5 Cara Menghemat Konsumsi Baterai Kamera Digital

Cara Menghemat Konsumsi Baterai Kamera DigitalBaterai menjadi salah satu komponen yang penting bagi kamera, untuk itulah cara menghemat konsumsi baterai kamera digital cukup penting untuk diketahui kawan-kawan pecinta fotografi. Apalagi untuk kawan-kawan yang sangat aktif dalam menggunakan kameranya. Tentu konsumsi daya dari kamera pun akan cenderung boros yang menyebabkan daya baterainya akan cepat habis. Tentu saja, hal ini akan menjadi masalah dan perlu bagi kawan-kawan untuk mengetahui cara menghemat konsumsi baterai kamera digital untuk mencegah masalah ini terjadi. Cadangan baterai memang dapat digunakan untuk mengantisipasi jika baterai habis. Namun, bagi kawan-kawan yang tidak memiliki cadangan baterai hal ini cukup sulit untuk dilakukan. Yang dapat dilakukan tentu adalah mencegah baterai cepat habis. Untuk itulah, kali ini DIYKamera akan menjelaskan cara menghemat konsumsi baterai kamera digital yang tentu akan cukup berguna bagi kawan-kawan.

Cara Menghemat Konsumsi Baterai Kamera Digital

Setidaknya ada 5 cara menghemat konsumsi baterai kamera digital yang akan DIYKamera jelaskan pada kesempatan kali ini. Di mana ke 5 cara tersebut sebenarnya terbilang cukup sederhana dan mudah. Terkadang, para pengguna kamera digital memang cenderung tidak memperhatikan beberapa hal kecil yang ternyata justru membuat konsumsi baterainya menjadi boros. Di sisi lain, meskipun beberapa cara menghemat konsumsi baterai kamera digital yang DIYKamera jelaskan ini adalah dengan mengurangi fungsi atau mematikan fungsi beberapa fitur, namun hal tersebut tentu tidak akan mengurangi kualitas gambar atau jepretan. Nah, tentunya kawan-kawan sudah semakin penasaran bukan? Langsung saja kita simak ulasan cara menghemat konsumsi baterai kamera digital di bawah ini!!

Cara Menghemat Baterai Kamera Digital

Cara Menghemat Konsumsi Baterai Kamera Digital

Langsung saja, seperti yang telah DIYKamera jabarkan di atas berikut cara menghemat konsumsi baterai kamera digital:

  1. Hindari untuk menggunakan Auto Fokus

Jika kamu menggunakan kamera DSLR, cara menghemat konsumsi baterai kamera digital yang dapat kamu lakukan salah satunya adalah tidak menggunakan auto fokus. Sebab, setiap autofokus aktif maka ketika kamu memencet tombol shutter release separuh kamera akan memerintahkan lensa untuk fokus dan secara mekanis lensa akan berputar mengunci titik fokus. Pada kebanyakan kamera DSLR, kamu bisa memilih pilihan fokus pada kamera melalui tuas yang tersedia pada lensa (AF/MF)

  1. Hindari Penggunaan Flash Internal

Cara menghemat konsumsi baterai kamera digital yang selanjutnya adalah dengan tidak menggunakan flash internal. Penggunaan flash memang menjadi salah satu pilihan untuk menghasilkan gambar tampak jelas di tempat yang gelap. Namun rupanya, penggunaan flash ini bisa membuat konsumsi baterai lebih boros sehingga tidak efektif digunakan. Sebagai alternatif apabila memotret di tempat yang gelap, sebaiknya kamu atur ISO pada kamera. Dengan mengatur ISO kamera, hasil gambar juga akan lebih bagus karena tingkat cahaya yang pas.

  1. Matikan Auto Review

Hal lain yang tidak kalah penting dari cara menghemat konsumsi baterai kamera digital adalah mmatikan autoriview. Pada umumnya, kamera akan memperlihatkan hasil gambar secara otomatis di layar LCD dalam sekejap. Hal ini justru akan membuat konsumsi baterai menjadi boros, sehingga matikan fitur ini dan gunakan cara manual untuk mengetahui hasil jepretan kamu.

  1. Minimalisir penggunaan live view

Walaupun kamu merasa terbantu mendapatkan gambar yang sesuai dengan cara live view, namun dalam cara menghemat konsumsi baterai kamera digital sebaiknya kamu hindari untuk penggunaan fitur ini. Karena, setiap kamu menyalakan LCD yang berukuran sekitar 3 inci tersebut justru membutuhkan banyak energi. Sehingga, gunakan live view seperlunya saja atau bahkan tidak menggunakannya sama sekali jika menginginkan daya energi baterai kamera bisa bertahan lebih lama.

  1. Matikan Image Stabilizer/Vibration Reduction

Salah satu cara menghemat konsumsi baterai kamera digital yang efektif adalah dengan mematikan IS/VR. Sebab, dengan mematikan fitur ini maka baterai kamera bisa lebih hemat 20%. Image stabilizer membutuhkan banyak energi untuk menggerakan elemen-elemen di dalam lensa untuk mengurangi shake sehingga foto lebih tajam.

Ciri Ciri Baterai Kamera Rusak

Nah, demikian beberapa cara menghemat konsumsi baterai kamera digital yang telah DIYKamera ulas untuk kawan-kawan. Cara-cara di atas memang terlihat sederhana namun mampu secara signifikan mengurangi konsumsi baterai yang membuat boros. Namun, walaupun kamu sudah berusaha untuk menghemat baterai kamera dengan beberapa cara menghemat konsumsi baterai kamera digital, apabila berada di acara penting atau sedang travelling, liburan dan lain sebagainya ada baiknya untuk tetap menggunakan baterai cadangan. Sebab, baterai kamera tetap saja akan habis jika digunakan dalam waktu lama bahkan seharian. Demikian ulasan mengenai cara menghemat konsumsi baterai kamera digital, semoga bermanfaat dan sampai jumpa.