Cara Membaca dan Menggunakan Indikator Exposure Kamera

Cara Membaca Indikator Exposure KameraBagi kawan-kawan fotografer profesional tentu sudah mengetahui cara membaca indikator exposure kamera. Indikator exposure merupakan komponen pada kamera yang sangat penting. Dengan pengaturan fitur tersebut maka hasil gambar bisa terlihat perbedaannya. Maka dari itu, sangat penting bagi kamu khususnya pecinta fotografi pemula yang ingin menggunakan kamera memahami cara membaca indikator exposure kamera baik dengan cara manual, aperture priority ataupun shutter priority. Secara sederhana, indikator exposure dapat diartikan sebagai fitur yang mengatur pencahayaan, ditandai dengan melihat pada layar LCD yang menyerupai speedometer yang memiliki garis meteran. Dengan mengetahui cara membaca indikator exposure kamera, kawan-kawan dapat mengetahui keseimbangan cahaya yang ada pada gambar.

Cara Membaca Indikator Exposure Kamera

Cara Membaca Indikator Exposure Kamera

Cara membaca indikator exposure kamera untuk mengetahui cahaya tersebut sesuai atau tidak sebenarnya terbilang cukup mudah. Di mana, kamu hanya perlu melihat tanda minus dan plus pada tanda meteran tersebut. Jika tanda meter minus maka gambar tersebut menandakan underexposure sedangkan untuk tanda plus menandakan overexposure. Jika tanda 0 meter ke kiri maka menandakan bahwa gambar yang dihasilkan akan underexposure begitu pula sebaliknya, sehingga jika semakin jauh tanda meter dari 0 baik ke kiri maupun kanan berarti juga menandakan semakin besar masalah potensial gambarnya. Jadi, jika kawan telah dapat memahami cara membaca indikator exposure kamera ini, maka kawan akan mengetahui jika indikator exposure kamera tersebut bekerja untuk mengevaluasi pencahayaan yang dipantulkan subjek dan menstandarisasikan ke middle gray atau dikenal dengan 18% gray. Yang mana, kapanpun kamu mengarahkan subjek ke tempat yang lebih gelap maka meteran tersebut akan bekerja dengan cara berlawanan dengan mencerahkan exposure, begitu pula ketika subjek ditempatkan yang sangat terang maka indikator exposure tersebut akan secara otomatis menggelapkan pencahayaan. Selain cara membaca indikator exposure kamera, cara untuk menggunakannya juga cukup penting diketahui. Untuk itu, mari kita simak ulasannya di bawah ini.

Cara Menggunakan Indikator Exposure Kamera

Cara Menggunakan Indikator Exposure Kamera

Cara menggunakan indikator exposure kamera dapat menggunakan salah satu mode untuk menggunakan exposure kamera tersebut seperti Aperture Priority, shutter priority, program mode, atau mode ‘scene’ lainnya yang menampilkan penyesuian exposure secara otomatis. Jika tidak mengaktifkan Auto ISO, kompensasi exposure tidak akan mengarahkan ke mode Manual. Setelah kamu memilih mode yang akan digunakan, kamu bisa menyesuaikan kecerahan gambar menggunakan indikator exposure pada kamera. Selain cara menggunakan indikator exposure kamera tersebut, kamu juga bisa menggunakan cara lain. Mengingat indikator exposure pada setiap kamera memiliki perbedaan sehingga kamu harus menyesuaikannya secara manual. Namun pada umumnya kamera memiliki tombol khusus pada bagian atas atau belakang kamera untuk dapat menggunakan fitur ini. Adapun cara menggunakan indikator exposure kamera lain yang bisa kamu lakukan, sebagai berikut:

  1. Aktifkan mode M (Manual Exposure)
  2. Kemudian setting ISO pada posisi 200 atau sesuai dengan kebutuhan kamu namun disarankan untuk tidak mengaturnya terlalu tinggi.
  3. Tekan tombol shutter released separuh yang bertujuan agar kamera melakukan matering sesuai dengan yang kamu inginkan
  4. Cara menggunakan indikator exposure kamera selanjutnya adalah arahkan kamera ke subjek yang pencahayaannya kurang (gelap) kemudian posisikan petunjuk exposure di indikator kamera
  5. Kemudian arahkan kamera ke subjek yang lebih terang dan lihat kembali posisi petunjuk indikator exposure pada kamera.

Namun, apabila kamu menggunakan kamera mirrorless, sesuaikan indikator exposure untuk mengatur pencerahan lebih cerah atau gelap pada gambar LCD dan viewfinder elektronik (EVF), sehingga kamu bisa dengan mudah melihat hasil akhirnya.

Fungsi Indikator Exposure Kamera

Pada dasarnya, cara membaca indikator exposure kamera dan cara menggunakannya memang terbilang sangatlah mudah. Jika gambar tampak gelap maka cukup memutar pada tanda positif (+EV) sedangkan jika gambar tampak terang maka kamu kamu cukup memutar tanda negatif (-EV). Dengan pengatur pencahayaan, akan menghasilkan gambar lebih jernih. Namun, pengaturan cahaya juga perlu menyesuaikan dengan kebutuhan kamu. Dengan mengetahui cara membaca indikator exposure kamera dan cara menggunakannya tersebut, kini kawan-kawan dapat menghasilkan gambar dengan kualitas gambar yang lebih baik. Tentu saja dalam hal ini adalah kualitas pencahayaan yang lebih baik. Nah, DIYKamera rasa cukup sekian pembahasan kali ini mengenai cara membaca indikator exposure kamera dan cara menggunakannya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.