Tips Memotret HDR yang Benar

Tips Memotret HDR – Sebagai salah satu seorang fotografer pemula, tentu tak salah jika kita bersama-sama belajar tips memotret HDR. Nah, sebelum jauh mengulas tips tersebut, tentu masih banyak dari kawan-kawan pemula yang masih awam dan belum terlalu paham mengenai HDR. Maka dari itu, ada baiknya sebelum kita jauh mengulas tips untuk memotret HDR, perlu diketahui bahwa HDR merupakan singkatan dari High Dynamic Range, yaitu sebuah foto yang diperoleh dengan memadukan beberapa foto melalui tone yang bervariasi sehingga menghasilkan satu foto yang memiliki rentang tonal melebihi kemampuan asli kamera. Dengan kata lain, tips memotret HDR merupakan salah satu aktivitas fotografi yang berkenaan dengan teknik pemotretan yang memiliki tiga tingkatan hasil foto, yaitu hasil yang terlalu gelap, sedang dan hasil yang terlalu terang. Di mana, dari ketiga berkas foto itulah nanti nya akan kita proses menjadi satu foto yang memiliki pencahayaan yang sempurna.

Tips Memotret HDR

Nah, berkenaan dengan tips memotret HDR yang akan kita ulas pada pembahasan kali ini, sepertinya memang menjadi topik yang harus kawan-kawan pahami, terutama bagi sobat yang baru memulai belajar seni fotografi. Jika menelisik pemahaman mengenai foto HDR yang telah dijelaskan di atas, meski sekilas tampak sulit namun jika diterapkan dengan benar, teliti, dan sabar maka foto HDR pun akan memberikan hasil yang memuaskan. Di samping itu, tips memotret HDR yang berkualitas tentunya tak lepas juga dari beberapa faktor penting, seperti lensa kamera, obyek foto, maupun kondisi obyek foto. Akan tetapi, dalam foto HDR pun juga tak akan lepas dari faktor subyek itu sendiri, yaitu fotografernya. Walau sudah ditunjang aksesoris pemotretan mumpuni namun jika tak sering berlatih maka hasil bidikan fotonya pun juga kurang berkualitas. Dengan begitu, tentunya tak salah jika kawan-kawan semua mempelajari tips memotret HDR yang benar dan mudah yang akan kita ulas pada uraian berikut ini. Yuk, kia simak saja tipsnya!

Tips Memotret HDR Dengan Mudah

Tips Memotret HDR

Nah, untuk mengetahui beberapa tips memotret HDR yang benar, lakukan beberapa langkah yang dijelaskan berikut ini. Antara lain yaitu :

  1. Hal pertama dari tips memotret HDR yang perlu kawan lakukan yakni dengan mempersiapkan tripod terlebih dahulu. Digunakannya tripod kali ini sebagai media untuk mempermudah fotografer dalam mendapatkan hasil foto atau jepretan yang lebih tajam dan tak berbayang mengingat dalam foto HDR, kita akan menggabungkan beberapa foto sekaligus.
  2. Atur kamera pada posisi mode Aperture Priority (A atau Av). Mode ini akan bekerja secara otomatis di mana aperture dan kamera lah yang akan menentukan shutter speed.
  3. Kemudian tips memotret HDR yang selanjutnya, untuk mendapatkan hasil fokus yang lebih tajam, atur fokus pada posisi manual focusing. Lakukan beberapa bidikan untuk menentukan fokus pada mode autofocus. Jika fokus telah ditentukan, ganti focusing ke mode manual.
  4. Jika sudah maka gunakanlah fitur berupa bracketing yang umumnya ada pada kamera SLR digital. Pengaturan dan penggunaan fitur bracketting ini pun dilakukan mengingat nantinya kamera akan secara otomatis mengatur nilai eksposur (stop) dengan sangat cepat. Hal yang satu ini dinilai jauh lebih nyaman dibanding tangan kita harus sibuk memutar tombol dial.
  5. Selanjutnya, tips memotret HDR yang perlu kawan lakukan yaitu dengan mengambil setidaknya 3 atau 5 jepretan foto. Pada umumnya, foto HDR saat kondisi obyek normal dihasilkan dari 5 foto dengan nilai eksposure berbeda yang nantinya akan digabungkan.
  6. Selain itu, guna mendapatkan hasil foto HDR yang lebih berkualitas, kawan-kawan sangat disarankan untuk menggunakan Matrix Metering atau Evaluate Metering. Fitur ini dinilai sangat berfungsi untuk mengatur atau mengukur seluruh elemen pada obyek bidikan foto sebelum ukuran eksposurnya ditentukan sesuai kebutuhan.
  7. Di sisi lain, dalam tips memotret HDR ini jika memungkinkan, kawan-kawan bisa menggunakan format RAW pada saat pemotretan HDR.

Cara Memotret HDR

Nah, setelah kita ketahui dan pahami ketujuh tips memotret HDR yang telah dijelaskan di atas, tentunya kawan-kawan akan lebih mudah dalam mendapatkan hasil bidikan foto HDR yang lebih berkualitas meski spesifikasi kamera yang digunakan minimalis. Selain itu, walaupun sedikit rumit akan tetapi jika beberapa langkah pemotretan HDR di atas diterapkan secara benar dan teliti maka dipastikan akan memberikan hasil jepretan foto yang berkualitas. Pastinya, dengan hasil yang memuaskan tersebut akan membuat kawan-kawan mendapatkan kepuasan tersendiri. Nah, tampaknya sampai di sini dulu ya kawan pembahasan mengenai tips memotret HDR. Semoga beberapa tips yang DIYKamera sampaikan di atas bisa membantu. Selamat mencoba kawan.

Artikel Terkait
Kontak Kami
@upf9949s
082134184001
Alamat
Jln. Ringroad Selatan, Glugo, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta
Lihat lokasi di Google Maps