Cara Membuat Foto Panning dengan Mudah

Cara Membuat Foto Panning – Dalam proses belajar fotografi, salah satu hal yang cukup penting untuk dipelajari yaitu pengetahuan mengenai cara membuat foto panning. Sebab, perlu diketahui bahwa Foto panning sendiri merupakan foto yang memperlihatkan kesan bergerak pada sebuah subyek, dengan membuat background menjadi blur sementara subyek utama tetap tajam. Foto panning umumnya dibuat dengan menggerakkan kamera searah dengan gerakan subyek. Cukup menarik bukan? Berkaitan dengan itu maka DIYKamera akan memberikan sedikit ulasan mengenai cara membuat foto panning yang layak untuk sobat coba.

Cara Membuat Foto Panning

Tapi tunggu dulu kawan, dalam menerapkan cara membuat foto panning ini, hal yang perlu kawan ketahui yaitu teknik dasarnya. Di mana, dalam kaitannya dengan pembahasan ini, sobat harus bisa menyelaraskan antara arah gerakan obyek yang dipotret dengan gerakkan kameranya. Hal tersebut merupakan salah satu teknik dasar foto panning yang harus didalami. Nah, untuk langkah-langkahnya sendiri, di bawah ini DIYKamera akan bagikan tutorial mengenai cara membuat foto panning. Mari, kita ulas dan simak bersama.

Cara Membuat Foto Panning Dengan Android

Cara Membuat Foto Panning

Nah, berikut ini beberapa langkah dalam cara membuat foto panning yang mudah untuk kawan terapkan. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Atur Settingan Kamera

Langkah awal dalam menerapkan cara membuat foto panning yaitu dengan mengatur kamera. Dimana, untuk membuat foto panning ini, gunakan mode shutter priority – T atau Sv. Namun, hal yang perlu diingat dalam setting kamera yaitu bahwa berapa besar shutter speed yang harus dipakai tergantung pada kecepatan gerakan subyek yang akan difoto dan kecepatan relatif subyek terhadap kamera.

  1. Setting Fokus untuk Panning

Maksudnya bahwa di kala kita akan menerapkan cara membuat foto panning, kita bisa menggunakan mode autofocus atau manual focus. Hanya saja, menurut beberapa fotografer profesional, manual fokus akan lebih konsisten meski tentu saja lebih membutuhkan latihan dan kesabaran. Namun, untuk menerapkan cara ini, pengaturan mode fokus ini juga bisa menggunakan mode autofokus untuk mengeset titik fokus pada titik dimana subyek akan berada lalu setelah terkunci, switch ke manual fokus (MF).

  1. Atur Frame

Nah, langkah selanjutnya dalam cara membuat foto panning yaitu dengan mengatur frame lebih lebar. Hindari frame yang terlalu kecil dan ketat. Usahakan untuk memberikan ruang di depan dan belakang subyek sehingga kita cukup leluasa melakukan panning dan subyek secara utuh tertangkap dalam frame. Sampai di sini cara panning ini hampir selesai.

  1. Praktekkan

Jika persiapan pengaturan kamera sudah jelas maka cara membuat foto panning yaitu dengan mempraktekannya. Lebih jelasnya, hal utama dalam soal praktek yaitu menggerakkan lensa maupun kamera secara benar. Perlu diketahui bahwa untuk mendapatkan kesan subyek yang tetap terlihat tajam, gerakan lensa harus tenang dan stabil dan arahnya hanya pada sumbu horisontal: dari kanan ke kiri atau sebaliknya tanpa diikuti naik/turun.

Cara Membuat Foto Panning di Android

Setelah kita tahu beberapa langkah dasar dari cara membuat foto panning di atas, hal utama yang perlu sobat perhatikan yaitu proses praktis atau prakteknya. Terutama saat kita menggerakkan kameranya. Bukan tanpa alasan mengingat jika semakin lembut dan tenang cara kita mengikuti pergerakan dan irama subyek utama, makin tajam mereka terlihat di foto. Kita juga bisa memanfaatkan monopod untuk panning. Nah, itulah tadi ulasan mengenai cara membuat foto panning yang bisa sobat coba dan terapkan sendiri di rumah. Selamat mencoba.