Tips Foto Star Trail yang Indah

Tips Foto Star TrailFoto star trail merupakan salah satu hasil fotografi yang begitu menawan. Tak heran jika banyak pecinta fotografi yang ingin mengetahui tips foto star trail. Banyaknya bintang di langit ketika malam cerah, merupakan pemandangan yang harus diabadikan dengan sempurna. Para fotografer pro pun berlomba-lomba untuk membuat foto star trail yang memukau. Nah, bagi kamu yang ingin memotret jejak bintang di malam yang cerah, berikut DIY Kamera berikan tips foto star trail untuk dapat menghasilkan foto yang keren.

Tips Foto Star Trail

Sebagai awalan dari tips foto star trail, kamu harus melakukan beberapa persiapan untuk memotret jejak bintang tersebut. Beberapa alat yang harus kamu persiapkan antara lain kamera beserta lensa, tripod (wajib), baterai cadangan, kabel rilis shutter (shutter remote), kompas, perlengkapan outdoor malam hari misal tenda, jaket, dan sebagainya. Mengapa harus menggunakan tenda sebagai salah satu tips foto star trail? Memotret jejak bintang akan lebih tepat dilakukan pada waktu tengah malam atau di waktu-waktu tertentu untuk mendapatkan gambar bintang yang sempurna.  Selain itu, harus dilakukan bidikan berulang-ulang, bahkan hingga ratusan kali bidikan sehingga tak cukup hanya sekali bidikan langsung selesai. Jadi alangkah lebih baik jika kamu bermalam di suatu tempat menggunakan tenda untuk mendapatkan hasil foto yang bagus. Baiklah, untuk mengetahuinya lebih lengkap mari kita simak ulasan mengenai tips foto star trail berikut ini.

Cara Membuat Foto Star Trail

Tips Foto Star Trail

Setelah peralatan semuanya sudah siap, maka tips foto star trail selanjutnya yang cukup penting adalah tentukan lokasi untuk memotret star trail tersebut. Carilah lokasi yang bebas asap dan polusi untuk mendapatkan foto star trail yang cemerlang. Pemilihan lokasi tersebut sangatlah menentukan hasil foto kamu, karena jika kamu memotret jejak bintang di tempat yang banyak asap dan polusi seperti di perkotaan, maka langit tidak akan terlihat cerah dan banyak bangunan yang akan menutupi foto kamu. Oleh karenanya, sebagai salah satu tips foto star trail kamu harus mencari tempat di perbukitan, pegunungan, pedesaan, atau tempat terpencil lainnya yang jauh dari hunian dimana kamu dapat melihat bintang-bintang dengan sempurna dan langit yang cemerlang.

Ketika kamu sudah tiba di lokasi, tips foto star trail selanjutnya adalah pasang tenda kamu. Setelah itu gunakanlah kompas untuk mengetahui arah mata angin. Selanjutnya pasanglah kamera di atas tripod bersama dengan lensa dan kabel release shutter. Setelah semua terpasang, settinglah kamera di focal terlebar, ISO 1000, Aperture f/3,5 atau yang lebih besar apabila lensa mendukung (f/2.8), shutter speed 30 detik, dan set fokus di infinity. Setting ini hanyalah rekomendasi semata sebagai tips foto star trail, kamu juga dapat mengatur sendiri settingan kamera sesuai yang kamu inginkan  karena setting tersebut harus menyesuaikan lokasi pencahayaan sekitar.

Tips foto star trail selanjutnya untuk mendapatkan setengah lingkaran star trail, kamu dapat mengarahkan kameramu ke arah utara atau selatan dengan menggunakan kompas. Setelah posisinya kamu rasa pas, pencet dan hold kabel release shutter. Penggunaan kabel release shutter agar tidak ada gerakan saat shutter tertekan.  Bidiklah berulang-ulang, sebanyak mungkin agar exposure (frame) terkumpul. Tak masalah jika harus membidik hingga 300 kali lebih. Tips foto star trail yang satu ini memang terbilang cukup melelahkan, namun hal tersebut dilakukan untuk dapat menghasilkan gambar yang paling sempurna.

Setelah kamu selesai membidik, tips foto star trail selanjutnya adalah post-pocessing atau editing. Apabila diperlukan, editlah semua gambar agar hasil fotonya lebih baik, baik itu cropping, eksposur, noise reduction dan lain-lain. Agar lebih cepat dan efisien, kamu dapat menggunakan Lightroom karena hanya dengan mengedit satu foto saja dapat disinkronkan ke foto yang lain.  Setelah kamu selesai edit, kamu dapat mengumpulkan seluruh foto kamu dan lakukanlah stacking ratusan foto yang kamu ambil untuk menjadi foto star trail utuh. Sebagai tips foto star trail terakhir kamu dapat menggunakan Photoshop dan atau software khusus yang dapat mengolah foto jejak bintang secara otomatis, antara lain seperti ImageStacker, DeepSkyStacker, Star Trail Stacker, atau StarStaX.

Cara Membuat Foto Star Trail Dengan Photoshop

Nah, demikian beberapa tips foto star trail yang tentunya dapat kamu gunakan untuk dapat menghasilkan gambar foto star trail terbaik. Perlu diingat, dari beberapa tips yang DIYKamera sampaikan di atas, pemilihan tempat atau lokasi pengambilan foto menjadi hal yang paling penting untuk dapat menghasilkan gambar yang sempurna. Semoga tips foto star trail yang DIYKamera sampaikan di atas bermanfaat. Selamat berkarya!!