Tips Foto Hitam Putih

Tips Memotret Hitam Putih – Apakah kalian tertarik dengan foto hitam putih? Nah kali ini DIYKamera ingin berbagi tips foto hitam putih untuk para pembaca semua. Foto hitam putih atau bisa disebut black and white sendiri disebut juga dengan fotografi monochrome karena hanya melibatkan satu buah warna. Fotografi jenis ini sangat populer untuk foto jurnalis/portrait/wedding yang menghadirkan kesan klasik, historik dan murni/jujur apa adanya. Seorang fotografer yang berniat mengabadikan foto hitam putih harus mengetahui dengan persis alasannya dan mengapa dia tidak perlu mengabadikan semua warna. Sejalan dengan itu ketika anda sudah mengetahui tips memotret hitam putih, maka anda akan memiliki banyak keseruan sendiri ketika melihat hasil fotonya. Kita memiliki tantangan tersendiri ketika memotret foto hitam putih, karena kita tahu bahwa foto hitam putih memang susah susah gampang jika di lakukan. Namun tips foto hitam putih ini akan membantu Anda dapat memotret foto hitam putih dengan baik dan mumpuni.

Tips Foto Hitam Putih

Tips Memotret Hitam Putih

Tips Memotret Hitam Putih

Berikut tips foto hitam dan putih yang akan membuat hasil foto anda memiliki nilai seni yang tinggi:

  1. Potretlah dalam mode warna

Dalam tips memotret hitam putih ini anda harus memperhatikan tips pertama ini. Hal ini dikarenakan kamera digital menghasilkan rentang tone yang lebih lebar dalam mode warna karena dalam mode ini sensor mengambil data dari 3 channel – Red, Green dan Blue atau RGB. Untuk itulah, foto hitam yang dihasilkan dari pengolahan foto warna menggunakan photo editor di komputer akan cenderung lebih baik kualitasnya.

  1. Gunakan RAW

Jika Anda memiliki jenis kamera yang bisa dengan format RAW maka maksimalkan dan sediakan memori yang besar untuk menyimpannya. Dengan menggunakan format RAW dalam tips foto hitam putih ini Anda akan lebih mudah mengotak atik file mentah sesuai yang diharapkan, selain itu Anda bisa lebih kreatif karena opsi pengolahan foto lebih banyak, dan diharapkan jika Anda memakai format RAW maka informasi yang tersimpan lebih banyak. pastikan Anda memilih setelan Monochrome Picture Control sehingga tampilan di LCD kamera terlihat hitam-putih. Namun pastikan saat file foto RAW dilihat di komputer maka Anda tetap memperoleh informasi warna. Inilah yang membedakannya dengan file JPG.

  1. Tone

Foto hitam-putih memiliki serangkaian skala abu-abu yang menghasilkan spektrum hitam dan putih. Jika skala abu-abu ini “dimainkan” maka bisa menjadi warna tersendiri dan memiliki kedalaman yang berbeda dari warna dasar abu-abu. Jadi, ketika kita berbicara tentang skala abu-abu maka akan terkait dengan cara kita untuk mengukur tonalnya, sehingga menghasilkan kepekatan yang berbeda. Secara normal, Anda akan melihat subyek foto yang bisa diterjemahkan ke dalam serangkaian tone dari hitam ke putih. Bagaimana sampai sini paham bukan dengan tips memotret hitam putih yang DIYKamera sampaikan?

  1. Kontras

Dalam tips foto hitam putih ini, dengan bantuan cahaya Anda bisa mendapatkan kontras yang besar. Kontras akan membawa perbedaan tonal dalam fotografi BW karena Anda tidak dapat menggunakan warna. Dengan pencahayaan dari samping misalnya, Anda akan mendapatkan bayangan yang lebih jauh. Kontras menjadi penting karena dengan nuansa gelap dan cahaya terang, Anda akan dapat melihat hal-hal yang tidak terlihat sebelumnya. Anda dapat menghasilkan foto BW yang keren dengan permainan pencahayaan, menggunakan high-key (terang) atau low-key (gelap) pada subyek tersebut.

  1. Setting ISO serendah mungkin

Noise (bintik-bintik kecil putih yang muncul di foto anda) akan tampak lebih menonjol dalam foto hitam putih dibanding dalam foto warna. Dalam tips memotret foto hitam putih ini disarankan untuk menggunakan ISO serendah mungkin supaya pada saat foto di proses nantinya, noise bisa diminimalkan.

  1. Pilihlah antara low key atau high key

Pastikan yang sesuai dengan keinginan Anda. Bagi anda yang belum mengerti, low key adalah foto dengan pencahayaan minim, sedangkan high key berfungsi untuk menghilangkan segala jenis bayangan dan menerangi subjek dengan diffused light atau menggunakan exposure compensation bila diperlukan.

  1. Pastikan komposisi yang sesuai dengan foto yang Anda pilih.

Tips Fotografi Hitam Putih

Bagaimana tips foto hitam putih diatas sangat lengkap bukan? Apakah Anda tertarik dengan mendalami foto black and white ini? Semoga tips memotret hitam putih di atas berguna ya!

Artikel Terkait
Kontak Kami
@upf9949s
08562929106
Alamat
Jln. Utama Dukuh No. 477A, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta
Lihat lokasi di Google Maps