Cara Memotret Bokeh yang Tajam dan Indah

Cara Memotret Bokeh – Bagi anda yang mencari cara memotret bokeh pasti sudah mengetahui apa itu bokeh dalam dunia fotografi. Foto bokeh adalah istilah dalam fotografi yang ditujukan pada hasil foto dengan area blur atau out of focus. Bokeh sendiri berasal dari bahasa Jepang ‘boke’ yang berarti unfocused atau blur/buram. Istilah bokeh lainnya juga adalah bokashi yang artinya sengaja diburamkan atau sengaja digradasi. Cara memotret bokeh yang bagus tidak mudah, dibutuhkan pengalaman dan teknik khusus untuk mendapatkan foto yang menarik. Selain itu juga dibutuhkan kamera dengan lensa dan spesifikasi yang mendukung pemotretan bokeh. Lalu bagaimana sih sebenarnya cara memotret bokeh itu? Yuk DIYKamera jelaskan dalam tutorial dibawah ini

Cara Memotret Bokeh

Faktor Pendorong Foto Bokeh

Sebelum mengetahui teknik cara memotret bokeh, sebaiknya kita mengetahui beberapa faktor pendorong sehingga foto bokeh dalam kamera dapat dihasilkan,

  1. Aperture

Aperture atau bukaan pada lensa penting untuk dimasukkan dalam urutan cara memotret bokeh ini karena mempengaruhi kualitas foto bokeh pada kamera, khususnya keeping metal atau blade nya. Blade pada lensa dapat bergerak terbuka dan tertutup membentuk lubang aperture, jumlah blade yang banyak pada lensa akan membuat bokeh berbentuk lingkaran sedangkan jumlah blade yang sedikit pada lensa akan membuat bokeh berbentuk polygonal.

  1. Sphrical aberration dan comatic aberration

Spherical aberration pada lensa adalah efek optic yang terjadi ketika cahaya masuk kedalam lensa. Setiap lensa dan kamera memiliki kemampuan spherical aberration yang berbeda. Setiap lensa akan menghasilkan pantulan sinar cahaya berbeda pada bagian samping maupun bagian tengah, hal itu berhubungan dengan bentuk bokeh yang berbeda-beda bergantung pada lensa kameranya sendiri. Comatic aberration adalah efek optic yang terjadi karena ketidaksempurnaan pada lensa, misalnya bagian optic di dalam lensa tidak tepat merefleksikan cahaya yang masuk pada titik yang tepat sehingga menghasilkan daerah out of focus yang terdistorsi. Hal tersebut akan membentuk swirly bokeh (bokeh terdistorsi berbentuk melingkar).

Itulah dua hal yang harus diketahui mengenai faktor pendorong foto bokeh yang berhubungan dengan lensa dan kamera yang anda miliki. Lalu bagaimana cara memotret bokeh? Berikut ini kami akan memberikan ulasannya,

Cara Memotret Bokeh Dengan Benar

Cara Memotret Bokeh

Ada 5 cara memotret bokeh yang dapat dilakukan oleh anda, untuk menghasilkan foto bokeh yang krispy dan menarik, diantaranya yaitu:

  1. Pengaturan aperture dan focal length lensa

Nah cara memotret bokeh yang pertama berkaitan dengan aAperture dan Focal Length. Kedua hal ini merupakan hal yang saling berkaitan sehingga merupakan hal yang paling sering dibahas apalagi jika berbicara mengenai foto bokeh. Efek bokeh akan didapat ketika aperture kamera DSLR anda pada bukaan terkecil, yang artinya angka dibelakang f/ adalah jumlah yag besar.

  1. Background, latar depan, dan objek

Dalam cara memotret bokeh yang tidak kalah penting adalah memperhatikan background objek. Semakin jauh background terhadap objek, akan menghasilkan lebih besar peluang untuk memotret foto bokeh. Anda bisa menempatkan objek pada posisi berjauhan dari background. Intinya, anda memotret objek dengan jarak background yang lebih jauh.

  1. Depth of Field (DOF)

Cara memotret bokeh selanjutnya adalah dengan memahami depth of field (DOF) atau rentang jarak objek foto terhadap kamera agar dapat memotret efek bokeh. Untuk mendapat DOF yang baik, anda harus berada pada jarak jauh dengan sumber cahaya dan pastikan juga mengaktifkan fokus pada mode manual. Dekatkan objek sedekat mungkin dengan lensa kamera.

  1. Pencahayaan

Mendapatkan cahaya terbaik merupakan hal yang sangat menguntungkan dalam cara memotret bokeh kali ini. Cahaya yang digunakan bergantung pada objek yang anda potret, anda harus mengetahui letak cahaya yang bagus dalam objek anda, apakah dari depan, dari belakang, atau mungkin dari samping. Berkreatiflah dan jangan takut bereksperimen karena kadang-kadang foto bokeh dihasilkan dari ketidaksengajaan.

  1. Gunakan peralatan tambahan

Akhirnya kita memasuki cara memotret bokeh yang terakhir. Untuk menghasilkan foto bokeh yang stabil, anda bisa menggunakan tripod agar kamera tetap stabil, kemudian anda juga bisa menggunakan lensa prime atau khusus lainnya, selain itu anda juga bisa menggunakan filter jika dibutuhkan.

Cara Memotret Foto Bokeh

Itulah tadi cara memotret bokeh yang benar sehingga hasil foto anda tampak tajam namun menghasilkan efek bokeh yang ciamik. Sebenarnya tidak hanya menggunakan kamera DSLR saja, anda juga bisa menggunakan kamera android untuk menghasilkan hasil bokeh, namun android anda harus support pengaturan yang cukup canggih dari segi kameranya, hanya beberapa smartphone android yang sudah support hal tersebut. Foto bokeh cukup banyak diminati oleh berbagai kalangan, tidak hanya harus menjadi fotografer yang profesional untuk dapat memotret bokeh, meskipun anda pemula juga anda bisa memotret bokeh. Demikian informasi pada artikel mengenai cara memotret bokeh, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda semua. Salam fotografi! Selamat mencoba!