serta melindunginya dari debu dan air. Anda bisa mendapatkan pelindung layar ini dengan mudah dan harganya lumayan murah. Banyak fotografer yang tidak memasang pelindung layar ini, padahal pemasangannya sangat penting untuk melindungi layar LCD kamera. Dalam cara merawat kamera DSLR ini DIYKamera menyarankan untuk memasang filter pada lensa untuk menjaga kebersihan lensa dan melindungi lensa dari pengaruh buruk sinar UV. Filter yang dipasang pada lensa biasanya berupa filter, sesuaikan ukuran filter dengan ukuran lensa Anda. filter yang menempel pada lensa juga harus sering Anda bersihkan agar bisa bekerja secara maksimal. Cara membersihkannya sangat mudah, Anda hanya perlu menggosok secara hati-hati dengan menggunakan kain halus.

Cara Merawat Kamera DSLR Yang Benar

Cara merawat kamera DSLR yang selanjutnya adalah dengan memasang lens hood. Memasang lens hood pada kamera memang membuat kamera DSLR tampak lebih keren. Namun ada fungsi yang lebih utama dari penggunaan lens hood yaitu untuk mencegah cahaya berlebih masuk ke sensor kamera. Masuknya cahaya yang berlebih akan bisa mengurangi kepekaan sensor kamera. Oleh karea itu saat Anda sedang melakukan aktivitas fotografi outdoor alangkah baiknya Anda menggunakan lens hood. Selain itu dalam cara merawat kamera DSLR ini anda harus mengetahui shoulder strap yang merupakan salah satu bagian dari kamera yang mempunyai fungsi sangat vital. Fungsi dari strap ini adalah untuk melindungi kamera agar tidak terjatuh. Saat Anda memotret gantung strap pada leher Anda agar kamera tidak terjatuh saat Anda sedang memotret.

Menyimpan kamera dengan benar juga salah satu cara merawat kamera DSLR. Simpan kamera dan perlengkapan fotografi lainnya pada dry box. Dry box berfungsi untuk menjaga kamera agar tetap kering serta menghindarkan kamera dari kelembaban. Kamera memang harus disimpan pada suhu tertentu agar suhu tetap kering. Jika kamera Anda simpan sembarangan maka bisa mengakibatkan kamera lembab dan hal ini bisa memicu tumbuhnya jamur pada kamera. Jika sudah begini maka akan mempengaruhi fungsi dari kamera. Selain itu menyimpan kamera pada dry box juga bisa menjaga kebersihan kamera dari debu dan air. Dengan cara merawat kamera DSLR menggunakan cara yang benar maka akan bisa membuat kamera Anda awet dan tidak mudah rusak.