Cara Mencari dan Memotret Simetri dengan Benar

Cara Mencari dan Memotret Simetri – Tentu, salah satu pokok penting dalam pembelajaran fotografi yakni mengetahui bagaimana cara mencari dan memotret simetri. Hal ini bukan sekedar tips belaka melainkan berkaitan dengan bagaimana melatih kejelian mata kita saat akan mengambil sudut foto dalam beberapa bentuk. Namun, sebelum kita lebih jauh membahas mengenai cara mencari dan memotret simetri, perlu diketahui bahwa simetri dalam kaitannya dengan fotografi di sini bisa berwujud simetri rotasional yang mana merupakan suatu bentuk dengan persamaan yang tetap saat diputar dan bilateral yang merupakan bentuk cerminan dari separuh lainnya. Tentu, Kita bisa melihat simetri sebagai pola, simetri bilateral misalnya adalah pola yang berulang dua kali. Nah, karena penting dan jarang orang yang tahu maka tak cara mencari dan memotret simetri yang akan kita bahas kali ini bisa menjadi acuan kawan-kawan dalam proses mengenal dunia fotografi.

Cara Mencari Dan Memotret Simetri

Di sisi lain, dalam proses cara mencari dan memotret simetri ini memang bisa dibilang gampang-gampang susah. Pasalnya, mata kita umumnya akan tertarik pada visualisasi yang teratur di mana terkadang hal itu tak bisa didapatkan begitu saja. Maka dari itu, untuk mendapatkan titik fokus visual yang simetri, tentunya cara mencari dan memotret simetri patut untuk diketahui. Selain itu, dengan kita memahami cara tersebut maka secara tak langsung kita akan bisa mendapatkan sudut pandang dari titik obyek yang lebih simetri sehingga hasil foto pun menjadi lebih tervisualisasi dengan baik. Untuk lebih jelasnya, kali ini DIYKamera akan membagikan tips mengenai cara mencari dan memotret simetri yang akan terangkum dalam ulasan di bawah ini. Yuk, kita simak bersama!

Cara Memotret Simetri

Cara Mencari dan Memotret Simetri

Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menerapakan cara mencari dan memotret simetri agar mendapatkan hasil visual foto yang berkualitas. Antara lain sebagai berikut :

  1. Cari Posisi Pojok Bangunan yang Ideal

Langkah pertama dalam menerapkan cara mencari dan memotret simetri yang bisa dilakukan yakni dengan berdiri di pojok bangunan lalu mengambil gambar kedua sisinya untuk mendapatkan hasil bidikan foto yang lebih simetris dan manis. Namun, perlu diketahui juga bahwa tak semua bangunan memiliki bentuk yang simetris mengingat ada beberapa faktor, seperti unsur jendela atau ornamen yang berbeda atau malah cahayanya yang berbeda. Maka dari itu, dalam cara mencari dan memotret simetri kali ini sangat disarankan untuk memilih bangunan yang ukurannya dirasa ideal untuk mendapatkan foto yang lebih simetri.

  1. Bidik Simetri Alami

Selain itu, mencari sudut simetri alami dari benda-benda di sekitar kita pun bisa dijadikan sebagai subyek foto dalam proses cara mencari dan memotret simetri. Dalam hal ini, sebagai contoh saja, kawan-kawan bisa mencoba untuk memotret bunga dengan bentuk 3 sisi yang berukuran simetris. Tentu, cara mencari dan juga memotret simetri subyek foto alami yang satu ini bisa coba untuk diterapkan.

  1. Simetri Struktural

Perlu diketahui bahwasanya ketika kita ingin tahu cara mencari dan memotret simetri pun bisa dengan menggunakan subyek simetri struktural. Di mana, dalam hal ini lebih difokuskan memanfaatkan struktur yang nantinya kita sesuaikan dengan angle atau sudut pandang dari mana kita memotret. Dengan demikian, bentuk simetri struktural ini merupakan salah satu bagian pembelajaran dalam menerapkan cara mencari dan memotret simetri yang bisa kita lakukan guna mendapatkan foto yang lebih centered pada ruang struktural.

Teknik Fotografi Simetri

Nah, itulah tadi beberapa cara mencari dan memotret simetri yang bisa kawan-kawan terapkan sendiri di rumah. Selain dari beberapa langkah di atas, salah satu hal pokok yang penting yakni pengambilan sudut pandang atau angle saat akan memotret di mana hal ini bakal sangat berpengaruh pada hasil foto yang kita bidik. Kiranya sampai di sini dulu ulasan mengenai cara mencari dan memotret simetri dengan benar. Sekian dan semoga bisa menjadi referensi untuk kawan-kawan DIYKamera semua.