Keuntungan Memotret dalam Format RAW

Keuntungan Memotret dalam Format RAW – Mungkin, beberapa fotografer pemula yang bertanya-tanya, kira-kira apa saja sih keuntungan memotret dalam format RAW itu? Lalu, apa bedanya dengan JPEG ya? Jangan khawatir, kali ini kita akan bersama-sama mengulas beberapa kelebihan ataupun keuntungan memotret dalam format RAW. Namun, sebelum kita jauh mengulas apa saja kelebihan dari format RAW ini, perlu untuk dipahami dulu perbedaan format JPEG dan RAW. Di mana, format RAW sendiri merupakan data mentah yang langsung ditangkap sensor. Sedangkan untuk format JPEG adalah data matang yang sudah diolah oleh software kamera. Lalu, apa sih keuntungan memotret dalam format RW? Kan masih data mentah? Nah, di sini DIYKamera akan menjelaskan mengenai keuntungan memotret dalam format RAW ini secara lebih rinci.

Keuntungan Memotret Dalam Format RAW

Kaitannya dengan keuntungan memotret dalam format RAW ini memang bagi fotografer pemula cukup membingungkan mengingat data yang dihasilkan merupakan data mentah yang telah ditangkap oleh sensor. Memang, bagi sebagian besar penggemar fotografi yang masih pemula, hasil olahan kamera dari format JPEG seringkali dianggap sudah cukup bagus. Namun bagi sebagian kalangan profesional mereka tidak rela kamera mengotak-atik foto yang mereka jepret. Pasalnya, keuntungan memotret dalam format RAW secara umum membuat mereka bisa mengubah-ubah parameter pemotretan sesuka kita. Di mana, kita bisa mengubah nilai eksposur, white balance, saturasi sampai kontras untuk kemudian menyimpannya dalam format yang lain seperti JPG atau TIFF. Selain itu, ada beberapa keuntungan memotret dalam format RAW yang akan dijelaskan di bawah ini!

Keuntungan Menggunakan Format Raw

Keuntungan Memotret dalam Format RAW

Di bawah ini, beberapa keuntungan memotret dalam format RAW yang akan sobat dapatkan. Antara lain yaitu:

  1. Keuntungan memotret dalam format RAW yang pertama, tentunya sobat lebih bebas mengotak-atik file mentah menjadi foto yang sudah diolah sesuai dengan selera kawan sendiri.
  2. Selain, kelebihan dari pemotretan menggunakan format RAW ini juga adanya pilihan atau opsi pengolahan foto yang lebih banyak. So, bakal cocok buat mereka para fotografer yang ingin menuangkan kreativitasnya pada hasil bidikan fotonya.
  3. Di samping itu, keuntungan memotret dalam format RAW pun akan membuat informasi yang tersimpan lebih banyak. Pasalnya, jika sobat memilih format JPEG kaka secara otomatis kamera akan menghilangkan sebagian kecil data untuk memperkecil ukuran file dan mempercepat proses pengolahan foto.
  4. Tak hanya itu saja, bahkan sadar atau tak disadari, keuntungan memotret dalam format RAW pun akan memberikan hasil bidikan yang berkualitas lebih baik secara keseluruhan. Pasalnya, adanya proses kompresi jika memakai format JPEG, sedangkan format RAW masih dalam bentuk file murni.
  5. Nah, salah satu keuntungan memotret dalam format RAW pun kualitas fotonya akan tetap tinggi meskipun nantinya diedit. Tentu saja hal ini akan sangat menjaga keaslian foto yang kawan bidik sendiri.
  6. Di lain sisi, pada saat kawan akan memotret dengan format RAW maka noise tersebut akan lebih mudah ditekan dengan software editing, dan kualitasnya akan tetap terjaga. Dengan begitu tentu saja kawan-kawan bisa memotret dengan tingkat fleksibilitas terhadap ISO yang dipilih, tanpa harus takut dengan noise yang akan dihasilkan. Pastinya, hal ini merupakan keuntungan memotret foto dalam format RAW yang cukup menjadi pertimbangan.

Cara Mengolah File Raw

Dari sekian banyak beberapa keuntungan memotret dalam format RAW yang telah dijelaskan di atas, tentu kelebihan utama dari bidikan menggunakan format RAW ini terletak pada kemudahan proses editing sesuai selera tanpa mengurangi kualitas foto. Pasalnya, meski foto format RAW diedit namun tak akan dikompres sebagaimana format JPEG. Tentu, dengan begitu maka merupakan suatu keunggulan atau keuntungan memotret dalam format RAW yang sudah barang tentu menjadi pilihan, khususnya bagi para fotografer profesional.