Cara Memotret Siluet dengan Cantik!

Cara Memotret Siluet – Untuk mendapatkan hasil bidikan kamera yang keren maka teman-teman setidaknya harus tahu cara memotret siluet. Bukan tanpa alasan, meski hasil foto siluet ini cukup simple namun tetap memberikan kesan yang indah mengingat foto siluet sendiri memang merupakan salah satu genre fotografi yang menampilkan objek gelap dengan latar belakang terang. Dengan begitu maka tak heran jika gaya fotografi semi abstrak ini terbilang cukup populer di kalangan para pecinta fotografi. Namun, bagi yang masih pemula tampaknya perlu untuk mengetahui cara memotret siluet yang benar agar mampu memberikan hasil bidikan foto keren. Bahkan, dengan menggunakan kamera minim pun, jika teman-teman tahu caranya dipastikan akan sanggup mendapatkan hasil foto siluet yang begitu menawan. Pasti, kawan-kawan sudah pada penasaran, bagaimana sih cara memotret siluet itu?

Cara Memotret Siluet

Tapi tunggu dulu ya teman, sebelum kita jauh mengupas tentang tips bagaimana cara memotret siluet, ada beberapa hal penting yang perlu untuk dipahami. Perlu untuk kawan ketahui bahwa pada dasarnya, lensa kamera memiliki sistem kerja yang hampir menyerupai mata kita. Nah, pada saat ada perbedaan yang sangat mencolok yang terjadi di antara pantulan cahaya objek utama di bagian depan gambar dengan background maka sudah dipastikan itu lah letak kemungkinan besar terjadi efek siluet. Dengan kata lain, intinya bahwa untuk mendapatkan hasil foto siluet, tentu kawan-kawan harus memastikan bahwa cahaya yang terpancar dari bagian belakang objek foto harus lebih terang sehingga akan menimbulkan sebuah efek yang nantinya akan membuat objek foto menjadi tampak gelap. Secara teori memang mudah namun jika kawan-kawan belum tahu cara memotret siluet dengan benar maka hasilnya pun juga kurang maksimal. Berkaitan dengan itu maka pada pembahasan kali ini kita akan bersama-sama mengkaji bagaimana cara memotret siluet dengan benar agar mendapatkan hasil yang memuaskan. Yuk, kita simak bersama ulasannya!

Cara Memotret Siluet Dengan Kamera Dslr

Cara Memotret Siluet

Nah, ada beberapa langkah atau tahapan untuk menerapkan cara memotret siluet ini. Di mana, kali ini kita akan mengulas setidaknya ada beberapa langkah untuk mendapatkan hasil foto siluet yang keren. Antara lain :

  1. Atur Posisi Objek Foto dengan Benar

Sebagai langkah awal dalam cara memotret siluet ini, kawan-kawan harus benar-benar memastikan bahwa objek yang akan diambil berada di depan sumber cahaya terang. Dengan kata lain jika diurutkan menjadi cahaya – objek – kamera. Perlu diingat bahwa dalam memposisikan objek maka sobat harus menempatkan sumber cahaya di belakang objek yang akan kita foto sehingga nantinya bagian objek tak mendapatkan cahaya. Tentu saja, objek akan menjadi berwarna gelap.

  1. Mengatur Bentuk Objek

Cukup penting bahwa untuk mendapatkan hasil foto siluet yang keren maka kenali bentuk objeknya. Dalam cara memotret siluet ini, sangat disarankan bahwa Bentuk objek sebisa mungkin jangan sampai bertumpang tindih dengan objek lainnya. Hal ini bisa mengakibatkan tidak dikenalinya objek yang tertangkap dalam foto. Jika memotret manusia, pastikanlah terlihat jelas mana bagian kepala, badan, tangan dan kaki.

  1. Memilih Waktu yang Tepat

Maksudnya, jika posisi antara kamera – objek – sumber cahaya harus tegak lurus. Jika sumber cahaya yang akan digunakan adalah matahari maka sobat harus bisa memastikan waktu yang tepat objek berada di depan matahari tersebut sehingga akan menghasilkan foto siluet yang pas dan mempesona.

  1. Manfaatkan Fitur Metering Spot

Nah, salah satu cara memotret siluet pun bisa dengan memanfaatkan fitur berupa metering spot untuk mengukur tingkat kecerahan sebuah objek. Selain itu, metering ini memiliki kinerja dalam mengukur cahaya pada titik atau area kecil di tengah frame foto sehingga akan memberikan kemudahan dalam memotret foto siluet.

  1. Bergaya Sesuai Selera

Perlu untuk kawan-kawan ketahui bahwa dalam teknik foto siluet ini, kecepatan rana yang sangat tinggi sangat dimungkinkan untuk mendapatkan posisi objek dalam kecepatan yang tinggi. Namun, perlu untuk diketahui bahwa saat beraksi, sobat harus memastikan bawah posisi dan bentuk objek tetap terlihat dengan baik.

  1. Hindari Penggunaan Flash

Nah, untuk menerapkan cara memotret siluet ini, kawan-kawan juga harus menghindari penggunaan flash atau cahaya tembak dari kamera. Sebab, jika hal ini dilakukan justru akan menerangi bagian objek tersebut yang justru membuat foto siluet pun tak berhasil.

Cara Memotret Foto Siluet

Bagaimana kawan? Sebagaimana dengan yang sudah dijelaskan di atas, tentu saja bisa dipastikan bahwa cara memotret siluet itu cukup mudah. Hanya perlu kesabaran, ketelitian, dan tentunya latihan yang berkelanjutan. Sehingga, tak mengherankan jika hasil foto siluet sendiri pun bakal memberikan kepuasan bagi fotografernya. Nah, sampai di sini dulu ya kawan, semoga tutorial cara memotret foto siluet di atas bisa diterapkan dengan mudah.