Cara Memotret Milky Way dengan Hasil yang Sempurna

Cara Memotret Milky Way – Sebelum anda mengetahui cara memotret milky way, pernahkah anda mendengar mengenai astrofotografi? Nah cabang ilmu fotografi itu cukup banyak, salah satunya adalah astrofotografi. Astrofotografi secara bahasa terdiri dari astronomi dan fotografi dimana astronomi adalah ilmu yang mempelajari benda-benda di angkasa dan fotografi secara singkat adalah ilmu yang dmempelajari mengenai foto. Jadi, dapat disimpulkan bahwa astrofotografi adalah ilmu mengenai memotret benda-benda langit seperti bintang, bulan, komet, galaksi. Sebagaimana kita ketahui bumi ini berada pada orbit galaksi bimasakti atau milky way dalam bahasa inggris. Cara memotret milky way merupakan salah satu teknik yang banyak dicari dalam astrofotografi yang banyak diminati oleh berbagai kalangan. Tidak perlu menggunakan kamera digital, anda juga bisa menggnakan kamera smartphone untuk memotret milky way dengan baik. Penasaran bagaimana cara memotret milky way dengan hasil yang sempurna? Berikut adalah ulasannya.

Cara Memotret Milky Way

Cara Memotret Milky Way Dengan Smartphone

  1. Pengaturan kamera smartphone

Pada cara memotret milky way dengan smartphone ini anda bisa menggunakan settingan manual dengan support Long eksposure pada kamera smartphone, jangan gunakan mode auto. Eksposure disini berarti kamera smartphone anda sudah didukung dengan pengaturan ISO, aperture, dan shutter speed dimana ISO adalah tingkat sensitifitas kamera terhadap cahaya, aperture adalah bukaan atau diafragma pada kamera, dan shutter speed adalah rentang waktu dimana lensa terbuka ketika akan memotret. Ketika akan memotret, baiknya anda mengatur ketiga elemen tersebut dimana kita bisa mengatur eksposure time sekitar 16 hingga 32 detik, kemudian atur ISO nya menjadi 1600 atau 3200 dengan settingan fokus menjadi infinity fokus. Jika hasil foto pada settingan tersebut tidak cukup baik bahkan terdapat noise atau bintik-bintik kecil yang mengganggu hasil foto, anda bisa mengatur ISO nya menjadi lebih rendah lagi.

  1. Gunakan tripod untuk smartphone

Mengetahui cara memotret milky way dengan smartphone memang cukup sulit jika menggunakan tangan anda saja karena hasilnya akan membuat foto menjadi blur apabila smartphone anda tidak stabil. Menggunakan tripod atau alat bantu lainnya dapat membuat kamera anda lebih stabil saat memotret milky way, hal itu disebabkan karena settingan dalam memotret milky way menggunakan kecepatan rana atau shutter speed yang cukup lama.

Cara Memotret Milky Way Dengan Smartphone

Cara Memotret Milky Way Dengan Kamera Digital

Jika tadi kita membahas memotret milky way menggunakan smartphone, kini kita akan membahas cara memotret milky way dengan kamera DSLR atau Digital Single Lens Reflex.

  1. Persiapan

Tahap pertama dalam cara memotret milky way dengan kamera DSLR ini adalah persiapan. Hal ini sangat penting, semua persiapan anda harus matang. Anda harus mempersiapkan persiapan logistik seperti kamera DSLR, tripod, remote shutter (jika ada). Setelah mempersiapkan persiapan logistik, anda harus mempersiapkan situasi, tempat, dan waktu yang pas untuk memotret milky way. Jika anda kesulitan untuk mencari tempat dan waktu yang pas, anda bisa menggunakan bantuan aplikasi stellarium yang dapat di download secara gratis di internet. Jika persiapan anda sudah matang, anda bisa melanjutkan ke tahap berikutnya.

  1. Pengaturan manual

Sebelum memotret, anda harus mengatur mode manual pada kamera DSLR anda, tentukan exposure yang tepat (ISO, Shutter Speed, dan aperture). Anda bisa mengatur aperture terbesar misalnya f/3.5 untuk lensa kit dan f/2.8 untuk lensa wide. Dalam cara memotret milky way dengan DSLR ini, pengaturan shutter speed harus menggunakan kecepatan rana yang lambat, anda bisa menggunakan mode 30 second, jangan menggunakan mode bulb agar hasil potretan milky way menghasilkan garis-garis bintang. Gunakan ISO yang besar misalnya lebih dari 1600, jika terdapat noise, anda bisa merendahkan ISO nya, namun jika sudah terlanjur menggunakan ISO yang besar, anda bisa menghapus noise tersebut menggunakan aplikasi noise remover di studio saat proses editing. Jangan menggunakan flash ketika akan memotret milky way, namun anda bisa menggunakan bantuan lampu LED untuk bantuan pencahayaan.

  1. Gunakan tripod

Menggunaan tripod atau alat bantu lainnya dalam cara memotret milky way dengan kamera digital ini dapat membuat kamera digital anda tetap stabil akan mengurangi efek blur atau kabut pada saat proses pemotretan. Blur akan disebabkan oleh goyangan atau tidak stabilnya kamera karena shutter speed yang sangat lambat sehingga kamera anda akan lebih sensitive dibandingkan menggunakan kecepatan rana yang cepat.

Cara Memotret Milky Way Dengan Kamera Dslr

Itulah beberapa tips dan trik cara memotret milky way menggunakan smartphone ataupun kamera DSLR yang bisa menjadi pedoman anda.