Cara Membuat Foto Siluet dengan Photoshop

Cara Membuat Foto Siluet – Salah satu aktivitas editing foto yang patut untuk kawan coba yaitu mencoba cara membuat foto siluet. Mungkin sebagian teman-teman belum tahu apa itu siluet. Menurut Wikipedia, foto siluet sendiri merupakan efek dalam fotografi yang menampilkan perbedaan signifikan antara pantulan cahaya objek utama di bagian depan gambar dengan latar belakangnya. Meski terdengar agak sulit namun sebenarnya untuk membuat foto siluet itu mudah. Jika kawan-kawan ingin tahu, maka DIYKamera pun kan berbagi tutorial mengenai bagaimana cara membuat foto siluet dengan benar.

Cara Membuat Foto Siluet

Nah, kali ini kita akan mencoba menerapkan cara membuat foto siluet dengan menggunakan aplikasi Photoshop. Kenapa Photoshop? Sebab, aplikasi editing foto yang satu ini memiliki segudang fitur terbaik yang kan membantu teman-teman sekalian untuk mendukung setiap aktivitas editing dalam dunia fotografi, salah satunya yaitu foto siluet. Oke, tak perlu berlama-lama, mari kita simak bersama ulasan mengenai cara membuat foto siluet yang akan DIYKamera sajikan langkah-langkahnya di bawah ini. Yuk, kita coba bersama!

Cara Membuat Foto Siluet Dengan Photoshop

Cara Membuat Foto Siluet

Di bawah ini, cara membuat foto siluet yang akan kita bahas dengan menggunakan bantuan aplikasi berupa Photoshop. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Langkah pertama untuk menerapkan cara membuat foto siluet menggunakan Photoshop yaitu dengan membuka aplikasi Photoshop di PC. Jika belum punya, install dulu program aplikasi Photoshop di PC yang sobat miliki. Jika sudah, buka aplikasinya.
  2. Jika sudah terbuka maka buatlah sebuah dokumen baru pada Photoshop dengan rincian Width 600 px, Height 600 px, Resolution 300 px dengan Color Mode RGB Color 8 bit. Kemudian klik Ok.
  3. Nah, beranjak pada proses cara membuat foto siluet selanjutnya, pilih menu File dan Open untuk memilih foto yang nantinya kan kita olah menjadi silut.
  4. Menginjak pada langkah selanjutnya, hal yang perlu sobat perhatikan yaitu memastikan bahwa layer fotonya aktif. Jika sudah, tekan Ctrl + Shift + L untuk membuat obyeknya sedikit gelap namun backgroundnya sedikit terang.
  5. Kemudian, cara membuat foto siluet berikutnya, gunakan tool Quick Selection Tool (W) yang berada di bagian samping kiri dari pilihan menu edit untuk mengambil objek yang akan dijadikan siluet.
  6. Selanjutnya, tekan Ctrl + J untuk menjadikan obyek foto yang dipilih menjadi sebuah layer baru. Jika sudah hilangkan icon mata pada layer foto yang letaknya berada di menu kanan bawah.
  7. Cara membuat foto siluet berikutnya, Klik 2x “layer 1” untuk memunculkan jendela layer effects, kemudian pilih “Color Overlay” dan ganti warnanya menjadi hitam, setelah itu klik ok. Maka warnanya akan menjadi hitam.
  8. Menginjak langkah berikutnya, pilih tool Pollygonal Lasso Tool (L) & Eraser Tool (E) untuk menyempurnakan bagian pinggir-pinggir foto. Edit bentuknya sesuai dengan selera. Sampai di langkah ini, cara membuat foto siluet hampir selesai.
  9. Untuk memberikan kesan yang lebih elegan dan menari sobat bisa meletakkan foto yang sudah diedit menjadi siluet tadi ke bagian center figura dengan sedikit tulisan keterangan. Dalam hal ini, sobat bisa menghiasnya sesuai dengan selera.

Cara Membuat Foto Siluet Wajah

Dari beberapa tutorial mengenai cara membuat foto siluet di atas, memang terkesan sedikit rumit. Namun, jika kita lakukan secara urut dan benar maka kita pun bisa menerapkan langkah-langkah pembuatan foto siluet di atas dengan hasil yang cukup memuaskan. Bagaimana kawan? Sudah siapkah untuk mencobanya? Semoga ulasan mengenai cara membuat foto siluet di atas bisa memberikan inspirasi buat teman-teman sekalian.