Cara Memotret Sunrise dan Sunset yang Indah

Cara Memotret Sunrise Dan Sunset – Bagi anda yang ingin mencari tahu cara memotret sunrise dan sunset tentunya sudah paham bahwa berjalan-jalan ke pantai itu adalah salah satu aktivitas yang menyenangkan. Banyak orang yang sengaja mengunjungi pantai pada pagi dan sore hari untuk menyaksikan pemandangan indah matahari terbit dan tenggelam. Tentunya Anda tidak ingin melewatkan momen ini dengan mangabadikannya menggunakan kamera baik kamera handphone, pocket, DSLR dan lain-lain. Untuk mendapatkan foto sunset dan sunrise yang indah, ada baiknya Anda menggunakan kamera sekelas DSLR atau mirrorless. Pada artikel ini akan dibahas mengenai cara memotret sunset maupun sunrise dengan menggunakan kamera DSLR. Banyak persiapan yang mesti Anda lakukan, diantaranya adalah mempersiapkan kamera dan lensa, tripod, filter, dan juga baterai cadangan. Lalu bagaimana cara memotret sunrise dan sunset? Yuk kita lihat tips dan caranya di bawah.

Cara Memotret Sunrise

Cara Memotret Sunset dan Sunrise

Pertama-tama dalam cara memotret sunrise dan sunset ini, ada baiknya Anda melakukan observasi mengenai waktu dan lokasi yang pas. Memotret pemandangan sunset dan sunrise tidak harus dipantai atau dipuncak gunung, Anda bisa memilih lokasi lain seperti pinggiran atau tengah kota agar menghasilkan foto yang unik. Setelah menentukan lokasi yang dipilih selanjutnya Anda harus melakukan observasi waktu yang tepat untuk memotret sunset maupun sunrise. Tentukan juga spot terbaik untuk menangkap momen tersebut. Cara memotret sunset dan sunrise dengan melakukan observasi banyak dilakukan oleh para fotografer profesional. Mereka sering melakukan travelling untuk menemukan lokasi yang bagus yang belum banyak diketahui oleh banyak orang. Anda pun bisa menggunakan cara tersebut dengan mencoba memotret landskap matahari dengan menggunakan sudut pandang yang ekstrim. Jangan takut untuk bereksperimen dengan hal-hal yang baru diluar cara memotret sunrise dan sunset yang DIYKamera bagikan, agar Anda bisa meningkatkan teknik fotografi sehingga bisa sangat berguna bagi Anda selanjutnya.

Cara Memotret Sunset

Diantara cara memotret sunrise dan sunset yang harus Anda pelajari adalah mengenai cara pengaturan kamera. Saat akan memotret pemandangan sunrise dan sunset alangkah baiknya jika Anda menggunakan fokus manual. Karena jika Anda menggunakan Auto fokus dikhawatirkan fokus kamera tidak pada objek yang Anda inginkan. Untuk pengaturan menu lain bisa Anda sesuaikan dengan kondisi lokasi. Untuk mendapatkan foto landscape sunrise dan sunset yang indah, dalam cara memotret sunset dan sunrise ini, anda bisa melakukan pengaturan kamera dengan menggunakan shutter speed yang lambat misalnya 1/30, gunakan bukaan kecil agar ketajaman foto merata, dan setting iso pada nilai rendah seperti 100. Karena menggunakan speed yang tidak terlalu cepat, Anda bisa menggunakan tripod agar hasil foto tidak goyang. Siapkan peralatan yang Anda perlukan dengan baik dalam cara memotret sunrise dan sunset ini dan pastikan semua bisa bekerja secara maksimal.

Cara Memotret Sunrise Dan Sunset

Anda bisa menggunakan lensa wide dalam cara memotret sunrise dan sunset ini. Gunakan feeling Anda dalam mengambil foto agar menghasilkan foto yang indah. Banyak cara memotret sunset dan sunrise yang bisa Anda lakukan. Carilah spot yang menarik dan gunakan sudut pengambilan gambar yang unik. Anda juga bisa memanfaatkan objek sekitar untuk menambah keindahan foto yang Anda hasilkan. Anda juga bisa menggunakan teknik foreground sehingga seolah-olah Anda memotret dengan cara mengintai matahari yang akan terbit atau tenggelam. Jangan takut melakukan eksperimen untuk menambah perbendaharaan foto Anda. Menghasilkan foto yang unik dan indah menjadi kebanggan tersendiri bagi fotografer apalagi jika foto tersebut diambil dengan penuh usaha dan kerja keras, misalnya memotret foto matahari terbit atau tenggelam di puncak gunung. Tentunya dengan mengamalkan cara memotret sunrise dan sunset yang DIYKamera sampaikan ini, foto matahari anda menjadi menajubkan dan terbaik.

Dengan mempelajari cara memotret sunrise dan sunset dapat membantu Anda menghasilkan foto yang bagus. Anda bisa mencoba keberuntungan Anda dengan cara mengirim foto tersebut untuk dilombakan. Hadiah yang bisa Anda dapatkan tidak main-main jumlahnya. Anda bisa mendapatkan hadiah dengan total jutaan hingga ratusan juta. Pilih foto yang bagus dengan komposisi dan kriteria yang memenuhi persyaratan lomba. Jangan lupa menambahkan watermark pada foto Anda agar tidak diklaim oleh orang lain. Anda juga menjual foto Anda secara online untuk digunakan berbagai keperluan, biasanya untuk advertising. Rajin-rajinlah hunting foto dengan menerapkan cara memotret sunset dan sunrise yang DIYKamera sampaikan agar skill dan koleksi foto Anda semakin bertambah dan jika sewaktu-waktu ada lomba foto Anda tinggal memilih dari stock foto yang Anda punya. Foto dengan konsep menarik serta komposisi yang  bagus bisa mempunyai peluang besar untuk memenangkan kontes atau lomba foto dengan hadiah yang sangat besar.

Artikel Terkait
Kontak Kami
@upf9949s
082134184001
Alamat
Jln. Ringroad Selatan, Glugo, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta
Lihat lokasi di Google Maps