Tips Street Photography

Tips Street Photography – Tahukah kawan bahwa dalam dunia fotografi, para fotografer harus menguasai tips street photography. Namun, sebelumnya perlu untuk kawan pahami bahwa street photography ini merupakan salah satu aliran fotografi jalanan. Dimana, esensi dari fotografi jalanan (street photography) ini tentang bagaimana kawan-kawan membidik sebuah spot foto tentang kehidupan sehari-hari dari masyarakat di jalanan untuk didokumentasikan dalam sebuah bingkai foto. Dengan kata lain, teknik ini lebih mengedepankan bagaimana kita membidik foto terhadap subyek foto bergerak pada kehidupan di jalanan. Lantas, kira-kira apa saja sih tips street photography itu?

Tips Street Photography

Secara tak langsung, dalam penerapan tips street photography ini memang dilakukan secara candid atau tanpa seizin maupun sepengetahuan subyek yang sobat bidik. Sehingga, dalam memotret kehidupan sosial di jalanan, teman-teman akan mendapatkan foto dengan kesan yang lebih natural dan tak dibuat-buat. Cukup menarik bukan? Nah, untuk mengenal lebih jauh bagaimana cara atau menerapkan beberapa tips street photography ini, berikut DIYKamera akan jelaskan beberapa cara yang bisa kawan tempuh dan coba.

Urban Street Photography Tips

Tips Street Photography

Berikut di bawah ini beberapa langkah penerapan tips street photography yang bisa sobat coba. Antara lain sebagai berikut :

  1. Gunakan Lensa Wide Angle

Bukan tanpa alasan, salah satu tips street photography yang patut untuk kawan coba yaitu menggunakan lensa terbaik. Dimana, lensa yang direkomendasikan yaitu lensa Wide Angle. Memang, untuk foto seperti foto jalanan akan cocok menggunakan zoom tele. Hanya saja, ketika kita mengambil foto di jalanan, akan terlihat aneh dan akan dilihat banyak orang.

  1. Terapkan Pengaturan yang Tepat

Penerapan pengaturan yang tepat juga merupakan salah satu tips street photography. Nah, kaitannya dengan foto jalanan, akan lebih baik jika pengaturan kamera dialihkan ke Aperture Priority (A/Av) atau bisa juga dengan (Shutter Priority (S/TV). Langkah ini untuk memaksimalkan pengambilan foto pada subyek yang mungkin selalu bergerak secara dinamis. Maka, untuk mencegah kehilangan momen yang pas, tentu pengaturan di atas bisa menjadi alternatif yang sangat direkomendasikan.

  1. Dekati Subyek Foto

Dalam menerapkan tips street photography, tampaknya sobat juga perlu untuk mendekati subyek yang akan dibidik. Keuntungan yang didapoat tentu bakal memberi kesan yang lebih nyata atau real. Cara ini memang perlu dilakukan jika sobat terfokus pada 1 subyek foto saja.

  1. Optimis pada Setiap Subyek Foto

Menginjak tips street photography terakhir, salah satu hal yang perlu dilakukan yaitu menghindari skeptis dan keraguan pada subyek foto. Dalam hal ini, lebih kepada bagaimana kawan-kawan menyikapi beberapa pikiran yang mengganggu saat akan mengambil foto jalanan. Contohnya saja seperti takut diancam oleh subyek kalau ketahuan, atau dikira orang jahat. Buang semua pikiran itu. Sebab, dalam menerapkan teknik fotografi jalanan ini, kita perlu keberanian, ketepatan, dan ketanggapan dalam membidik sebuah subyek agar mendapatkan hasil bidikan foto yang lebih maksimal dan terkesan  nyata.

Street Night Photography Tips

Bagiamana kawan? Demikian tadi ulasan mengenai bagaimana cara menerapkan tips street photography. Dari kelima langkah atau tips di atas, tentu harus kawan pahami mengingat setiap tips membutuhkan proses pengenalan maupun pembelajaran tersendiri. Tak cukup sampai di situ saja, bahkan beberapa tips di atas jika dilakukan dengan benar dan tepat maka hasil fotografi jalanan pun akan tampak lebih terkesan menarik. Nah, itulah tadi beberapa langkah terkait dengan tips street photography. Semoga bisa bermanfaat buat kawan-kawan semua dan sampai jumpa.